Selasa, 04 September 2018

Agenda Wisata Kreatif Jakarta Bulan September 2018


Agenda Wisata Kreatif Jakarta/ Jakarta Food Traveler bulan September 2018  : 

"Windows of The World"



Hi Travelers, 

Selamat datang bulan September, bulan yang identik dengan KECERIAAN. Di bulan September Ceria ini,  Wisata Kreatif Jakarta/ Jakarta Food Traveler menawarkan beragam pilihan tur dengan tema : WINDOWS OF THE WORLD, dimana kita bisa mengeksplor beragam pengaruh budaya asing  dan keragaman budaya dunia di sekitar kita.. 

Ragam Tur yang ditawarkan sepanjang bulan Agustus ini adalah Food Tour, Wisata Taman & Pemakaman (Park & Cemetery Tour)  Di bulan September ini  ada rute baru untuk Food Tour yaitu Little Korea . Juga ada Special Tur Bogor dengan kunjungan  ke pelataran Istana Presiden di Bogor dan Jelajah Kebun Raya khusus untuk  hari Senin - Kamis tanggal 10- 14 September 2018.

Jadwal Tur reguler setiap hari Sabtu dan Minggu sesi pagi dan sore. Harga Tur Rp 60.000/ orang untuk semua rute (TIDAK termasuk makan/ minum) kecuali Rp 100.000 Special Tur Bogor
RSVP 0812 9822 9129, info detail di www.wisatakreatifjakarta.com , IG / fanpage @wisatakreatifjakarta / @jakartafoodtraveler .


Berikut ini jadwal lengkapnya :

1. Food Tour China Town Glodok  (Minggu 8 Sept & Minggu 23 Sept jam 09.00- 13.00) 





Glodok adalah salah satu kawasan pecinan (China Town) tertua di Indonesia yang sudah berusia lebih dari 4 abad. Di kawasan ini pula, setiap jelang Tahun Baru Imlek dipadati orang orang Tionghoa yang berbelanja kebutuhan Imlek. Di Food Tour China Town ini, Anda akan diajak blusukan kawasan Petak Sembilan untuk melihat berbagai pengaruh budaya Cina, dari mulai mengunuungi Kedai Kopi tertua di Jakarta , supermarket bahan baku masakan Tionghoa yang sudah berusia satu abad, hingga mencicipi aneka jajanan khas di kawasan yang juga dikenal sebagai Surga Kuliner ini.


    Itinary :  Pantjoran Tea House – Deretan Toko Obat Tradisional Cina – Kedai Es Kopi Tak Kie – Pasar Traditional Petak Sembilan – Supermarket Bahan bahan baku Masakan Cina –Vihara Dharma Bakti  / Klenteng yang sudah berusia 400 tahun– Gereja St Maria de Fatima/ Gereja berasitektur Cina – Kulliner Gang Kali Mati – Warung Vegetarian Koh Handi - Kedai Mie Belitung 
  *CATATAN : Semua spot kuliner yang dimampiri untuk makan dalam Itinary adalah HALAL.*


Meeting Point : Pantjoran Tea House

Berikut video singkat sekilas tentang keseruan di Food Tour Glodok




2. Food Tour Little Tokyo - Melawai (Minggu 9 Sept & Minggu 23 Sept jam 15.30  - 19.30)




Tahukah Anda, kawasan Melawai Blok M dikenal sebagai “Little Tokyo" nya Jakarta?  Di Food Tour Little Tokyo , Anda akan diajak mengeksplor budaya dan kuliner di kawasan ini termasuk yang berbau kejepangan. Kita akan berkunjung ke Supermarket yg menjual bahan bahan masakan Jepang dan menjual aneka sushi yg di diskon 50% setelah malam hari, mengunjungi kedai kopi yg terkenal karena film Filosofi Kopi dan dimiliki oleh beberapa artis kenamaan Indonesia, mengunjungi toko bakery/ pastry yg lgsg dibuat oleh Chef Jepang, mengunjungi kedai penjual kopi bubuk di pasar Melawai yg digandrungi orang orang Jepang, mengunjungi pusat kuliner Lesehan khas Melawai, dan Tur akan berakhir di sebuah Resto Jepang autentik. 

Itinary : Taman Sepeda Melawai – Supermarket Papaya & Daisho yang menjual bahan2 baku dan pernak pernik khas Jepang  - Filosofi Kopi – Kedai Kopi Bubuk Tradisional – La Mouette Bakery yang diracik oleh Chef Jepang – Pusat Kuliner Lesehan Blok M Square – Resto Kashiwa  (resto jepang autentik dengan satu harga)


Meeting Point : Taman Sepeda Melawai

Mau tahu bagaimana Keseruan Food Tour Little Tokyo ? bisa dilihat di video berikut 






3. Food Tour Old Batavia - Kota Tua  (Minggu 9 Sept & Sabtu 22 Sept jam 09.00 - 13.00 )






Kawasan Kota Tua/ Fatahillah adalah kawasan yang paling ramai dikunjungi oleh wisatawan asing di Jakarta. Di kawasan ini pula, begitu banyak peninggalan sejarah dari zaman kolonial Belanda. Di Food Tour Old Batavia ini, Anda akan diajak menjelajah kekayaan sejarah peninggalan Belanda, dari mulai mengunjungi Stasiun terbesar di Asia Tenggara (di awal abad 20 ), mengunjungi jembatan yang sudah berusia 400 tahun, hingga mencicipi penganan khas Belanda di kafe paling tersohor di kawasan Kota Tua. 

Itinary : Stasion Kota/ Beos - Stasiun KA tertua di Jakarta, RM Padang Merdeka yang punya interior Nasionalisme - Lapangan Fatahillah / Fatahillah Square - Kantor Pos Fatahillah/ Kantor Pos tertua di Jakarta - Kafe Historia & Mencicipi minuman Jadul - Museum Fatahillah yang punya penjara bawah tanah & Mencicipi Kuliner Betawi di Betawi Corner - Melintasi deretan atraksi seniman dan "manusia manusia terbang" di Fatahillah - Pusat Kuliner Taman Kota Intan -  Jembatan Kota Intan yang sudah berusia 400 tahun - Kedai Kopi Compagnie - Kafe Batavia  (mencicipi Poffertjes / Bitterbalen, penganan khas Belanda)


Meeting Point : Stasion Kota / Beos, Jl. Lada - Pinangsia, Jakarta (depan Starbuck)

Sekilas tentang Food Tour Kota Tua (Old Town Batavia ) bisa dilihat di video berikut:





4. Food Tour Litle Arab - Cikini (Sabtu 8 Sept & Sabtu 22 Sept jam 15.30 - 19.30)




Sudah tahukah Anda, di kawasan Cikini terutama di sepanjang Jalan Raden Saleh kaya akan pengaruh budaya Arab? di kawasan ini pula, sepanjang tahun ramai dikunjungi oleh turis turis dari Jazirah Arab. Di Food Tour Cikini Little Arab ini, Anda akan diajak menjelajahi kekayaan budaya dan kuliner Arab yang sangat khas. 

Itinary :   Taman Ismail Marzuki - Makam Megah Habib Cikini - Rumah Kastil Raden Saleh - Martabak Markobar - Deretan Penjual Kayu Gaharu Kaki Lima - Toko Kayu Gaharu/ Minyak Wangi langganan Turis Arab - Resto Al Basha/ Resto Timur Tengah ala Yordania

Meeting Point : Taman Ismail Marzuki, (depan Planetarium)

Mau tahu bagaimana keseruan jelajah Litte Arab Cikini? monggo simak video berikut





5. Food Tour Little India - Pasar Baru (Sabtu 15 Sept  jam 15.30 - 19.30 & Sabtu 29 Sept jam 09. 00 - 13.00)




Kawasan Pasar Baru Jakarta Pusat, dikenal sebagai pusat komunitas India di sejak abad 19. Jejak pengaruh budaya India di kawasan ini, bisa dilihat dari banyaknya kuil kuil India, restoran restoran India, hingga toko toko yang menjual pakaian khas India. Di Food Tour Little India ini, Anda akan diajak menjelajahi pengaruh budaya India , dari mulai kuliner hingga kekayaan budayanya.

Itinary :  Gedung Antara –Klinik Pengobatan Tradisional India Taj Mahal - Kuil Hare Kreshna & Kuil Tricakti   - Salon India Heritage + Mencicipi Kudapan Khas India – Supermarket India Shalimar – Jelajah Pasar Baru dan deretan Toko Toko Tekstil dan Toko pakaian khas India-  Toko Lie Ie Seng/ Toko Klontong yang sudah berusia 2, 5 abad – Restoran Vegetarian Gokul


Meeting Point : Gedung Foto Antara Ps. Baru 


Kayak gimana keseruan blusukan kawasan Little India di Jakarta? bisa disimak sekilas videonya disini 




6. Food Tour Portuguese Village (Sabtu 16 Sept & Minggu 23 Sept jam 09.00 - 13.00 ) 




Tahukah Anda, di utara Jakarta ada sebuah Kampung yang kental dengan pengaruh budaya Portugis, dan juga dikenal sebagai Kampung Betawi Kristen yang sudah ada sejak berabad abad lalu. Di Kampung Tugu inilah, tempat cikal bakal munculnya Musik Kroncong yang sekarang menjadi musik nasional Indonesia dan juga kuliner Gado Gado yang kini telah menjadi kuliner khas Betawi yang  juga mudah didapati di berbagai pelosok Indonesia. 

     Itinary: Gereja Tugu - Kampung Betawi Kristen - Rumah Tua Tugu yg berusia 200 tahun - Markas Kroncong Tugu - Icip Icip Penganan Khas Kampung Tugu + Rumah Pitung Marunda (Optional)
      
     Meeting Point : Gereja Tugu (Jl. Raya Tugu)


Seperti apa keunikan budaya Kampung Tugu? bisa disimak sekilas  videonya disini 




 7.  Food Tour Little Korea - Senopati  (Minggu 16 Sept & Sabtu 29 Sept jam 15.30 - 19.30)






Tahukah Anda, di  Jakarta ada kawasan Little Korea dimana di kawasan ini begitu banyak dikunjungi para ekspatria Korea? di kawasan ini ada begitu banyak restoran Korea, dari mulai yang sederhana hingga mewah, ada supermarke korea dan pernak pernik khas Korea. Di rute Little Korea ini, Anda akan diajak eksplor kekayaan budaya korea di Selatan Jakarta, sekaligus eskplor Pasar Santa yang ngehits di kalangan anak muda termasuk mampir di kedai Kopi Tuku yang  hits dan pernah dikunjungi Jokowi.  

Itinary : Jelajah Pasar Santa & Kedai Kopi Tuku- Sate Padang Ajo Ramon - Supermarket Korea - Kedai Mie Korea yang paling Hits di Senopati - Toko Kue Korea  - Toko Pernak Pernik Korea- Restoran Korea Hommemade

Meeting Point : Pasar Santa


8 . Food Tour Superhero Town - Kalibata (Minggu 30 Sept jam 15.30 - 19.30 ) 



Kawasan Kalibata identik dengan "Pahlawan" karena disini ada Taman Makam Pahlawan Kalibata tempat bersemayamnya para pahlawan nasional. Di Food Tour Superhero Town, Anda akan diajak mengunjungi pusara para pahlawan untuk mengenang kembali jasa jasa mereka , hingga diajak untuk berkunjung ke markas  Slank di Gang Potlot. Bagi para penggemarnya, grup musik SLANK juga adalah seperti superhero. 

Itinary : Taman Makam Pahlawan Kalibata - Taman Rusa TMP - - Pusat Mainan Kayu Legendaris - Markas SLANK & Warung Slank  - Kue Pancong Lumer Kalibata - Pusat Kuliner Kalibata/ Pecel Pincuk Alex - Pusat Duren Kalibata

Meeting Point : Taman Makam Pahlawan Kalibata


9. Food Tour  Haji Village - Pondok Gede (Minggu 30 Sept jam 09.00  - 13.00 ) 






Apakah Anda sudah pernah berkunjung ke Museum Lubang Buaya dan berkunjung ke prasasti para Pahlawan Revolusi? Bertepatan dengan jelang peringatan G-30 S PKI dan Hari Kesaktian Pancasila, Anda akan diajak mengunjungi Museum Lubang Buaya, sekaligus eskplor kawasan Pondok Gede yang dikenal sebagai kawasan Asrama Haji. 

Itinary : Monumen Pancasila Sakti Lubang Buaya - Melintasi Asrama Haji - Jelajah Kampung Arab - Jelajah Toko Oleh Oleh Khas Umroh & Haji 

Meeting Point : Museum Lubang Buaya




10. Food Tour Depok Dutch Town (Sabtu 15 Sept jam 09.30 - 13.30)





Tahukah Anda, bagaimana asal usul istilah “Belanda Depok” ? Depok memang dikenal sebagai kawasan yang memiliki pengaruh kuat Belanda. Di Food Tour Dutch Town Depok ini, Anda akan diajak menjejalahi pengaruh budaya Belanda, dari mulai mengunjungi ex Rumah Presiden Depok, Gereja Belanda tertua di Depok hingga mencicipi aneka kuliner khas orang orang “Belanda Depok”

Itinary  : Stasiun KA Depok Lama – Kuliner Khas Stasiun Depok   – Gereja Kristen Pasundan / Ex Seminari Belanda -  Rumah Presiden Depok, Istana Presiden Depok / RS Harapan Depok -  SD Pancoran Mas / Ex Sekolah Belanda -  Gereja Immanuel/ Gereja Belanda tertua di Depok, Resto Khasanti  yang berasitektur bangunan Belanda

Meeting point : Stasiun KA Depok Lama

11.  Food Tour Tangerang China Town (Sabtu 22 Sept jam 09.30 - 13.30)




Kawasan China Town Tangerang dikenal karena komunitas  orang orang Cina Benteng yang sudah ada sejak berabad abad lamanya. Di Food Tour Tangerang China Town ini, Anda akan diajak menjelajahi kekayaan pengaruh budaya Tionghoa di Tangerang dari mulai mengunjungi klenteng tertua di kota ini, hingga jelajah kuliner di Pasar Lama yang dikenal sebagai kawasan Surga Kuliner.

Itinary :   Stasiun KA Tanggerang - Nasi Uduk Encim Sukaria yang sudah ada sejak tahun 60an – Penggilingan Kopi Jadul - Susur Sungai Cisadane / Cisadane Flying Deck  -Rumah Oey KT (penulis cerita Kungfu legendaris) – Toko Kue Kering/ Lapis Legit Berkat -  Vihara Boen Tek Bio/ Klenteng Tertua di Tangerang  – Mencicipi Es Bun Tin yang sangat unik - Mesjid Kali Pasir (Mesjid tertua di Tangerang) -  Jelajah Kuliner Peranakan Tionghoa di Pasar Lama -  Museum Benteng Heritage  (optional, tambahan tiket Rp 25.000)


Meeting point : Stasiun KA Tanggerang

12. Food Tour Dutch Town Bandung (Minggu 30 Sept jam 09.30 - 13.30)





Kawasan Braga di kota Bandung dikenal sebagai kawasan yang memiliki pengaruh kuat budaya Belanda. Jejak jejak pengaruh Belanda disini bisa dilihat dari berbagai bangunan bangunan tua yang dibangun di zaman colonial yang masih berdiri kokoh hingga kini. Di Food Tour Dutch Town Bandung ini, Anda akan diajak menjelajahi  spot spot bersejarah dan juga jelajah kuliner di berbagai spot kuliner legendaris yang sudah ada sejak zaman colonial Belanda, juga melihat spot spot kekinian di pusat kota Bandung.

Itinary  : Stasiun KA Bandung / St Hall – Rumah “ Indonesia Menggugat” – Taman Balaikota Bandung – Toko Buku Jadul Nusa Cendana  – Resto Braga Permai  (Mencicipi Bitterbalen & Poffertjes) –  Kafe Warung Asik / Ex Toko Populair   - Toko Roti Jadul Sumber Hidangan – Canary Kafe /  Mencicipi Kue Eskrim Jadul-   Melintasi Gedung Merdeka / Asia Afrika  & Alun Alun Bandung-  Penjara Banjeuy Soekarno 


Meeting Point : Stasiun KA Bandung


13. SPESIAL FOOD TOUR BOGOR + ISTANA BOGOR + MUSEUM BALAI KIRTI (Senin - Jumat 10- 14 Sept 2018) 




                                               foto : Radar Bogor



Apakah Anda sudah pernah berkunjung ke Istana Presiden Bogor yang terletak di tengah tengah Kebun Raya yang  sangat indah dan asri? Atau apakah Anda sudah pernah berkunjung ke Museum Kepresidenan Balai Kirti yang mengabadikan kiprah para presiden Indonesia dari waktu ke waktu? 

Dalam spesial Tur Bogor ini, Anda akan diajak untuk melihat lebih dekat Istana Presiden Bogor tempaat kediaman Presiden Jokowi saat ini (hanya di bagian pelataran istana yang juga sangat luas ) ,  berkunjung ke Museum Kepresidenan Balai Kirti dan dilanjutkan dengan Food Tour ke kawasan Suryakencana Bogor. 


Kawasan Suryakencana Bogor, sudah berabad abad dikenal sebagai kawasan pecinan di kota Bogor. Di kawasan yang juga dikenal sebagai Surga Kuliner ini, bisa dilihat jejak pengaruh kuat budaya Cina, dari mulai terdapatnya Klenteng yang sudah berusia berabad abad, deretan toko toko tua yang dimiliki orang orang Cina dsb. Di Food Tour China Town Bogor ini, Anda akan diajak menjelajahi  kekayaan budaya orang orang “Sunda  Tionghoa”  yang unik sepanjang kawasan Jl.  Suryakencana.

Rute : Stasiun KA Bogor – Istana Bogor (bagian pelataran) - Museum Kepresidenan Balai Kirti - dan dilanjutkan dengan Food Tour di kawasan China Town Bogor. 
Itinary Food Tour China Town Bogor : Vihara  Dhanagun yang sudah berusia 4 abad– Jelajah Jajanan Khas Bogor @ Jl. Suryakencana – Mengunjungi Deretan Toko Toko Klontong Jadul yang dimiliki orang Peranakan Tiongoa – Restoran Kentjana (Restoran Sunda – Tionghoa) yang terkenal dengan masakan peranakan Sunda Tionghoa - Kuliner Jadul Gang Aut (Es Bir Kotjok, Dodongkal dll) 

Meeting point  ; Stasiun KA Bogor
*Biaya Rp 100.000 untuk Full Tour, atau Rp 50.000 untuk ikut Kunjungan Istana & Museum Kepresidenan Balai Kirti saja


14.  Park & Cemetery Tour : Ereveld Menteng Pulo (Minggu 16 Sept  jam 09.00 - 12.00 & Minggu 30 Sept jam 15.00 - 18.00 ) 




Sudahkah Anda tahu di Jakarta ada makam tentara Belanda dan juga Inggris yang sangat indah layaknya seperti di Eropa? di komplek pemakaman Ereveld, dimakamkan para tentara Belanda dan Inggris yang gugur sebagai korban perang Perang Dunia 2. Wisata Kreaif Jakarta akan mengajak Anda mengeksplor Ereveld.

Itinary : Ereveld (Makam Penghargaan ) untuk tentara Belanda , Jakarta War Cemetery   + TPU Menteng Pulo (satu dari dua taman pemakaman umum tersisa di Jakarta yang terletak di tengah kota dan dikeliling gedung gedung pencakar langit)

atau lihat vidoenya disini (video courtesy : Gatotkaca.com)


15. Rute Rute lainnya 

Di luar agenda Tur reguler tiap akhir pekan , masih banyak berbagai rute Wisata Kreatif  berupa Food Tour (25 pilihan rute),  Wisata Bhineka (3 pilihan rute), Wisata Warisan Ahok (3 pilihan rute), Wisata Ceria Keluarga (2 rute) dan Wisata Taman  & Pemakaman (4 rute),  yang bisa dipilih untuk booking grup / private untuk waktu kapan saja, dengan pilihan sebagai berikut : 


Video Profil tentang Wisata Kreatif Jakarta/ Jakarta Food Traveler bisa disimak di video berikut



Mau ikutan berwisata kreatif dan seru untuk mengenal lebih dekat Jakarta ? Segera daftar/ RSVP di 0812 9822 9129  (call / whatsap) atau email  : jakartafoodtraveler@gmail.com 

Yuk kenali lebih dekat kota kita dengan cara yang MENYENANGKAN dan MENGENYANGKAN :) 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Agenda bulan JULI Wisata Kreatif Jakarta/ Jakarta Food Traveler

*Agenda Tur Wisata Kreatif Jakarta /Jakarta Food Traveler bulan JULI 2019*    Hi Travelers  Ga kerasa kita kini sudah memasu...