NqxdMatcMWtdLWJ7LWt5MGJ7MDcsynIkynwdxn1c
Agenda Wisata Kreatif Jakarta bulan Agustus 2018 : The Spirit of Independence

Agenda Wisata Kreatif Jakarta bulan Agustus 2018 : The Spirit of Independence

Agenda Wisata Kreatif Jakarta/ Jakarta Food Traveler bulan Agustus 2018  : 
The Spirit of Independence 






Hi Travelers, 

Selamat datang bulan Agustus. Bulan ini identik dengan peringatan peristiwa Kemerdekaan Indonesia. Karena itu, di bulan Agustus 2018, Wisata Kreatif Jakarta/ Jakarta Food Traveler menawarkan ragam agenda wisata dengan tema bulan ini : THE SPIRIT OF INDEPENDENCE.  Dalam beragam  Tur sepanjang bulan ini, Anda akan diajak untuk mengunjungi berbagai spot spot dan ragam museum yang bersejarah bagi peristiwa kemerdekaan Indonesia, juga Anda akan diajak untuk mengapresiasi keberagaman di Indonesia yang berbeda beda tetapi tetap satu (Bhineka Tunggal Ika), tentunya dengan cara yang menyenangkan.  

Ragam Tur yang ditawarkan sepanjang bulan Agustus ini adalah Food Tour, Wisata Bhineka (Wisata Rumah Ibadah Lintas Agama), Wisata Taman & Pemakaman (Park & Cemetery Tour) dan Ahok Legacy Tour (Wisata Warisan Ahok). Di bulan Agustus ini juga ada beberapa Tur Spesial yaitu Tur Napak Tilas Asian Games, Food Tour Merdeka Town & Little Indonesia (dua rute baru) . Dan dalam rangka menyambut Kemerdekaan,  juga ada Special Tur Bogor dengan tambahan kunjungan  ke Istana Presiden di Bogor.

Jadwal Tur reguler setiap hari Sabtu dan Minggu sesi pagi dan sore. Harga Tur Rp 60.000/ orang untuk semua rute (TIDAK termasuk makan/ minum) kecuali Rp 100.000 untuk Food Tour Little Indonesia (Taman Mini Indonesia Indah), Pay as you please (boleh bayar selayaknya) untuk tur Wisata Bhineka dan FREE untuk Park & Cemetery Park rute TPU Karet Bivak.
RSVP 0812 9822 9129, info detail di www.wisatakreatifjakarta.com , IG / fanpage @wisatakreatifjakarta / @jakartafoodtraveler .

Berikut ini jadwal lengkapnya

  1. Food Tour Garden City – Menteng (Sabtu 4 Agustus & 12 Agustus  09.00 - 13.00  WIB)
                          




                              



Tahukah Anda, kawasan Menteng adalah Kota Taman Pertama di Indonesia yang dibangun di zaman kolonial Belanda? di Kawasan Menteng yang sekarang dikenal sebagai kawasan Ring 1 karena banyak ditinggali para pejabat tinggi negara ini terdapat beberapa taman luas nan asri yang dibangun pemerintah Belanda. Di Food Tour Garden City, Anda akan diajak menyusuri kawasan elit yang asri nan teduh  , mengunjungi Sekolah  Obama hingga mampir ke spot kuliner yang menjadi langganan para pejabat dan sosialita.


Itinary : Museum Perumusan Naskah Proklamasi - Gereja Ayam/ GPIB Paulus yang dibangun sejak zaman  Belanda - Taman Patung Diponegoro - Sekolah Obama - Taman Surapati yang sudah ada sejak zaman Belanda - Taman Lembang & Mencicipi Es Doger - Rumah Cendana Keluarga Soeharto (hanya mampir di halaman) - Bakso Cendana -  Martha Cake Shop langganan para sosialitas/ pejabat - Resto Tugu Kunskring, restoran kelas bintang lima yang berdiri di bangunan zaman Belanda. 

   Meeting Point : Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Jl. Imam Bonjol no. 1




  1. Food Tour Superhero Town – Kalibata (Sabtu 4 Agustus  & Minggu 19 Agustus jam 15.30- 19.30 WIB)





Kawasan Kalibata identik dengan "Pahlawan" karena disini ada Taman Makam Pahlawan Kalibata tempat bersemayamnya para pahlawan nasional. Di Food Tour Superhero Town, Anda akan diajak mengunjungi pusara para pahlawan untuk mengenang kembali jasa jasa mereka , hingga diajak untuk berkunjung ke markas  Slank di Gang Potlot. Bagi para penggemarnya, grup musik SLANK juga adalah seperti superhero. 

Itinary : Taman Makam Pahlawan Kalibata - Taman Rusa TMP - - Pusat Mainan Kayu Legendaris - Markas SLANK & Warung Slank  - Kue Pancong Lumer Kalibata - Pusat Kuliner Kalibata/ Pecel Pincuk Alex - Pusat Duren Kalibata

Meeting Point : Taman Makam Pahlawan Kalibata

  1. Food Tour Boplo Town – Gondangdia  (Sabtu 11 Agustus & 25 Agustus jam 09.00  - 13.00 WIB )





Apakah Anda tahu asal usul kata Boplo? Tahukah Anda di kawasan Gondangdia, juga    banyak peninggalan Belanda, dari mulai bangunan yang sekarang menjadi Resto Tugu Kunskring hingga Mesjid Cut Mutia. Di Food Tour Gondangdia ini, Anda akan diajak menjelajah kawasan Gondangdia yang teduh dan kaya akan kuliner khas jadul  (Kedai Roti Lauw ) hingga kuliner kekinian.

Itinary : Museum Joang 45 - Mesjid Cut Mutia/ Eks Kantor Boplo - Tugu Kunskring Galery / Resto bintang lima dengan konsep Galeri  - Pasar Gondangdia + Kedai Jamu Jadul yang pernah dikunjungi Jokowi - Toko Roti Legendaris Lauw – Warung Kopi Phoenam yang legendaris yang telah berdiri sejak tahun 1946 - Rujak Cingur Pak Hadi  yang sudah ada sejak tahun 70an- Sup Buntut Gondangdia / cikal bakal dari Sup Buntut Borobodur dengan daging merah khas yang khas.

Meeting Point : Museum Joang 45, Menteng. Jl. Menteng Raya no. 31, Jakpus


  1. Food Tour Kwee Tang AADC-  Kwitang  (Sabtu 11 Agustus & Sabtu 18 Agustus jam 15.30 - 19.30) 








Kawasan Kwitang adalah salah satu surga kuliner legendaris di Jakarta.  Di Food Tour Kwitang ini , Anda akan diajak jelajah Pasar Kue Subuh Senen yang merupakan pasar khusus kue terbesar di Jakarta, kawasan Pusat Nasi Kapau terbesar di Jakarta, hingga bernostalgia di Pasar Buku Kwitang yang di era kejayaannya merupakan pusat buku bekas terbesar di Asia Tenggara. Di tempat ini pula menjadi lokasi syuting film Ada Apa Dengan Cinta yang fenomenal.

Itinary : Museum Sumpah Pemuda - Toko Roti Jadul Maison Weiner/ Toko Roti modern pertama di Batavia  -  Pusat Buku Kwitang / Pusat Buku Bekas terbesar di Asia Tenggara di tahun 70an yang juga pernah jadi lokasi Syuting film AADC/ Ada Apa Dengan Cinta- Pasar Kue Subuh  Senen yang merupakan Pasar Kue terbesar di Jakarta- Pusat Nasi Kapau Kwitang - Coto Makasar Samsul Daeng yang sudah pernah diundang ke Istana Presiden. 

Meeting Point : Museum Sumpah Pemuda, Jl. Kramat Raya 106, Kwitang.  


  1. Food Tour Tangkiwood Town– Mangga Besar (Minggu 5 Agustus & 25 Agustus jam 15.30 - 19.30 WIB). 






Kawasan Mangga Besar dikenal sebagai surga hiburan malam dan juga Surga Kuliner  Di Food Tour Tangkiwood Town , Anda akan diajak bernostalgia untuk mengunjungi kawasan Tangkiwood  (plesetan dari Hollywood) yang dari kawasan inilah muncul banyak bintang hiburan nasional seperti Bing Slamet hingga Laela Sari. Selain itu Anda juga akan diajak jelajah kuliner dari mulai kuliner Ekstrim hingga ke Pusat Duren Mangga Besar. 

Itinary : Kedai Kong Djie Kopi  - Vihara / Klenteng Avalokitesvara – Tangkiwood / Lokasari – Kampung Tangki – Rumah Alm. H. Laela Sari – Klenteng Mini di tengah Pasar - Toko Roti Henis yang Legendaris  - Deretan Kuliner Ekstrim Mangga Besar (Ular Kobra  dll) – Pusat Duren Mangga Besar – Resto Vietnam Pho Saigon yang dikenal karena menu Kwetiaw Sapi terenak di Jakarta. 

Meeting point : Kedai Kong Djie Kopi, Jl. Raya Mangga Besar

  1. Food Tour Merdeka Town – Pegangsaan (Jumat 17 Agustus , pagi jam 09.00- 13.00 & sore 15.30 - 19.30 WIB)













Apakah Anda sudah pernah berkunjung ke Tugu Proklamasi yang punya sejarah penting dalam peristiwa kemerdekaan Indonesia? Spesial menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia, diadakan rute baru (Pegangsaan- Proklamasi) yang khusus di adakan pada 17 Agustus untuk sesi pagi dan sore . Dalam tur ini, Anda akan diajak untuk mengunjungi Taman Tugu Proklamasi, serta spot spot bersejarah yang punya kisah menarik seperti Bioskop Megaria yang dahulu sering dikunjungi Presiden Soekarno, berkunjung ke Pempek Megaria dan Bubur Cikini (Burcik) yang legendaris, hingga berkunjung ke Rumah Ahmad Subardjo (Menteri Luar Negri Pertama RI) yang dahulu rumahnya dipakai sebagai kantor Deplu pertama kali. 

Itinary : Monumen Proklamasi – Kafe de Proklamasi – Bioskop Legendaris Megaria – Pempek Legendaris Megaria – Pasar Antik Surabaya – Kantor DPP Golkar  (Kafe Paradigma & Toko Mudah  ) – Bubur Cikini – Rumah Ahmad Subarjo (Kantor Deplu RI pertama kali) – Warung Ampera

Meeting Point : Taman Tugu Proklamasi (Jl. Proklamasi) 

  1. Food Tour Little Indonesia – Taman Mini (Sabtu 18 Agustus pagi jam 09.00 - 13.00 WIB & sore jam 13. 00 - 17.00)








Kapan terakhir kali Anda berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) ?  Spesial dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia, diadakan Food Tour Little Indonesia- TMII. Di Tur ini,  Anda akan diajak untuk "jelajahi" Indonesia Mini , dari mulai berkunjung ke berbagai anjungan , berkunjung ke Museum Reptil dan Komodo dan melihat satwa Komodo dari dekat, hingga berkunjung ke Museum Hakka  / Museum Tionghoa Indonesia.  Jika Anda sudah pernah berkunjung ke Taman Mini sebelumnya, ikutan Food Tour Litle Indonesia akan memberikan pengalaman yang berbeda, karena Anda akan didampingi oleh seorang Pemandu (Tourist Guide) yang akan menceritakan sejarah dan hal hal menarik di setiap spot yang dikunjungi. 


Itinary : Anjungan Sumatera Barat – Anjungan Papua –– Anjungan Sulawesi Selatan- Anjungan Kalimantan Barat – Anjungan Jawa Tengah  - Museum Komodo - Museum Hakka / Tionghoa

Meeting Point : Gerbang Utama  TMII 
Harga Tur : Rp 100.000 / orang . Sudah termasuk tiket masuk Taman Mini , tiket Museum Komodo dan Reptil, dan Naik Kereta Keliling Taman Mini. 

  1. Food Tour Portuguese Village  (Minggu 12 Agustus jam 09.00 - 13.00  WIB)







Tahukah Anda, di utara Jakarta ada sebuah Kampung yang kental dengan pengaruh budaya Portugis, dan juga dikenal sebagai Kampung Betawi Kristen yang sudah ada sejak berabad abad lalu. Di Kampung Tugu inilah, tempat cikal bakal munculnya Musik Kroncong yang sekarang menjadi musik nasional Indonesia dan juga kuliner Gado Gado yang kini telah menjadi kuliner khas Betawi yang  juga mudah didapati di berbagai pelosok Indonesia. 

Itinary: Gereja Tugu - Kampung Betawi Kristen - Rumah Tua Tugu yg berusia 200 tahun - Markas Kroncong Tugu - Icip Icip Penganan Khas Kampung Tugu      

Meeting Point : Gereja Tugu (Jl. Raya Tugu, Semper Jakarta Utara)

Seperti apa keunikan budaya Kampung Tugu? bisa disimak sekilas  videonya disini 




  1. Food Tour Dutch Town Bandung (Sabtu 25 Agustus jam 09.30 - 13.30 WIB)







Kawasan Braga di kota Bandung dikenal sebagai kawasan yang memiliki pengaruh kuat budaya Belanda. Jejak jejak pengaruh Belanda disini bisa dilihat dari berbagai bangunan bangunan tua yang dibangun di zaman colonial yang masih berdiri kokoh hingga kini. Di Food Tour Dutch Town Bandung ini, Anda akan diajak menjelajahi  spot spot bersejarah dan juga jelajah kuliner di berbagai spot kuliner legendaris yang sudah ada sejak zaman colonial Belanda, juga melihat spot spot kekinian di pusat kota Bandung.

Itinary  : Stasiun KA Bandung / St Hall – Rumah “ Indonesia Menggugat” – Taman Balaikota Bandung – Toko Buku Jadul Nusa Cendana  – Resto Braga Permai  (Mencicipi Bitterbalen & Poffertjes) –  Kafe Warung Asik / Ex Toko Populair  yg pernah dikunjungi tokoh komik Tintin  - Toko Roti Jadul Sumber Hidangan – Canary Kafe /  Mencicipi Kue Eskrim Jadul-   Melintasi Gedung Merdeka / Asia Afrika  & Alun Alun Bandung-  Penjara Banjeuy Soekarno - Pabrik Kopi Aroma yang Legendaris – Kedai Kopi Purnama yang sudah ada sejak jaman Belanda 

Meeting Point : Stasiun KA Bandung

Wisata Bhineka / Wisata Rumah Ibadah Lintas Agama
Wisata Bhineka adalah Wisata Rumah Ibadah Lintas Agama, yang bertujuan untuk mempelajari kekayaan sejarah dan budaya di Jakarta dan Indonesia, termasuk kekayaan religinya, sekaligus untuk menumbuhkan rasa empati kepada saudara saudara yang berbeda keyakinan. 

Harga Tur : Pay as you please (boleh bayar selayaknya)

 14. Wisata Bhineka - Rute Gambir (Minggu 5 Agustus jam 09.00 - 13.00 WIB)







Itinary : Gereja Protestan Immanuel yang sudah ada sejak zaman Belanda, Mesjid Istiqlal yang merupakan Mesjid terbesar no. 3 di dunia, Gereja Katolik Katedral yang sudah ada sejak zaman Belanda, Kuil India (Hare Kreshna), dan Klenteng Sin Tek Bio yang sudah ada sejak abad 17.

Meeting Point : Gereja Immanuel , Gambir 

15. Wisata Bhineka – Rute Cilincing (Minggu 5 Agustus jam 15.30- 19.30 WIB)












Itinary : Wihara & Klenteng Lalitavistara yang sudah berusia lebih dari 3 abad, Pagoda Cilincing/ Pagoda tertinggi di Jakarta , Rumah Abu Cilincing / Rumah abu terbesar di Jakarta, Krematorium Cilincing/ Tempat Pembakaran mayat untuk berbagai agama, Pura Segara / satu satunya Pura di Jabodetabek yang terletak di pinggir laut, Mesjid Al Alam yang sudah berusia 4 abad. 

Meeting point : Wihara Lalitavistara, Jl. Cilincing Lama 

    15. Wisata Bhineka – Rute Pasar Baru  (Minggu 26 Agustus jam 09.00 - 13.00 WIB)










Itinary : Kuil India Hare Kreshna, KuilI India Sai Baba, Kuil Sikh Temple Gurdwara, Gereja Pniel/ Gereja yang protestan yang sudah dibangun sejak zaman kolonial Belanda, Mesjid Lao Tze /Mesjid berarsitektur Tionghoa dan Pusat Mualaf Tionghoa 


Meeting Point : Gedung Foto Antara, Pasar Baru. 





Park & Cemetery Tour  / Wisata Taman & Makam


 17 .  Wisata Taman & Makam :  TPU Karet Bivak (Minggu 19 Agustus jam 09.00 - 12.00 WIB)








Spesial dalam rangka peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia , Anda akan diajak "berwisata" ke  pusara para pahlawan untuk berziarah, mengenang kembali jasa jasa pahlawan, sambil belajar kembali sejarah kisah hidup  mereka. Di TPU Karet Bivak banyak pusara pahlawan seperti Ibu Fatmawati, Husni Thamrin, Ismail Marzuki, hingga pusara sang Pujangga Chairil Anwar yang setiap peringatan Hari Sastra ramai dikunjungi peziarah. 

Itinary  : Berziarah ke makam tempat para pahlawan Nasional dan juga para pesohor nasional yang harum namanya (makam para pahlawan Nasional dan tokoh nasional seperti makam Ibu Fatmawati Soekarno, Ismail Marzuki, MH Thamrin, Chairil Anwar, dll



Meeting Point : Gerbang utama TPU Karet Bivak
Harga Tur : FREE


18.  Wisata Taman & Makam : Mousoleum OG Khouw (Minggu 19 Agustus & 26 Agustus 15.00 - 18.00 wib)










Di Tur ini, Anda akan diajak jelajah Taman Pemakaman Petamburan yang didalamnya terdapat bangunan kubur/ Mousoleum OG Khouw yang merupakan mousoleum terbesar di Asia Tenggara dan memiliki bunker / ruang bawah tanah yang megah.  Selain itu Anda juga akan diajak untuk jelajah komplek pemakaman Yahudi yang masih tersisa dan juga pemakaman Jepang. 

Itinary : Mausoleum OG Khouw  / Mousoleum terbesar di Asia Tenggara dan melihat hingga ke bagian bunker  - Jelajah Pemakaman Jepang - Jelajah Komplek Pemakaman Yahudi

Meeting Point : Gerbang Utama TPU Petamburan

Ingin tahu seperti apa Wisata jelajah TPU Petamburan? simak sekilas videonya disini




19. Ahok Legacy Tour – Rute Simpang Susun Semanggi Kali Besar Kota Tua (Minggu 12 Agustus & 26 Agustus jam 15.30  - 19.30 WIB)









Dalam Ahok Legacy Tour , Anda akan diajak melihat berbagai perubahan positif Jakarta terkini, dari mulai berfoto di bawah Simpang Susun Semanggi, Naik Bis TransJakarta & Bis Tingkat Wisata yang mewah, berkunjung ke Pusat Kuliner Lenggang Jakara + Rumah Betawi di kawasan Monas, dan melihat cantiknya Kanal Kali Besar Kota Tua yang di desain menyerupai sungai ChenggyeCheon di Korea Selatan, dan dilanjutkan dengan menonton  pertunjukan Air Mancur Joget di Monas yang biaya renovasinya dibiayai Pak Ahok saat sudah dipenjara (optional).

Itinary : Simpang Susun Semanggi - Naik Bis TransJakarta - Kawasan Lenggang Jakarta @ Monas + Rumah Betawi - Naik Bis Tingkat Wisata - Kali Besar Kota Tua

Meeting Point :  Plaza Semanggi (Maxx Coffee)


20. Special Tur NAPAK TILAS ASIAN GAMES (Setiap Jumat- Minggu selama Asian Games - sesi pagi 10.00- 14.00 dan  sore 15.30 - 19.30 )







foto: detiknews.com

Tahukah Anda, untuk persiapan menjadi tuan rumah Asian Games untuk pertamakalinya di th 1962, Presiden Soekarno membangun banyak proyek monumental yang ambisius seperti Gelora Senayan, Jembatan Semanggi, Hotel Indonesia, Patung Selamat Datang, hingga didirikannya stasiun televisi indonesia pertama TVRI. Persiapan yang hanya dilakukan dalam 4 tahun tersebut dapat diselesaikan tepat waktu dan mengundang banyak kekaguman di mata dunia. Dan Bagaimana dengan persiapan Asian Games 2018?

Dalam spesial Tur Napak Tilas Asian Games ini, Anda akan diajak menyusuri jejak jejak persiapan Asian Games dahulu, dan juga melihat langsung seperti apa kesiapan Jakarta kini dalam menyambut Asian Games. Dalam Tur ini Anda juga akan mendengarkan cerita cerita menarik seputar bagaimana Soekarno menaikkan derajat Indonesia melalui ajang olahraga terbesar di Asia , cerita cerita meanrik dibalik setiap spot spot yang dikunjungi, juga melihat langsung bagaimana persiapan Asian Games 2018 yang akan berlangsung sebentar lagi.

Dalam Tur Spesial ini, akan dikombinasikan dengan berjalan kaki dan menaiki bis TransJakarta.


Rute : Jl. Thamrin - Bundaran HI/ - Hotel Indonesia - Simpang Susun Semanggi - Kawasan Gelora Bung Karno - Stasiun TVRI

Meeting Point : Mc Donald Sarinah Thamrin 

Harga : Rp 60.000 (termasuk tiket bis TransJakarta)


Rute Rute lainnya 

Di luar agenda Tur reguler tiap akhir pekan , masih banyak berbagai rute Wisata Kreatif  berupa Food Tour (25 pilihan rute),  Wisata Bhineka (3 pilihan rute), Wisata Warisan Ahok (3 pilihan rute), Wisata Ceria Keluarga (2 rute) dan Wisata Taman  & Pemakaman (4 rute),  yang bisa dipilih untuk booking grup / private untuk waktu kapan saja, dengan pilihan sebagai berikut : 




Video Profil tentang Wisata Kreatif Jakarta/ Jakarta Food Traveler bisa disimak di video berikut


Mau ikutan berwisata kreatif dan seru untuk mengenal lebih dekat Jakarta ? Segera daftar/ RSVP di 0812 9822 9129  (call / whatsap) atau email  : jakartafoodtraveler@gmail.com 

Yuk kenali lebih dekat kota kita dengan cara yang MENYENANGKAN dan MENGENYANGKAN :) 





Komentar

Contact Us via Whatsapp