NqxdMatcMWtdLWJ7LWt5MGJ7MDcsynIkynwdxn1c
Agenda Wisata Kreatif Jakarta Bulan November

Agenda Wisata Kreatif Jakarta Bulan November

Agenda Wisata Kreatif Jakarta/ Jakarta Food Traveler bulan Oktober 2018  : 

"Heroes in Our Life"




Hi Travelers, 

Selamat datang bulan November, yang identik dengan peringatan Hari Pahlawan ini. Di bulan ini,  Wisata Kreatif Jakarta/ Jakarta Food Traveler menawarkan beragam pilihan tur berjalan kaki (Walking Tours) dengan tema : HEROES IN OUR LIFE, dimana kita akan mengeksplor berbagai kawasan sambil mengingat kembali jasa jasa para "pahlawan" di sekitar kita, termasuk mengunjungi beberapa museum dan pusara para pahlawan untuk mengenang jasa jasa mereka.   

Di bulan November ini  juga ada rute baru  Food Tour yaitu Bogor Dutch Town dan Bogor Arab Village . Juga ada Special Tur yaitu Food Tour Belitung. 

Jadwal Tur reguler setiap hari Sabtu dan Minggu sesi pagi dan sore. Harga Tur Rp 60.000/ orang untuk semua rute (TIDAK termasuk makan/ minum) kecuali Food Tour Belitung.
RSVP 0812 9822 9129, info detail di www.wisatakreatifjakarta.com , IG / fanpage @wisatakreatifjakarta / @jakartafoodtraveler .


Berikut ini jadwal lengkapnya :

1. Food Tour  Haji Village - Pondok Gede (Sabtu 3 Nov 9.00 WIB & Minggu 11 Nov 15.30 WIB )






Apakah Anda sudah pernah berkunjung ke Museum Lubang Buaya dan berkunjung ke prasasti para Pahlawan Revolusi? Masih dalam peringatan Hari Pahlawan,  Anda akan diajak mengunjungi Museum Lubang Buaya, sekaligus eskplor kawasan Pondok Gede yang dikenal sebagai kawasan Asrama Haji dan berkunjung ke dalam kawasan Asrama Haji melihat Replika Ka'bah dan replika Maqam (tugu peringatan) tapak kaki Nabi Ibrahim, dan tenu juga diajak mencicipi kuliner khas hits kekinian di kawasan Pondok Gede, dari mulai Tongseng hingga Bakso Roket dengan level pedas . 

Itinary : Jelajah Toko Oleh Oleh Khas Umroh & Haji - Asrama Haji Pondok Gede- Kedai Tongseng terenak di Pondok Gede- Bakso Roket Level Pedas -  Museum dan Monumen Pancasila Lubang Buaya


Meeting Point : Halte Busway Pinang Ranti

2. Food Tour Superhero Town - Kalibata (Sabtu 3 Nov 09.00 WIB & Sabtu 10 Nov 15.30 WIB)





Kawasan Kalibata identik dengan "Pahlawan" karena disini ada Taman Makam Pahlawan Kalibata tempat bersemayamnya para pahlawan nasional. Di Food Tour Superhero Town, Anda akan diajak mengunjungi pusara para pahlawan untuk mengenang kembali jasa jasa mereka , hingga diajak untuk berkunjung ke markas  Slank di Gang Potlot. Bagi para penggemarnya, grup musik SLANK juga adalah seperti superhero. 

Itinary : Taman Makam Pahlawan Kalibata - Taman Rusa TMP - - Pusat Mainan Kayu Legendaris - Markas SLANK & Warung Slank  - Kue Pancong Lumer Kalibata - Pusat Kuliner Kalibata/ Pecel Pincuk Alex - Pusat Duren Kalibata

Meeting Point : Taman Makam Pahlawan Kalibata

3. Food Tour Portuguese Village - Kp Tugu  + Spesial Festival Tugu (Minggu 4 Nov  & Minggu 11 Nov 09.00 WIB)







Tahukah Anda, di utara Jakarta ada sebuah Kampung yang kental dengan pengaruh budaya Portugis, dan juga dikenal sebagai Kampung Betawi Kristen yang sudah ada sejak berabad abad lalu. Di Kampung Tugu inilah, tempat cikal bakal munculnya Musik Kroncong yang sekarang menjadi musik nasional Indonesia dan juga kuliner Gado Gado yang kini telah menjadi kuliner khas Betawi yang  juga mudah didapati di berbagai pelosok Indonesia. 

    Itinary: Gereja Tugu - Kampung Betawi Kristen - Rumah Tua Tugu yg berusia 200 tahun - Markas Kroncong Tugu - Icip Icip Penganan Khas Kampung Tugu + Melihat perayaan Festival Tugu
      
     Meeting Point : Gereja Tugu (Jl. Raya Tugu)

    Seperti apa keunikan budaya Kampung Tugu? bisa disimak sekilas  videonya disini 

    
4. Food Tour Merdeka Town - Pegangsaan (Minggu 4 Nov 15.30 WIB & Sabtu 10 Nov 09.00 WIB)








Apakah Anda sudah pernah berkunjung ke Tugu Proklamasi yang punya sejarah penting dalam peristiwa kemerdekaan Indonesia? Dalam tur ini, Anda akan diajak untuk mengunjungi Taman Tugu Proklamasi, serta spot spot bersejarah yang punya kisah menarik seperti Bioskop Megaria yang dahulu sering dikunjungi Presiden Soekarno, berkunjung ke Pempek Megaria dan Bubur Cikini (Burcik) yang legendaris, hingga berkunjung ke Rumah Ahmad Subardjo (Menteri Luar Negri Pertama RI) yang dahulu rumahnya dipakai sebagai kantor Deplu pertama kali. 

Itinary : Monumen Proklamasi – Kafe Perdjuangan – Melintas di Kafe de Proklamasi - Bioskop Legendaris Megaria – Pempek Legendaris Megaria – Pasar Antik Surabaya – Kantor DPP Golkar  (Kafe Paradigma & Toko Mudah  ) – Bubur Cikini – Rumah Ahmad Subarjo (Kantor Deplu RI pertama kali) – Warung Ampera


Meeting Point : Taman Tugu Proklamasi (Jl. Proklamasi) 


5. Food Tour Boplo Town - Gondangdia (Sabtu 17 Nov & Sabtu 24 Nov 09.00 WIB






Apakah Anda tahu asal usul kata Boplo? Tahukah Anda di kawasan Gondangdia, juga    banyak peninggalan Belanda, dari mulai bangunan yang sekarang menjadi Resto Tugu Kunskring hingga Mesjid Cut Mutia. Di Food Tour Gondangdia ini, Anda akan diajak menjelajah kawasan Gondangdia yang teduh dan kaya akan kuliner khas jadul  (Kedai Roti Lauw ) hingga kuliner kekinian.

Itinary : Museum Joang 45 - Mesjid Cut Mutia/ Eks Kantor Boplo - Tugu Kunskring Galery / Resto bintang lima dengan konsep Galeri  - Pasar Gondangdia + Kedai Jamu Jadul yang pernah dikunjungi Jokowi - Toko Roti Legendaris Lauw – Warung Kopi Phoenam yang legendaris yang telah berdiri sejak tahun 1946 - Rujak Cingur Pak Hadi  yang sudah ada sejak tahun 70an- Sup Buntut Gondangdia / cikal bakal dari Sup Buntut Borobodur dengan daging merah khas yang khas.

Meeting Point : Museum Joang 45, Menteng. Jl. Menteng Raya no. 31, Jakpus


6. Food Tour Garden City - Menteng (Minggu 18 Nov  & Minggu 25 Nov 09.00 WIB)






Tahukah Anda, kawasan Menteng adalah Kota Taman Pertama di Indonesia yang dibangun di zaman kolonial Belanda? di Kawasan Menteng yang sekarang dikenal sebagai kawasan Ring 1 karena banyak ditinggali para pejabat tinggi negara ini terdapat beberapa taman luas nan asri yang dibangun pemerintah Belanda. Di Food Tour Garden City, Anda akan diajak menyusuri kawasan elit yang asri nan teduh  , mengunjungi Sekolah  Obama hingga mampir ke spot kuliner yang menjadi langganan para pejabat dan sosialita.

Itinary : Museum Perumusan Naskah Proklamasi - Gereja Ayam/ GPIB Paulus yang dibangun sejak zaman  Belanda - Taman Patung Diponegoro - Sekolah Obama - Taman Surapati yang sudah ada sejak zaman Belanda - Taman Lembang & Mencicipi Es Doger - Rumah Cendana Keluarga Soeharto (hanya mampir di halaman) - Bakso Cendana -  Martha Cake Shop langganan para sosialitas/ pejabat - Resto Tugu Kunskring, restoran kelas bintang lima yang berdiri di bangunan zaman Belanda. 

 Meeting Point : Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Jl. Imam         Bonjol no. 1

7. Food Tour Kweetang AADC - Kwitang (Minggu 18 Nov & Sabtu 24 Nov 15.30 WIB)





Kawasan Kwitang adalah salah satu surga kuliner legendaris di Jakarta.  Di Food Tour Kwitang ini , Anda akan diajak jelajah Pasar Kue Subuh Senen yang merupakan pasar khusus kue terbesar di Jakarta, kawasan Pusat Nasi Kapau terbesar di Jakarta, hingga bernostalgia di Pasar Buku Kwitang yang di era kejayaannya merupakan pusat buku bekas terbesar di Asia Tenggara. Di tempat ini pula menjadi lokasi syuting film Ada Apa Dengan Cinta yang fenomenal.

Itinary : Museum Sumpah Pemuda - Toko Roti Jadul Maison Weiner/ Toko Roti modern pertama di Batavia  -  Pusat Buku Kwitang / Pusat Buku Bekas terbesar di Asia Tenggara di tahun 70an yang juga pernah jadi lokasi Syuting film AADC/ Ada Apa Dengan Cinta- Pasar Kue Subuh  Senen yang merupakan Pasar Kue terbesar di Jakarta- Pusat Nasi Kapau Kwitang - Coto Makasar Samsul Daeng yang sudah pernah diundang ke Istana Presiden. 

Meeting Point : Museum Sumpah Pemuda, Jl. Kramat Raya 106, Kwitang

8 . Food Tour Bogor Dutch Town (Sabtu 17 Nov & Minggu 25 Nov 09.00 WIB) * 






Bogor (Biutenzorg) adalah Kota yang memiliki begitu banyak peninggalan historis kolonial Belanda yang fenomenal, dari mulai Kebun Raya  Bogor yang merupakan Kebun Raya pertama dan terbesar di Asia Tenggara, Istana Gubernur Jendral yang kini menjadi kediaman Presiden Jokowi, dll . 

Dalam Food Tour Bogor Dutch Town ini, Anda akan diajak jelajahi pernak pernik Dutch Heritage, termasuk jelajahi Kebun Raya dan mengunjungi Kafe di tengah kebun yang pernah dikunjungi Obama, hingga icip icip penganan khas Belanda (poffertjes, bitterbalen, oenbikoek dll). 

Itinary : Stasiun Bogor - Gereja Katedral Bogor - Kantor Walikota Bogor + Titik Nol Bogor  - Hotel Salak Heritage + Dutch Cafe - Jelajah Kebun Raya Bogor + Halaman Istana Bogor+ Komplek Makam Kuno Belanda + Kafe Grand Garden (Kafe di tengah tengah kebun raya yang pernah dikunjungi Obama) + - Taman Kencana -  Kafe Makaroni Panggang 

Meeting Point  : Station Bogor 
* Harga Tur tidak termasuk tiket masuk Kebun Raya Bogor Rp 15.000/ orang

9. Food Tour Bogor Arab Village (Sabtu 17 Nov & Minggu 25 Nov 15.30 WIB)








Taukah Anda, di kota Bogor terdapat Kampung Arab yang sangat unik berlokasi di kawasan Kampung Empang. Di kampung Arab ini terdapat pusat oleh oleh khas Arab, deretan toko parfum khas Arab, dan berbagai kedai kuliner khas Arab hingga makam Raden Saleh- sang maestro pelukis keturunan Jawa-Arab yang namanya mendunia. Di Food Tour Bogor Arab Village ini Anda akan diajak jelajahi pernak pernik budaya khas warga etnis Arab di kota hujan. 

Itinary : Jelajah Pusat  Oleh Oleh Khas Arab sepanjang Jl. Raden Saleh - Deretan Toko Parfum khas Arab-  Kedai Giant Kebab - Mesjid Keramat Emapang- Mencicipi Roti Jala & Samosa hommemade di Ka Nung Bakery ( Toko Roti dan produsen kuliner Arab frozen terbesar di Bogor) - Cagar Budaya Makam Raden Saleh - Kafe Jadul 

Meeting Point : Station Bogor

10. Food Tour Little India - Spesial Deepavali (Rabu 7 Nov 15.30 WIB)








Kawasan Pasar Baru Jakarta Pusat, dikenal sebagai pusat komunitas India di sejak abad 19. Jejak pengaruh budaya India di kawasan ini, bisa dilihat dari banyaknya kuil kuil India, restoran restoran India, hingga toko toko yang menjual pakaian khas India. Di Food Tour Little India spesial Deepavali ini,  Anda akan diajak menjelajahi pengaruh budaya India , dari mulai kuliner hingga kekayaan budayanya, termasuk melihat langsung bagaimana komunitas India di Pasar Baru merayakan perayaan Deepavali yang merupakan salah satu perayaan terbesar tahunan.

Itinary :  Gedung Antara –Klinik Pengobatan Tradisional India Taj Mahal - Kuil Hare Kreshna & Kuil Tricakti   - Salon India Heritage + Mencicipi Kudapan Khas India – Supermarket India Shalimar – Jelajah Pasar Baru dan deretan Toko Toko Tekstil - Mengunjungi Toko Bollywood, toko pakaian khas India- – Restoran Vegetarian Gokul

Meeting Point : Gedung Foto Antara Ps. Baru 


Kayak gimana keseruan blusukan kawasan Little India di Jakarta? bisa disimak sekilas videonya disini 


11. Park & Cemetery Tour : TPU Petamburan (Minggu 18 Nov  & Sabtu 24 Nov 09.00 WIB)







Di Tur ini, Anda akan diajak jelajah Taman Pemakaman Petamburan yang didalamnya terdapat bangunan kubur/ Mousoleum OG Khouw yang merupakan mousoleum terbesar di Asia Tenggara dan memiliki bunker / ruang bawah tanah yang megah.  Selain itu Anda juga akan diajak untuk jelajah komplek pemakaman Yahudi yang masih tersisa dan juga pemakaman Jepang. 

Itinary : Mausoleum OG Khouw  / Mousoleum terbesar di Asia Tenggara dan melihat hingga ke bagian bunker  - Jelajah Pemakaman Jepang - Jelajah Komplek Pemakaman Yahudi


Meeting Point : Gerbang Utama TPU Petamburan



Ingin tahu seperti apa Wisata jelajah TPU Petamburan? simak sekilas videonya disini

12.  Park & Cemetery Tour : TPU Karet Bivak - Sabtu 10 Nov 08.00 - 10.00 (FREE)






Spesial dalam rangka peringatan Hari Pahlawaan , Anda akan diajak "berwisata" ke  pusara para pahlawan untuk berziarah, mengenang kembali jasa jasa pahlawan, sambil belajar kembali sejarah kisah hidup  mereka. Di TPU Karet Bivak banyak pusara pahlawan seperti Ibu Fatmawati, Husni Thamrin, Ismail Marzuki, hingga pusara sang Pujangga Chairil Anwar yang setiap peringatan Hari Sastra ramai dikunjungi peziarah. 

Itinary  : Berziarah ke makam tempat para pahlawan Nasional dan juga para pesohor nasional yang harum namanya (makam para pahlawan Nasional dan tokoh nasional seperti makam Ibu Fatmawati Soekarno, Ismail Marzuki, MH Thamrin, Chairil Anwar, dll


Meeting Point : Gerbang utama TPU Karet Bivak
Harga Tur : FREE


13. Ahok Legacy Tour  (Minggu 4 Nov & Minggu 11 Nov 15.30 WIB)






Dalam Ahok Legacy Tour , Anda akan diajak melihat berbagai perubahan positif Jakarta terkini, dari mulai berfoto di bawah Simpang Susun Semanggi, Naik Bis TransJakarta & Bis Tingkat Wisata yang mewah, berkunjung ke Pusat Kuliner Lenggang Jakara + Rumah Betawi di kawasan Monas, dan melihat cantiknya Kanal Kali Besar Kota Tua yang di desain menyerupai sungai ChenggyeCheon di Korea Selatan, dan dilanjutkan dengan menonton  pertunjukan Air Mancur Joget di Monas yang biaya renovasinya dibiayai Pak Ahok saat sudah dipenjara (optional).

Itinary : Simpang Susun Semanggi - Naik Bis TransJakarta - Kawasan Lenggang Jakarta @ Monas + Rumah Betawi - Naik Bis Tingkat Wisata - Kali Besar Kota Tua

Meeting Point :  Plaza Semanggi (Maxx Coffee)

14. Special Food Tour  Belitung   (14 - 15 Nov   & 24 - 25 Nov) , meeting point : Bandara HAS Hanadjoeddin Belitung, harga Tur 1.000.000 / orang

Kepulauan Belitung adalah sekeping surga di ujung selatan Sumatera yang kaya akan keindahan alam juga surga kuliner. Belitung kini juga makin populer sebagai tujuan wisata karena film mega box office Laskar Pelangi, termasuk juga keberadaan Kampung Ahok yang hits sebagai tujuan wisata beberapa tahun belakangan. 

Dalam Spesial Food Tour Belitung ini , Anda akan diajak mengeksplor keindahan alami Pulau Belitung, dari mulai Danau Danau Kaolin nan Biru khas kepulauan Belitung, Pantai Tanjung Pandan yang menjadi lokasi syuting Laskar Pelangi dan memiliki batu batuan megalitikum raksasa, hingga destinasi wisata hits kekinian seperti Kampung Laskar Pelangi/ Replika SD Muhammadiyah, Rumah Keong, Museum Kata Andrea Hirata, dan Kampung Ahok. 

Sedangkan untuk jelajah kuliner, Anda akan diajak untuk mengunjungi Belitung Bakery (Toko Roti modern pertama di Belitung), Mie Belitung Atep yang tersohor, Kedai Kopi Kong Djie Legendaris asal Belitung yang telah ada sejak 1943 dan kini sudah menggurita hingga 80 cabang di seluruh indonesia, mencicipi Sup Gangan khas Belitung yang dibuat secara homemade dan melihat langsung proses pembuatannya, berkunjung ke Kampung Manggar yg dikenal sebagai Kampung 1000 Kedai Kopi, hingga berburu kue kue homemade buatan Mama Ahok di Kampung Ahok. 

Dalam Spesial Tur ini, Anda juga akan mendapatkan akomodasi / penginapan di Marina Resort yang mempunyai fasilitas Kolam Renang mewah dan akses pribadi ke Tepi Pantai Tanjung Kelayang. Spesial Tur Belitung ini juga ditawarkan dua pilihan jadwal yang bisa Anda pilih yaitu saat Weekdays (14-15 Nov) dan Weekend (24- 25 Nov).











Highlights Tour : Kampung Laskar Pelangi - Kampung Ahok + Icip Icip Kue Hommemade Buatan Mama Ahok + Kedai Kopi Kong Djie Legendaris + Kampung Manggar (Kampung 1000 Kedai Kopi) + Akomodasi di Marina Resort

Itinary : 
Hari 1 :  Belitung Bakery & Happy Resto (Toko Bakery modern pertama dan paling legendaris di Belitung dan mencicipi Ketam Isi Khas Belitung) - Bakmi Belitung Atep  (lunch)+ Kampung Laskar Pelangi + Rumah Keong - Museum Kata Andrea Hirata- Kampung Ahok + Berburu kue kue home made buatan Mama Ahok + Kampung Manggar (Kampung 1000 Kedai Kopi- Sunset di Pantai Laskar Pelangi- Dinner di Resto Seafood Tepi Pantai

Hari 2 :  Bakmi Yamin Achoi Legendaris/ Kedai Vegetarian Hakka - Danau Kaolin Biru Khas Belitung -  Mencicipi Sup Gangan Homemade di Warung Gangan Sari - Kedai Kopi Kong Djie Legendaris - Pusat OLeh Oleh Belitung - Drop Airport (maksimal jam 14.00  ) 

Meeting Point : Bandara Belitung  jam 9.30 pagi

Harga Tur : Rp 1.000.000 tidak termasuk Makan/ Minum selama Tur. 

Include : Tur 2 hari dan Transportasi selama Tur+ Admission Tickets ke semua tempat yang dikunjungi, Penginapan 1 malam di Marina Resort dengan fasilitas Kolam Renang dan akses pribadi ke Tepi Pantai  + Breakfast  (Nasi Lemak Melayu), bonus Welcome drink Coffee di Kong Djie + Pemandu / Tour Guide Lokal asli Belitung. 

Catatan : 
1. Food Tour Belitung ini adalah "Open Trip", dengan syarat minimal peserta. Tur akan berjalan jika peserta yang konfirmasi mencapai minimal 5 orang tiap jadwal. Konfirmasi pembayaran DP 50 %  rek BCA 00 70 258021 a.n Ira Yuniarti Khairiyah paling telat H-6. Sisa pembayaran bisa dilunaskan on the spot. 
2.  Pemberitahuan Tur akan berjalan/ tidak,  akan diberitahukan H-.5. Jika Tur dibatalkan karena kurang kuota  peserta, maka uang akan dikembalikan full. 
3.  Kuota Penginapan (Marina Resort) maksimal 3 orang 1 kamar. 
4. Optional Tour : Jika ingin tambah waktu menginap lebih lama (Extention Stay) plus Extra Tour (Tur dalam kota/ Island Hopping) biaya Rp 650.000 / orang sudah termasuk  tambahan penginapan 1 malam  dan extra tur 1 hari.  Minimal peserta Optional Tur 4 orang, pembayaran bisa langsung on the spot. 
5. Disarankan membeli tiket pesawat setelah mendapat konfirmasi Tur pasti berjalan (H-6 dari jadwal yg dipilih). Dan disarankan membeli tike ke Belitung dengan jadwal tiba sebelum jam 9 pagi, dan tiket pulang dari Belitung dengan jadwal keberangkatan setelah jam 3 sore. 
6. Di luar jadwal Open Trip diatas, Food Tour Belitung juga bisa dilakukan untuk booking grup privat dengan minimal peserta 4 orang.

Lokasi Marina Resort : Marina Resort
Jl. Tj. Pandan - Tj. Kelayang, Kepulauan Bangka Belitung 33414
https://goo.gl/maps/MjZy8fDsFv52


16. Rute Rute yang lainnya


Di luar agenda Tur reguler tiap akhir pekan , masih banyak berbagai rute Wisata Kreatif  berupa Food Tour (30 pilihan rute),  Wisata Bhineka (3 pilihan rute), Wisata Warisan Ahok (3 pilihan rute), Wisata Ceria Keluarga (2 rute) dan Wisata Taman  & Pemakaman (4 rute),  yang bisa dipilih untuk booking grup / private untuk waktu kapan saja, dengan pilihan sebagai berikut : 



Sekilas Video Profil tentang Wisata Kreatif Jakarta/ Jakarta Food Traveler bisa disimak di video berikut









Komentar

Contact Us via Whatsapp