NqxdMatcMWtdLWJ7LWt5MGJ7MDcsynIkynwdxn1c
Agenda Februari Wisata Kreatif Jakarta

Agenda Februari Wisata Kreatif Jakarta

*Agenda Bulan Januari 2019 : Wisata Kreatif Jakarta & Jakarta Food Traveler*


Rekan Rekan Travelers,

Selamat datang bulan Februari yang identik dengan cina kasih! 
Di bulan Februari yang sekaligus jelang Imlek,  Agenda Wisata Kreatif Jakarta/ Jakarta Food Traveler di bulan ini memilih tema :  SPECIAL IMLEK MONTH & ALL ABOUT CHINESE HERITAGE , dimana  Anda akan diajak eskplor berbagai kawasan di Jakarta yang memiliki pengaruh dan peninggalan budaya Cina yang kuat. 

Selain itu di bulan ini ada 5  rute baru (Food Tour  New China Town/ Ps Baru, Food Tour Vege Town/ Jelambar, Food Tour Lakeside Town/ Sunter, dan Food Tour Singapore Town/ Kelapa Gading, Food Tour Bandung China Town) lalu ada juga 4 Spesial Tur (Food Tour Old China Town Special Imlek , Food Tour Bogor China Town Spesial Cap Go Meh, Wisata Bhineka Special Imlek Keliling Klenteng Tua dan Special Picnic Tour 2nd Anniversary Jakarta Food Traveler  ) dan juga Spesial Tur Lombok + Festival Bau Nyale.


Berikut rincian 15 rute yang bisa Anda pilih , dengan rincian sbb

1. Food Tour Old China Town Spesial Imlek- Glodok (Sabtu 2 Feb 09.00- 13.00 & Selasa 5 Feb 08.00 - 12.00  ) 






    Glodok adalah salah satu kawasan pecinan (China Town) tertua di Indonesia yang sudah berusia lebih dari 4 abad. Di kawasan ini pula, setiap jelang Tahun Baru Imlek dipadati orang orang Tionghoa yang berbelanja kebutuhan Imlek. Di Food Tour China Town ini, Anda akan diajak blusukan kawasan Petak Sembilan untuk melihat kemeriahan jelang Imlek dan juga jelajah berbagai pengaruh budaya Cina, dari mulai mengunjungi Kedai Kopi tertua di Jakarta yang sudah berusia hampir 1 abad, menikmati Teh di Pantjoran Tea House bangunan kuno yang punya interior Cina nan indah mempesona, mengunjungi supermarket bahan baku masakan Tionghoa yang sudah berusia satu abad, hingga mencicipi aneka jajanan khas di kawasan yang juga dikenal sebagai Surga Kuliner ini.

    Itinary :  Menikmati Teh di Pantjoran Tea House  – Deretan Toko Obat Tradisional Cina – Kedai Es Kopi Tak Kie (tutup saat hari Imlek) – Mengunjungi Toko Toko Permen/ Coklat khas Glodok -  Melihat kemeriahan Jelang Imlek di Pasar Traditional Petak Sembilan – Supermarket Bahan bahan baku Masakan Cina –Vihara Dharma Bakti  / Klenteng yang sudah berusia 400 tahun– Gereja St Maria de Fatima/ Gereja berasitektur Cina – Kulliner Gang Kali Mati – Warung Vegetarian Koh Handi - Kedai Mie Belitung Legendaris

Meeting Point : Pantjoran Tea House

2.  Food Tour New China Town - Ps Baru 2  (Minggu 10 Feb 09.00 - 13.00 & Sabtu 23 Februari 09.00 - 13.00 ) 






Sejak jaman kolonial Belanda, sebelum kawasan Pasar Baru dihuni oleh banyak komunitas orang India , kawasan ini lebih dahulu dihuni oleh orang orang Tionghoa. Di rute New China Town Anda akan diajak jelajah peninggalan pecinan (China Town) di kawasan Pasar Baru, dari mulai mengunjungi Klenteng yang berusia 4 abad, toko klontong yang berusia 2,5 abad, mesjid  Lao Tze yang berasitektur Tionghoa hingga jelalah aneka kuliner Legendaris khas Pasar Baru seperti Bakmi Gang Kelinci , Resto Es Krim Tropic  hingga Kue Bantal Koh Atek. 

Itinary : Galeri Foto Antara - Gedung Toko Kompak - Resto Es Krim Tropic Legendaris- Toko Klontong Lie Ie Seng yang sudah berusia 2,5 abad-  Cakwe/ Kue Bantal Legendaris Koh Atek - Bakmi Gang Kelinci - Klenteng Sin Tek Bio yang sudah berusia 4 abad- Toge Goreng Legendaris Pasar Baru - Mesjid Lao Tze yang berasitektur Tionghoa (tutup hari Sabtu, hanya bisa di bagian depan).

Meeting Point : Galeri Foto Antara, Ps Baru


3.  Food Tour Lakeside Town - Sunter *rute baru* (Minggu 3 Feb 09.00 - 13.00 & Sabtu 16 Feb 09.00 - 13.00)










Kawasan Sunter merupakan satu satunya kawasan di Jakarta yang keberadaannya dikelilingi oleh Danau Danau cantik. Dalam rute ini, Anda akan diajak jelajah kawasan kota tepi danau, dari mulai mengunjungi Mesjid Ramlie Mushofa yang berasitektur Tionghoa nan megah dan dijuluki Taj Mahal Indonesia, melihat Kampung Warna Warni Sunter dari tepi danau - menikmati danau Sunter yang cantik sambil naik sampan/perahu bebek-bebekan, hingga menikmati kuliner paling hits di kawasan Danau Sunter  .

📍Itinary : Masjid Ramlee Mushofa / Taj Mahal Indonesia, yang berasitektur Cina nan Megah - Soto dan Sate Maranggi paling hits di Sunter - Menyusuri Tepi Danau Sunter yang cantik dan Melihat Kampung Warna Warni- Mungunjungi Pizzaria Cavales- resto pizza paling hits di Sunter yg terkenal dg kreasi kreasi pizza yang "nyeni" (Art Pizza) -Resto Indian Namaste , salah satu resto indian paling hits di Jakarta-  Naik Sampan / Bebek di Danau- Menikmati Seafood Tepi Danau Sunter.  Bonus Es Krim India di Resto Namaste.

Mepo : Mesjid Ramlie Mushofa

4.  Food Tour Vege Town - Jelambar *rute baru* (Minggu 3 Feb 15.30 - 19.30 - Minggu 17 Feb 15.30 - 19.30)








Apakah Anda sudah pernah eksplor Taman RPTRA Kalijodo yang jadi ikon baru Jakarta? Dan sudahkah Anda tahu di kawasan Jelambar terdapat begitu banyak kuliner Vegetarian yang unik.   Di rute Vege Town ini, Anda akan diajak eksplor ragam kuliner Vegearian, dari mulai Nasi Padang, Sate , Soto, Steak yang kesemua terbuat dari bahan nabati. 

Itinary : RPTRA Kalijodo +Skate Park publik pertama di Indonesia - Es Kopi Kalijodo - Klenteng/ Wihara Satrya Dharma & Mesjid Nurul Falah yang lokasinya berdampingan- Makam Pangeran Jaya Wijaya - Jelajah Jajanan Vegetaria- Roti Cafe Vegetarian Homemade Kedai Achin Vegetarian menikmati ragam kuliner nusantara seperti Sate , Soto dll dalam versi Vegetarian - Warung Nasi Padang Nammy House

Meeting Point : RPTRA Kalijodo


6.  Food Tour Baywalk Town - PIK  (Sabtu 9 Feb 09.00 - 13.00 - Minggu 24 Feb 09.00 - 13.00 )





Sudah pernah ke kawasan Taman Mangrove di Pantai Indah Kapuk? atau berkunjung ke  gedung Tzu Chi Center, yang merupakan pusat Budha Tzu Chi terbesar di dunia ? Di Food Tour Baywalk Town ini, Anda akan diajak jelajah kekayaan budaya dan kuliner di kawasan pesisir utara Jakarta yang baru berkembang sekitar 20 tahun terakhir.  Anda juga akan diajak jelajah kuliner di Fresh Market yang sangat dikenal sebagai Pasar Tradisional yang buka sepanjang hari dan malam dan banyak menjual kuliner khas Vegetarian dan aneka kuliner khas Medan dan Pontianak. 

Itinary : Tzu Chi Center (Pusat Tzu Chi terbesar di Dunia) - Kedai Kafe Tzu Chi Taman Mangrove (bagian depan di kawasan Mesjid) - Jelajah Kuliner Khas Fresh Market icip icip kuliner khas Medan dan Pontianak - Kedai Kopi paling Hits di PIK


Mepo : Tzu Chi Center


7 . Food Tour Mester Town - Jatinegara (Sabtu 9 Feb 15.30 - 19.30 - Minggu 24 Feb 15.30 - 19.30)





Tahukah Anda kawasan Jatinegara adalah salah satu kawasan Bhineka dimana begitu banyak pengaruh budaya nusantara dan asing disini? Tahukah Anda kalau Pasar Rawa Bening adalah pusat batu akik terbesar di Asia Tenggara? Dan sudahkah Anda mengujungi Museum Benyamin S sang seniman legendaris Betawi yang belum lama diresmikan?

Itinary: Stat KA Jatinegara - Museum Benyamin Suaeb + Taman Benyamin Suaeb - Klenteng Shia Djin Kong - Pasar Rawa Bening/Pusat Batu Akik terbesar di AsiaTenggara - Ayam Goreng Legendaris Ibu Haji - Kedai Kopi Aceh - Penggilingan Kopi Legendaris Sedan -  Pasar Loak Jatinegara - Pasar Hewan Jatinegara - Pusat Kaset Bekas - Gereja Koinonia (bagian depan)+ Monumen Jatinegara - Gado Gado & Mie Selat Jatinegara yang legendaris (tutup hari Minggu). 

Mepo : Stat. KA Jatinegara

8. Food Tour Tangkiwood Town - Mangga Besar (Minggu 10 Feb 15.30 -19.30  & Minggu 24 Feb jam 15.30 - 19.30)






Kawasan Mangga Besar dikenal sebagai surga hiburan malam dan juga Surga Kuliner  Di Food Tour Tangkiwood Town , Anda akan diajak bernostalgia untuk mengunjungi kawasan Tangkiwood  (plesetan dari Hollywood) yang dari kawasan inilah muncul banyak bintang hiburan nasional seperti Bing Slamet hingga Laela Sari. Selain itu Anda juga akan diajak jelajah kuliner dari mulai kuliner Ekstrim hingga ke Pusat Duren Mangga Besar. 

Itinary : Kedai Kong Djie Kopi  - Bubur Kacang Ijo Legendaris -  Vihara / Klenteng Avalokitesvara – Tangkiwood / Lokasari  Mall– Kampung Tangki – Rumah Alm. H. Laela Sari- Toko Roti Henis yang Legendaris  - Deretan Kuliner Ekstrim Mangga Besar (Ular Kobra  dll) – Pusat Duren Mangga Besar – Resto Vietnam  yang dikenal karena menu Kwetiaw Sapi (Pho) terenak di Jakarta. 

Meeting point : Kedai Kong Djie Kopi, Jl. Raya Mangga Besar


9.  Food Tour Singapore Town - Klp Gading (Minggu 17 Feb 15.30 - 19.30 - Sabtu 23 Feb 15.30 - 19.30)










Tahukah Anda , kawasan Kelapa Gading yang sangat terkenal sebagai Pusat Kuliner dan Belanja juga dijuluki sebagai Mini Singapore-nya Jakarta? Di rute ini Anda akan diajak kawasan yang juga dikenal sebagai Kepala Naga ini untuk eksplor ragam kuliner yang unik dari mulai Bakmi Jempol legendaris Kelapa Gading , Kedai Kopi Jonie yang sering dikunjungi Hotman Paris dan teman teman artis nya,  melihat infrastruktur kereta LRT yang sebentar lagi akan beroperasi-  hingga Museum Rekor Indonesia (MURI) yang mendokumentasikan berbagai aksi hebat orang Indonesia.

Itinary :  Bakmi Jempol - Bakpau + Kopi Jonie - Martabak OTW - Museum Rekor Indonesia - Jelajah Go Food Festival

Meeting Point :Lobby La Piazza Kelapa Gading


10. Food Tour Tangerang China Town (Sabtu 2 Feb 09.00 - 13.00 & Sabtu 23 Februari jam 09.00 - 13.00)






Kawasan China Town Tangerang dikenal karena komunitas  orang orang Cina Benteng yang sudah ada sejak berabad abad lamanya. Di Food Tour Tangerang China Town ini, Anda akan diajak menjelajahi kekayaan pengaruh budaya Tionghoa di Tangerang sekaligus melihat langsung kemeriahan jelang Imlek, mengunjungi klenteng tertua di Tangerang, melihat proses pembuatan Kue Lapis Legit Berkat yang selalu diburu jelang Imlek -  hingga jelajah kuliner di Pasar Lama yang dikenal sebagai kawasan Surga Kuliner.

Itinary :   Stasiun KA Tanggerang - Nasi Uduk Encim Sukaria yang sudah ada sejak tahun 60an – Penggilingan Kopi Jadul - Susur Sungai Cisadane / Cisadane Flying Deck  -Rumah Oey KT (penulis cerita Kungfu legendaris) – Toko Kue Kering/ Lapis Legit Berkat  -  Vihara Boen Tek Bio/ Klenteng Tertua di Tangerang  – Mencicipi Es Bun Tin yang sangat unik - Mesjid Kali Pasir (Mesjid tertua di Tangerang) -  Jelajah Kuliner Peranakan Tionghoa di Pasar Lama -  Museum Benteng Heritage  (optional, tambahan tiket Rp 25.000)
Meeting point : Stasiun KA Tanggerang

11.  Food Tour Bogor China Town (Minggu 3 Feb 09.00 - 13.00) + Food Tour Bogor China Town Special Cap Go Meh Festival (Selasa 19 Feb jam 13.00 - 17.00)



Kawasan Suryakencana Bogor, sudah berabad abad dikenal sebagai kawasan pecinan di kota Bogor. Di kawasan yang juga dikenal sebagai Surga Kuliner ini, bisa dilihat jejak pengaruh kuat budaya Cina, dari mulai terdapatnya Klenteng yang sudah berusia berabad abad, deretan toko toko tua yang dimiliki orang orang Cina dsb. Di Food Tour China Town Bogor ini, Anda akan diajak menjelajahi  kekayaan budaya orang orang “Sunda  Tionghoa”  yang unik,  sambil melihat langsung kemeriahan jelang suasana Imlek dan tentu saja jelalah kuliner jadul khas kawasan Surken (Surya Kencana).
Itinary : Vihara  Dhanagun yang sudah berusia 4 abad– Jelajah Jajanan Khas Bogor @ Jl. Suryakencana – Mengunjungi Deretan Toko Toko Klontong Jadul yang dimiliki orang Peranakan Tionghoa – Menikmati Toge Goreng resep orisinil di Restoran Kentjana (Restoran Sunda – Tionghoa) yang terkenal dengan masakan peranakan Sunda Tionghoa - Jelajah Kuliner Jadul Gang Aut (Es Bir Kotjok, Dodongkal,  Asinan Jagung dll)  - Bonus :  Kampung Mural + Pulau Geulis (khusus khusus Minggu 3 Feb)

12. Food Tour Bandung China Town (Sabtu 9 Feb 10.00 - 14.00)






Apakah Anda sudah pernah jelajahi Kawasan Pecinan Bandung yang juga sudah ada ratusan tahun? Di tur ini Anda akan diajak blusukan kota Cina di kota kembang untuk jelajahi ragam kuliner dan budaya, dari mulai mengunjungi Pabrik Kopi Aroma Legendaris, Mesjid berasitektur Cina, hingga Kedai Kopi Purnama yang sudah berusia hampir 1 abad.

Itinary : Stat KA Bandung - Jelajah Alun Alun - Mesjid Al Imtizaj (Lao Tze) yang berasitektur Cina - Penjara Banceuy - Pabrik Kopi Legendaris Aroma- Jelajah Toko Klontong Jadul - Kedai Kopi Purnama yang sudah berusia hampir satu abad - Museum Bandung China Town (optional, tambahan tiket Rp 20.000)

Mepo : Stat KA Bandung

13. Wisata Bhineka Cilincing (Sabtu 2 Feb 15.30 - 19.30 -  Minggu 17 Feb 15.30 - 19.30)







Wisata Bhineka adalah Wisata Rumah Ibadah Lintas Agama yang bertujuan utk Membangun Toleransi dan Kebhinekaan. Dalam Wisata Bhineka ini , Anda akan diajak jelajah rumah rumah ibadah di kawasan Cilincing yang juga dijuluki Kampung Bhineka karena masyarakatnya yang begitu harmonis di tengah keberagaman yang ada sejak ratusan tahun. Di kawasan Cilincing, hanya dalam radius 1 Km terdapat 4 rumah ibadah lintas agama. 


📌 Destinasi : Wihara Lalitavistara yg sudah berusia 3 abad - Rumah Abu + Pagoda Cilincing - Krematorium / Tempat Pembakaran Mayat terbesar di Jakarta - Pura Segara (satu satunya Pura di Jabodetabek yg terletak di tepi laut) - Kp Nelayan Cilincing- Mesjid Al Alam Cilincing yg sudh berusia 3 abad-  Menikmati Senja di Pantai Cilincing



📌 Mepo : Wihara Lalitavistara 



14.  Wisata Bhineka Special Imlek Keliling Klenteng Kuno   (Selasa 5 Februari Jam 12.30 - 18.30)







Menyambut Hari Imlek, Wisata Kreatif Jakarta mengajak Anda untuk berwisata keliling Klenteng Klenteng kuno nan indah berusia 4 abad yang mempunyai keunikan dan sejarah penting di berbagai kawasan Jakarta  dari mulai kawasan Glodok, Ancol, hingga Cilincing. 

Itinary : Klenteng Dharma Bakti/ Jin De Yuan + Klenteng Taosebio Glodok yang setiap tahun menjadi pusat perayaan Imlek di Jakarta  - Klenteng Sin Tek Bio Pasar Baru yang memiliki Patung Budha tersenyum raksasa  - Klenteng Bahtera Bakti Ancol/ Klenteng Nyai Ronggeng peninggalan Laksamana Ceng Ho- Klenteng/ Wihara Lalitavistara Cilincing yang memiliki stupa miniatur Borobodur

BONUS : Gereja Katolik Santa Maria de Fatima yang berasitektur Cina + Pantai Nelayan Cilincing

Mepo : Pantjoran Tea House

Harga Tur : Rp 175.000 /orang (diskon 10 persen untuk pembayaran sebelum tanggal 3 Februari) sdh termasuk Transport naik mobil/ elf. 

15.  Special Picnic tour 2nd Anniversary Jakarta Food Traveler  (Taman Langsat ) *FREE)





Menyambut Ulang Tahun ke 2 Jakarta Food Traveler dan Ulang Tahun 1 Wisata Kreatif Jakarta, Anda akan diajak mengikuti Picnic Tour jelajah Taman taman Cantik di Kebayoran, dari mulai Taman Ayodya hingga Taman Langsat yang begitu asri seperti Hutan dalam kota. Picnic Tour ini akan diikuti juga dengan Gathering dan Ramah tamah bersama komunitas Wisata Kreatif Jakarta dan para Tim Guide yang selama menemani Tur Anda. 


16.  Special Tour Lombok + Festival Bau Nyale (19-21 Februari 2019)

Pulau Lombok di Provinsi Nusa Tenggara Barat setahun sekali merayakan tradisi kuno Bau Nyale , sebuah festival rakyat untuk menangkap cacing laut Nyale dimana masyarakat berduyun-duyun ke laut untuk menangkap makhluk langka ini yang hanya muncul setahun sekali.

Bau dalam bahasa Lombok berarti "menangkap" dan Nyale adalah sejenis cacing laut yang hanya muncul di waktu tertentu  Karena itu, Bau Nyale adalah upacara meriah dimana banyak orang menangkap Nyale di sepanjang sejumlah pantai terbaik di Lombok. Bagi orang-orang di pulau Lombok yang indah, Festival Bau Nyale adalah tradisi kuno yang terkait erat dengan legenda Putri Mandalika. Bersamaan rangkaian Festival ini, juga diadakan pemilihan Putri Mandalika .  

Dalam Spesial Tur Lombok + Festival Bau Nyale ini Anda akan diajak untuk jelajah keindahan alam dan budaya Lombok dan tentu saja untuk menyaksikan langsung tradisi unik tahunan masyarakat Lombok yang hanya ada setahun sekali. 











Meeting Point : Bandara Lombok 19 Februari jam 8.00
ITINERARY
HARI PERTAMA  :  Penjemputan kebandara -- Desa Tenun Sukarara - Desa Gerabah Banyumulek - Kampung Adat Sade - Gili Trawangan - Pantai Kuta melihat persiapan Festival Bau Nyale - Check in Hotel

HARI KEDUA : Melihat Festival Bau Nyale - Bukit Malimbu - Tanjung Aan - Bukit Merese
HARI KETIGA  : Kota Tua Ampenan - Islamic Center - Pura Lingsar - Belanja oleh-oleh -  Transfer bandara (jam 2 siang).

Harga Tur : Rp 1.300. 000 / orang . Minimal peserta 2 orang bisa jalan. 

TERMASUK : Transport selama Tur, Hotel (bintang 2 ) , Makan Siang/ Malam dan Guide Lokal
TIDAK TERMASUK : Tiket Pesawat , Biaya keperluan pribadi

17. Rute Rute lainnya 


Di luar agenda Tur reguler tiap akhir pekan , masih banyak berbagai rute Wisata Kreatif  berupa Food Tour (35pilihan rute),  Wisata Bhineka (4 pilihan rute), Wisata Warisan Ahok (3 pilihan rute), Wisata Ceria Keluarga (2 rute) dan Wisata Taman  & Pemakaman (4 rute),  yang bisa dipilih untuk booking grup / private untuk waktu kapan saja, dengan pilihan sebagai berikut.
  
Ikuti juga Instagram / Fanpage @wisatakreatifjakarta dan @jakartafoodtraveler untuk dapatkan update Tur tur kami: 
:






Komentar

Contact Us via Whatsapp