NqxdMatcMWtdLWJ7LWt5MGJ7MDcsynIkynwdxn1c
Agenda Wisata Kreatif Jakarta Bulan Maret 2019

Agenda Wisata Kreatif Jakarta Bulan Maret 2019




Rekan Rekan Traveler


Di bulan Maret ini, Wisata Kreatif Jakarta/ Jakarta Food Traveler punya banyak agenda wisata asyik nan seru. Selain ada 3 rute baru yaitu Mataram Town / Mataraman, Expat Town/ Kemang dan juga Wisata Bhineka rute Sunter, juga ada Wisata Bhineka Cillincing + Spesial Perayaan Melasti yang merupakan salah satu perayaan terbesar umat Hindu. 

Berikut ini pilihan rute yang bisa Anda pilih


1. Wisata Bhineka Cilincing + Spesial Perayaan MELASTI (Minggu 3 Maret jam 14.00- 18.00)






Sudah pernah menyaksikan Upacara Melasti salah satu perayaan umat Hindu Bali paling meriah?
Tahukah Anda, di Jakarta kita juga bisa menyaksikan Upacara Melasti yang hanya diadakan setahun sekali dan hanya diadakan di tepi laut Cilincing?
Melasti adalah prosesi ritual umat Hindu jelang Nyepi dalam menyucikan diri di tepi laut. Setiap setahun sekali, seluruh umat Hindu se-Jakarta berkumpul di Pura Segara, satu satunya Pura yang terletak di Tepi Laut untuk melaksanakan prosesi ritual Upacara Melasti dengan meriah.
Wisata Kreatif Jakarta / Jakarta Food Traveler kali ini mengajak para Travelers untuk jelajah keberagaman budaya, sejarah, serta dan agama di pesisir utara Jakarta yang harmonis, berkunjung ke beberapa rumah ibadah lintas Agama yang sudah berusia 4 abad di kawasan Cilincing dan menyaksikan langsung upacara Melasti yang dihadiri umat Hindu se-Jabodetabek.
Itinary:
Rumah Abu Cilincing / Menara Pagoda Cilincing – Pasar Ikan – Krematorium Cilincing - Pura Segara – Kampung Nelayan – Kampung Deret – Pasar Lelang Ikan – Pelabuhan Cilincing dengan kapal kapal kayu – Mesjid Al-Alam yang sudah berusia 400 tahun – Menyaksikan upacara/ perayaan Festival Melasti.
Meeting point : Vihara Lalitavistara, Jl. Cilincing Lama.

2.  Food Tour Mester Town - Jatinegara (Sabtu 2 Maret jam 09.00-13.00  & Minggu 17 Maret jam 09.00 - 13.00 )





Tahukah Anda kawasan Jatinegara adalah salah satu kawasan Bhineka dimana begitu banyak pengaruh budaya nusantara dan asing disini? Tahukah Anda kalau Pasar Rawa Bening adalah pusat batu akik terbesar di Asia Tenggara? Dan sudahkah Anda mengujungi Museum Benyamin S sang seniman legendaris Betawi yang belum lama diresmikan?

Itinary: Stat KA Jatinegara - Museum Benyamin Suaeb + Taman Benyamin Suaeb - Klenteng Shia Djin Kong - Pasar Rawa Bening/Pusat Batu Akik terbesar di AsiaTenggara - Ayam Goreng Legendaris Ibu Haji - Kedai Kopi Aceh - Penggilingan Kopi Legendaris Sedan -  Pasar Loak Jatinegara - Pasar Hewan Jatinegara - Pusat Kaset Bekas - Gereja Koinonia (bagian depan)+ Monumen Jatinegara - Gado Gado & Mie Selat Jatinegara yang legendaris (tutup hari Minggu). 

Mepo : Stat. KA Jatinegara

3. Food Tour Vege Town- Jelambar (Sabtu 2 Maret jam 15.30- 19.30 & Minggu 17Maret jam 15.30- 19.30)





Apakah Anda sudah pernah eksplor Taman RPTRA Kalijodo yang jadi ikon baru Jakarta? Dan sudahkah Anda tahu di kawasan Jelambar terdapat begitu banyak kuliner Vegetarian yang unik.   Di rute Vege Town ini, Anda akan diajak eksplor ragam kuliner Vegearian, dari mulai Nasi Padang, Sate , Soto, Steak yang kesemua terbuat dari bahan nabati. 

Itinary : RPTRA Kalijodo +Skate Park publik pertama di Indonesia - Es Kopi Kalijodo - Klenteng/ Wihara Satrya Dharma & Mesjid Nurul Falah yang lokasinya berdampingan- Jelajah Jajanan Vegetaria- Kedai Achin Vegetarian menikmati ragam kuliner nusantara seperti Sate , Soto dll dalam versi Vegetarian - Warung Nasi Padang Nammy House -mCafe Vegetarian Homemade

Meeting Point : RPTRA Kalijodo


4. Singapore Town - Kelapa Gading (Minggu 3 Maret jam 09.00 - 13.00 & Sabtu 16 Maret jam 09.00 - 13.00 )






Tahukah Anda , kawasan Kelapa Gading yang sangat terkenal sebagai Pusat Kuliner dan Belanja juga dijuluki sebagai Mini Singapore-nya Jakarta? Di rute ini Anda akan diajak kawasan yang juga dikenal sebagai Kepala Naga ini untuk eksplor ragam kuliner yang unik dari mulai Bakmi Jempol legendaris Kelapa Gading , Kedai Kopi Jonie yang sering dikunjungi Hotman Paris dan teman teman artis nya,  melihat infrastruktur kereta LRT yang sebentar lagi akan beroperasi-  hingga Museum Rekor Indonesia (MURI) yang mendokumentasikan berbagai aksi hebat orang Indonesia. 

Itinary :  Bakmi Si Jempol -Gading Walk + Doggie Park -  Bakpau + Kopi Jonie yang lagi Hits - Museum Rekor Indonesia/ MURI  +Outlet Jamu Jago - Jelajah Go Food Festival

Meeting Point :Lobby MKG 1 Kelapa Gading


5. Food Tour New China Town - Pasar Baru (Sabtu 9 Maret jam 09.00 -13.00 & Minggu 24 Maret jam 09.00 - 13.00 )






Sejak jaman kolonial Belanda, sebelum kawasan Pasar Baru dihuni oleh banyak komunitas orang India , kawasan ini lebih dahulu dihuni oleh orang orang Tionghoa. Di rute New China Town Anda akan diajak jelajah peninggalan pecinan (China Town) di kawasan Pasar Baru, dari mulai mengunjungi Klenteng yang berusia 4 abad, toko klontong yang berusia 2,5 abad, mesjid  Lao Tze yang berasitektur Tionghoa hingga jelalah aneka kuliner Legendaris khas Pasar Baru seperti Bakmi Gang Kelinci , Resto Es Krim Tropic  hingga Kue Bantal Koh Atek. 

Itinary : Galeri Foto Antara - Gedung Toko Kompak - Resto Es Krim Tropic Legendaris- Toko Klontong Lie Ie Seng yang sudah berusia 2,5 abad-  Cakwe/ Kue Bantal Legendaris Koh Atek - Bakmi Gang Kelinci - Klenteng Sin Tek Bio yang sudah berusia 4 abad- Toge Goreng Legendaris Pasar Baru - Mesjid Lao Tze yang berasitektur Tionghoa (tutup hari Sabtu, hanya bisa di bagian depan).


Meeting Point : Galeri Foto Antara, Ps Baru

6. Food Tour Mataram Town - Matraman (Sabtu 9 Maret jam 09.00 - 13.00 & Minggu 24 Maret jam 15.30- 19.30) * rute baru*






Kawasan Matraman punya sejarah menarik terkait asal usul kota Batavia /Jakarta. Selain kaya akan ikon ikon kota yang legendaris , di kawasan ini juga banyak berkembang gerakan ideologis yang berperan dalam pergerakan nasional, seperti Syarikat Islam, Nahdlatul Ulama, dll.
Dalam Food Tour Mataram Town /Matraman, Anda akan diajak menapaktilasi sejarah dari mulai Mesjid Jami Matraman tempat Soekarno sholat Jumat setelah membaca naskah Proklamasi , lalu menapaktilasi jejak Gus Dur yang dijuluki Guru Bangsa, dari mulai mengunjungi Taman Amir Hamzah yang terdapat Patung Kecil Gus Dur hingga ke Griya Gus Dur yang banyak terdapat spot foto kutipan kutipan Gus Dur yang instagrammable. Dan tentu saja Anda akan diajak eksplor kuliner di kawasan ini dari mulai jajanan Betawi Jadul, berkunjung Toko Roti Tegal yang klasik dan legendaris hingga ke Resto Bakso Boedjangan , yg hits dan kekinian.
*Itinary* = Mesjid Jamie Matraman (Mesjid tempat Soekarno sholat Jumat setelah membaca Proklamasi)- Taman RPTRA Amir Hamzah + Patung Gusdur Kecil - Griya Gusdur - Melintasi markas Syarekat Islam+ Universitas NU - Eksplor Jajanan Jadul Betawi (Dodongkal + Pancong) - Nasi Kebuli Kaki 5 - Resto Bakso Boedjangan - Melintasi TB Gramedia Matraman- Toko Kue Tegal Legendaris - Sop Ayam Pak Min Klaten legendaris (atau jika habis diganti dengan Sop Janda)

7. Food Tour Free York City -Tanjung Priok (Minggu 10 Maret jam 09.00 - 13.00  & Sabtu 23 Maret jam 15.30 - 19.30)





Apakah Anda sudah pernah berkunjung ke Pasar Ular yang di tahun 80an dikenal sebagai pusat barang bermerk berasa dari kapal kapal di pelabuhan Tg Priok? atau sudahkah Anda berkunjung ke Cagar Budaya Mbah Priok yang erat dengan asal usul nama Tanjung Priok. Di tur ini Anda akan diajak jelajah kawasan pesisir utara di Jakarta, termasuk mengunjungi pelabuhan internasional Tanjung Priok yang kini terdapat Museum Maritim yang sangat canggih dan modern 

Itinary: Ps Ular Plumpang -Kampung Konveksi Plumpang - St. Tg. Priok salah satu stasiun KA peninggalan Kolonial Belanda - Jelajah Kampung Warteg Enim- Mesjid Al Muqarrabien & Gereja Mahanaim (Mesjid & Gereja bersebelahan/berbagi tembok) , Museum Maritim - Melihat Pelabuhan Tg Priok dari ketinggian - Tugu Cakrawala Pelindo - Makam Mbah Priok (optional)

Mepo: Pasar Ular Plumpang.

8.  Food Tour Baywalk Town - Pantai Indah Kapuk (Sabtu 16 Maret 15.30-19.30 & Minggu 31 Maret jam 09.00 - 13.00)





Sudah pernah ke kawasan Taman Mangrove di Pantai Indah Kapuk? atau berkunjung ke  gedung Tzu Chi Center, yang merupakan pusat Budha Tzu Chi terbesar di dunia ? Di Food Tour Baywalk Town ini, Anda akan diajak jelajah kekayaan budaya dan kuliner di kawasan pesisir utara Jakarta yang baru berkembang sekitar 20 tahun terakhir.  Anda juga akan diajak jelajah kuliner di Fresh Market yang sangat dikenal sebagai Pasar Tradisional yang buka sepanjang hari dan malam dan banyak menjual kuliner khas Vegetarian dan aneka kuliner khas Medan dan Pontianak. 

Itinary : Tzu Chi Center (Pusat Tzu Chi terbesar di Dunia)  - Kafe Vegetarian yang asri sambil menikmati Teh Rosela - Kedai Kafe Tzu Chi Taman Mangrove (bagian depan di kawasan Mesjid) - Jelajah Kuliner Khas Fresh Market icip icip kuliner khas Medan dan Pontianak dan aneka ragam kuliner vegetarian (untuk sesi Malam Fresh Market diganti Food Plaza)



Mepo : Tzu Chi Center



9. Food Tour Expat Town - Kemang (Sabtu 30 Maret jam 09.00 - 13.00)  *rute baru*




Itinary  :Museum Tengah Kebun - Javara Kafe

10. Food Tour Fisherman Village - Cilincing (Sabtu 30 Maret jam 15.30 - 19.30)






Wisata Kreatif Jakarta / Jakarta Food Traveler kali ini mengajak para Travelers untuk jelajah keberagaman kuliner,  budaya, sejarah, serta dan agama di pesisir utara Jakarta yang harmonis.
Di kawasan Cilincing ini, berbagai rumah ibadah lokasinya berdekatan dan sudah eksis selama ratusan tahun. Selain itu, di Cilincing juga ada Menara Pagoda tertinggi di Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Budha yag tersohor hingga ke Pulau Jawa. Di kawasan ini juga merupakan pusat pengepulan dari Kerang Hijau /kijing yang disebar ke segera penjuru Jakarta.

Itinary : Klenteng dan  Vihara Lalitavistara  yang sudah berusia ratusan tahun– Rumah Abu Cilincing / Rumah Penitipan Abu terbesar di Jakarta - Menara Pagoda Cilincing/ Menara Pagoda tertinggi di Jakara – Pasar Ikan – Krematorium Cilincing/ Tempat Pembakaran Mayat terbesar di Jakarta - Pura Segara/ satu satunya Pura di Jakarta yang terletak di Tepi Laut – Kampung Nelayan  & Kampung Deret – Pasar Lelang Ikan – Pelabuhan Cilincing dengan kapal kapal kayu – Mesjid Al Alam yang sudah berusia 400 tahun – Resto Babe Seafood.

Meeting point : Vihara Lalitavistara, Jl. Cilincing Lama, Jakarta Utara
11. Food Tour Lakeside Town - Sunter (Minggu 31 Maret jam 15.30 - 19.30)





Kawasan Sunter merupakan satu satunya kawasan di Jakarta yang keberadaannya dikelilingi oleh Danau Danau cantik. Dalam rute ini, Anda akan diajak jelajah kawasan kota tepi danau, dari mulai mengunjungi Mesjid Ramlie Mushofa yang berasitektur Tionghoa nan megah dan dijuluki Taj Mahal Indonesia, melihat Kampung Warna Warni Sunter dari tepi danau - menikmati danau Sunter yang cantik sambil naik sampan/perahu bebek-bebekan, hingga menikmati kuliner paling hits di kawasan Danau Sunter  .

📍Itinary : Masjid Ramlee Mushofa / Taj Mahal Indonesia, yang berasitektur Cina nan Megah - Soto dan Sate Maranggi paling hits di Sunter - Menyusuri Tepi Danau Sunter yang cantik dan Melihat Kampung Warna Warni- Mungunjungi Pizzaria Cavales- resto pizza paling hits di Sunter yg terkenal dg kreasi kreasi pizza yang "nyeni" (Art Pizza) -Resto Indian Namaste , salah satu resto indian paling hits di Jakarta-  Naik Sampan / Bebek di Danau- Menikmati Seafood Tepi Danau Sunter.  (Bonus Es Krim India di Resto Namaste untuk posting di Instagram).

Mepo : Mesjid Ramlie Mushofa

12, Wisata Bhineka Sunter *rute baru* (Minggu 10 Maret jam 15.30- 19.30 & Sabtu 23 Maret 15.30-19.30 )








Wisata Bhineka adalah Wisata Rumah Ibadah Lintas Agama dengan tujuan untuk  membangun Toleransi dan Empati.

Di wisata Bhineka rute Sunter (rute baru) ini Anda akan diajak mengunjungi Mesjid Ramlie Mushofa yang megah berasitektur tionghoa dan dijuluki Taj Mahal Indonesia, ke Vihara Jakarta Dhammacaka- wihara bergaya Thailand terbesar di Jakarta , Kuil India Shri Anandpur Darbar dan yang sangat megah dan "tersembunyi" di dalam komplek perumahan mewah  dan juga   Sadhu Vaswani Center / Pusat Studi aliran Sadhu Vaswani. .   

Itinary : Mesjid Ramlie Mushofa (Taj Mahal Indonesia)- Wihara Jakarta Dhammacaka (Wihara bergaya Thailand terbesar di Jakarta yang terdapat Pohon Bodhi dan juga replika Candi kuno nusantara)- Kuil India Shri Anandpur Darbar yang megah- dan Sadhu Vaswani Center  (Pusat Studi aliran Sadhu)

Itinary : Mesjid Ramlie Mushofa


13. Rute Rute lainnya 

Di luar agenda Tur reguler tiap akhir pekan , masih banyak berbagai rute Wisata Kreatif  berupa Food Tour (35pilihan rute),  Wisata Bhineka (4 pilihan rute), Wisata Warisan Ahok (3 pilihan rute), Wisata Ceria Keluarga (2 rute) dan Wisata Taman  & Pemakaman (4 rute),  yang bisa dipilih untuk booking grup / private untuk waktu kapan saja, dengan pilihan sebagai berikut.
  
Ikuti juga Instagram / Fanpage @wisatakreatifjakarta dan @jakartafoodtraveler untuk dapatkan update Tur tur kami: 




Komentar

Contact Us via Whatsapp