Senin, 02 Juli 2018

Agenda Bulan Juli 2018 - Pengaruh Budaya Asing di Jakarta dan sekitarnya



Hi Travelers 


Selamat datang bulan Juli, Gak kerasa nih kita udah tiba di pertengahan tahun aja. Bagaimana resolusi tahun 2018 Anda sejauh ini? Semoga lancar seperti apa yang sudah pernah direncanakan di awal tahun ini.. 

Di bulan Juli 2018, Wisata Kreatif Jakarta / Jakarta Food Traveler menawarkan beragam agenda wisata dengan Tema bulan ini adalah : Pengaruh berbagai budaya asing di berbagai kawasan Jakarta/ sekitarnya.

Pilihan rutenya adalah : Dutch Town / Old Batavia dan Port of Kalapa di kawasan Kota Tua, China Town di Glodok, New Batavia di Gambir, Little India di Pasar Baru, Little Arab di Cikini, Little Tokyo di Melawai, Portuguese Village di Kampung Tugu.  Selain itu, ada juga pilihan tur di luar Jakarta , yaitu Tangerang China Town Tangerang, Bogor China Town, Depok Dutch Town, dan Bandung Dutch Town.  

Selain itu, di bulan Juli ini juga kembali diadakan agenda Mc Donald’s Kitchen Tour yang juga terbuka untuk anak anak dan dewasa.


Harga Tur Rp 60.000/ orang untuk semua rute (TIDAK termasuk makan/ minum) kecuali  Mc Donald  Kitchen Tour Rp 120.000 untuk 2 orang .
RSVP 0812 9822 9129, info detail di www.wisatakreatifjakarta.com , IG / fanpage @wisatakreatifjakarta / @jakartafoodtraveler . Jadwal Reguler setiap hari Sabtu dan Minggu.


Berikut ini jadwal lengkapnya

 1. CHINA TOWN – Glodok (Sabtu 7 Juli & 21 Juli jam 9 pagi)








      Glodok adalah salah satu kawasan pecinan (China Town) tertua di Indonesia yang sudah berusia lebih dari 4 abad. Di kawasan ini pula, setiap jelang Tahun Baru Imlek dipadati orang orang Tionghoa yang berbelanja kebutuhan Imlek. Di Food Tour China Town ini, Anda akan diajak blusukan kawasan Petak Sembilan untuk melihat berbagai pengaruh budaya Cina, dari mulai mengunuungi Kedai Kopi tertua di Jakarta , supermarket bahan baku masakan Tionghoa yang sudah berusia satu abad, hingga mencicipi aneka jajanan khas di kawasan yang juga dikenal sebagai Surga Kuliner ini.

      Itinary :  Pantjoran Tea House – Deretan Toko Obat Tradisional Cina – Kedai Es Kopi Tak Kie – Pasar Traditional Petak Sembilan – Supermarket Bahan bahan baku Masakan Cina –Vihara Dharma Bakti  / Klenteng yang sudah berusia 400 tahun– Gereja St Maria de Fatima/ Gereja berasitektur Cina – Kulliner Gang Kali Mati – Warung Vegetarian Koh Handi - Kedai Mie Belitung

Meeting Point : Pantjoran Tea House

2. DUTCH TOWN – Old Batavia  (Minggu 8 Juli  jam 9 pagi &  Minggu 29 Juli jam 15.30 sore) 







Kawasan Kota Tua/ Fatahillah adalah kawasan yang paling ramai dikunjungi oleh wisatawan asing di Jakarta. Di kawasan ini pula, begitu banyak peninggalan sejarah dari zaman kolonial Belanda. Di Food Tour Dutch Town ini, Anda akan diajak menjelajah kekayaan sejarah peninggalan Belanda, dari mulai mengunjungi Stasiun terbesar di Asia Tenggara (di awal abad 20 ), mengunjungi jembatan yang sudah berusia 400 tahun, hingga mencicipi penganan khas Belanda di kafe paling tersohor di kawasan Kota Tua. Dan Anda akan juga diajak melihat wujud cantiknya Kanal Kali Besar Kota Tua yang di desain menyerupai sungai ChenggyeCheon di Korea Selatan, yang diinisiasi oleh Mantan Gubernur Basuki Tjahaya Purnama. 

Itinary : Stasion Kota/ Beos - Stasiun KA tertua di Jakarta, RM Padang Merdeka yang punya interior Nasionalisme - Lapangan Fatahillah / Fatahillah Square - Kantor Pos Fatahillah/ Kantor Pos tertua di Jakarta - Kafe Historia & Mencicipi minuman Jadul - Museum Fatahillah yang punya penjara bawah tanah & Mencicipi Kuliner Betawi di Betawi Corner - Melintasi deretan atraksi seniman dan "manusia manusia terbang" di Fatahillah - Pusat Kuliner Taman Kota Intan -  Jembatan Kota Intan yang sudah berusia 400 tahun - Kedai Kopi Compagnie – Kali Besar Kota Tua - Kafe Batavia  (mencicipi Poffertjes / Bitterbalen, penganan khas Belanda)

Meeting Point : Stasion Kota / Beos, Jl. Lada - Pinangsia, Jakarta (depan Starbuck)


Mau tahu sekilas keseruan Food Tour Dutch Town Jakarta, cekidot video singkat ini 

3. NEW BATAVIA  - Gambir  (Sabtu 14 Juli & 21 Juli jam 09.00 )




Selain kawasan Kota Tua, Kawasan Gambir yang dikenal sebagai "New Batavia" juga kaya akan peninggalan sejarah kolonial Belanda, dari mulai bangunan Stasiun Kereta Gambir, Gereja Immanuel dan Gereja Katedral, hingga Gd Volksraad yang sekarang menjadi bagian dari Deplu. Di Food Tour Gambir, Anda akan diajak menjelajah peninggalan Belanda , hingga jelajah kekayaan kuliner di kawasan ini termasuk mengunjugi Kedai Es Krim Ragussa yang legendaris.  Dalam Tur ini, Anda akan juga diajak untuk melihat cantiknya wujud Lapangan Banteng setelah direvitalisasi yang di inisiasi oleh Gubernur Basuki Tjahaya Purnama

Itinary : Jajanan Kelas Dunia @stat Gambir-  Gereja Immanuel  yang sudah ada sejak jaman  Belanda & Cicip Kuliner Khas Manado @Gereja Immanuel  - Gedung Pancasila / Eks Gedung Volksraad - Taman Lapangan Banteng - Mesjid Istiqlal/ Mesjid terbesar no.3 di dunia - Gereja Katedral yang sudah ada sejak jaman Belanda - Berfoto foto di Resto Dapur Baba Elite  yang bernuansa oriental eksotis  - Mampir di Es Krim Italia Ragusa yang sudah berusia hampir 1 abad. 


Meeting Point : Stat Gambir, Jl. Medan Merdeka Timur Jakarta Pusat (depan Alfa Express - Pintu Selatan)


4.  PORT OF KALAPA – Sunda Kelapa  (Minggu 15 Juli & Sabtu 28 Juli jam 15.30 sore)





Tahukah Anda, Pelabuhan Sunda Kelapa punya peran penting dalam perdagangan dunia di abad 16 ?Dan tahukah Anda, pelabuhan Sunda Kelapa adalah spot yang paling instagrammable bagi para turis turis asing yang berkunjung ke Jakarta? Di Food Tour Sunda Kelapa , Anda akan diajak menjelajahi kejayaan VOC yang memajukan kota Batavia hingga dijuluki "The Queen of The East"  , hingga menikmati suasana sekitar pelabuhan Sunda Kelapa yang sangat indah di senja hari. 

Itinary :  Menara Syahbandar / Menara tertinggi di zaman kolonial Belanda - Museum Bahari / Eks Gudang Rempah VOC - Kampung Bahari   & Mencoba Naik Getek - VOC Galangan / VOC Kafe & Ngeteh/ Ngopi Cantik  - Pelabuhan Sunda Kelapa yang sudah berusia 400 th - Resto Marina Batavia yang terletak di pinggir laut & Mencicipi Es Gelatto Hommemade -  Resto Raja Kuring / Resto VOC yang terletak di bangunan VOC Galangan yang sudah berusia 400 tahun

Meeting Point : Menara Syahbandar, Pinangsia, Jakarta Utara


5. LITTLE INDIA – Pasar Baru (Sabtu 7 Juli & 14 Juli jam 15.30 sore )






Kawasan Pasar Baru Jakarta Pusat, dikenal sebagai pusat komunitas India di sejak abad 19. Jejak pengaruh budaya India di kawasan ini, bisa dilihat dari banyaknya kuil kuil India, restoran restoran India, hingga toko toko yang menjual pakaian khas India. Di Food Tour Little India ini, Anda akan diajak menjelajahi pengaruh budaya India , dari mulai kuliner hingga kekayaan budayanya.

Itinary :  Gedung Antara –Klinik Pengobatan Tradisional India Taj Mahal - Kuil Hare Kreshna/ Kuil Tricakti – Kuil Sikh Temple   - Salon India Heritage + Mencicipi Kudapan Khas India – Supermarket India Shalimar – Jelajah Pasar Baru dan deretan Toko Toko Tekstil dan Toko pakaian khas India-  Toko Lie Ie Seng/ Toko Klontong yang sudah berusia 2, 5 abad – Restoran Vegetarian Gokul

Meeting Point : Gedung Foto Antara Ps. Baru 


Kayak gimana keseruan blusukan kawasan Little India di Jakarta? bisa disimak sekilas videonya disini 




6. LITTLE ARAB – Cikini (Minggu 8 Juli & 15 Juli jam 09.00 pagi)






Sudah tahukah Anda, di kawasan Cikini terutama di sepanjang Jalan Raden Saleh kaya akan pengaruh budaya Arab? di kawasan ini pula, sepanjang tahun ramai dikunjungi oleh turis turis dari Jazirah Arab. Di Food Tour Cikini Little Arab ini, Anda akan diajak menjelajahi kekayaan budaya dan kuliner Arab yang sangat khas. 

Itinary :   Taman Ismail Marzuki - Makam Megah Habib Cikini - Rumah Kastil Raden Saleh - Martabak Markobar - Deretan Penjual Kayu Gaharu Kaki Lima - Toko Kayu Gaharu/ Minyak Wangi langganan Turis Arab - Resto Al Basha/ Resto Timur Tengah ala Yordania


Meeting Point : Taman Ismail Marzuki, (depan Planetarium)


Mau tahu bagaimaan keseruan jelajah Litte Arab Cikini? monggo simak video berikut




7.  LITTLE TOKYO – Melawai (Minggu 1 Juli & Sabtu 21 juli jam 15.30 sore)






Tahukah Anda, kawasan Melawai Blok M dikenal sebagai “Little Tokyo" nya Jakarta?  Di Food Tour Little Tokyo , Anda akan diajak mengeksplor budaya dan kuliner di kawasan ini termasuk yang berbau kejepangan. Kita akan berkunjung ke Supermarket yg menjual bahan bahan masakan Jepang dan menjual aneka sushi yg di diskon 50% setelah malam hari, mengunjungi kedai kopi yg terkenal karena film Filosofi Kopi dan dimiliki oleh beberapa artis kenamaan Indonesia, mengunjungi toko bakery/ pastry yg lgsg dibuat oleh Chef Jepang, mengunjungi kedai penjual kopi bubuk di pasar Melawai yg digandrungi orang orang Jepang, mengunjungi pusat kuliner Lesehan khas Melawai, dan Tur akan berakhir di sebuah Resto Jepang autentik. 

Itinary : Taman Sepeda Melawai – Supermarket Papaya & Daisho yang menjual bahan2 baku dan pernak pernik khas Jepang  - Filosofi Kopi – Kedai Kopi Bubuk Tradisional – La Mouette Bakery yang diracik oleh Chef Jepang – Pusat Kuliner Lesehan Blok M Square – Resto Kashiwa  (resto jepang autentik dengan satu harga)

Meeting Point : Taman Sepeda Melawai

Mau tahu bagaimana Keseruan Food Tour Little Tokyo ? bisa dilihat di video berikut 




8. PORTUGUESE VILLAGE Special Ulang Tahun Gereja Tugu  (Minggu 29 Juli jam 09.00)





Tahukah Anda, di utara Jakarta ada sebuah Kampung yang kental dengan pengaruh budaya Portugis, dan juga dikenal sebagai Kampung Betawi Kristen yang sudah ada sejak berabad abad lalu. Di Kampung Tugu inilah, tempat cikal bakal munculnya Musik Kroncong yang sekarang menjadi musik nasional Indonesia dan juga kuliner Gado Gado yang kini telah menjadi kuliner khas Betawi yang  juga mudah didapati di berbagai pelosok Indonesia. 

     Itinary: Gereja Tugu - Kampung Betawi Kristen - Rumah Tua Tugu yg berusia 200 tahun - Markas Kroncong Tugu - Icip Icip Penganan Khas Kampung Tugu + Rumah Pitung Marunda (Optional)
      
     Meeting Point : Gereja Tugu (Jl. Raya Tugu)

    Seperti apa keunikan budaya Kampung Tugu? bisa disimak sekilas  videonya disini 

     

     9. BOGOR CHINA TOWN     (Sabtu 21 Juli, jam 9.30 pagi)






Kawasan Suryakencana Bogor, sudah berabad abad dikenal sebagai kawasan pecinan di kota Bogor. Di kawasan yang juga dikenal sebagai Surga Kuliner ini, bisa dilihat jejak pengaruh kuat budaya Cina, dari mulai terdapatnya Klenteng yang sudah berusia berabad abad, deretan toko toko tua yang dimiliki orang orang Cina dsb. Di Food Tour China Town Bogor ini, Anda akan diajak menjelajahi  kekayaan budaya orang orang “Sunda  Tionghoa”  yang unik sepanjang kawasan Jl.  Suryakencana.

Rute : Stasiun KA Bogor – Vihara  Dhanagun yang sudah berusia 4 abad– Jelajah Jajanan Khas Bogor @ Jl. Suryakencana – Mengunjungi Deretan Toko Toko Klontong Jadul yang dimiliki orang Peranakan Tiongoa – Restoran Kentjana (Restoran Sunda – Tionghoa) yang terkenal dengan masakan peranakan Sunda Tionghoa - Kuliner Jadul Gang Aut (Es Bir Kotjok, Dodongkal dll)  –dan Asinan Gedong Dalem

Meeting point  ; Stasiun KA Bogor

10. TANGERANG CHINA TOWN      (Sabtu 28 Juli, jam 9.30 pagi)





Kawasan China Town Tangerang dikenal karena komunitas  orang orang Cina Benteng yang sudah ada sejak berabad abad lamanya. Di Food Tour Tangerang China Town ini, Anda akan diajak menjelajahi kekayaan pengaruh budaya Tionghoa di Tangerang dari mulai mengunjungi klenteng tertua di kota ini, hingga jelajah kuliner di Pasar Lama yang dikenal sebagai kawasan Surga Kuliner.

Itinary :   Stasiun KA Tanggerang - Nasi Uduk Encim Sukaria yang sudah ada sejak tahun 60an – Penggilingan Kopi Jadul - Susur Sungai Cisadane / Cisadane Flying Deck  -Rumah Oey KT (penulis cerita Kungfu legendaris) – Toko Kue Kering/ Lapis Legit Berkat -  Vihara Boen Tek Bio/ Klenteng Tertua di Tangerang  – Mencicipi Es Bun Tin yang sangat unik - Mesjid Kali Pasir (Mesjid tertua di Tangerang) -  Jelajah Kuliner Peranakan Tionghoa di Pasar Lama -  Museum Benteng Heritage  (optional, tambahan tiket Rp 25.000)

Meeting point : Stasiun KA Tanggerang

11. DEPOK DUTCH TOWN (Sabtu 14 Juli, jam 9.30 pagi)








 Tahukah Anda, bagaimana asal usul istilah “Belanda Depok” ? Depok memang dikenal sebagai kawasan yang memiliki pengaruh kuat Belanda. Di Food Tour Dutch Town Depok ini, Anda akan diajak menjejalahi pengaruh budaya Belanda, dari mulai mengunjungi ex Rumah Presiden Depok, Gereja Belanda tertua di Depok hingga mencicipi aneka kuliner khas orang orang “Belanda Depok”

Itinary  : Stasiun KA Depok Lama – Kuliner Khas Stasiun Depok   – Gereja Kristen Pasundan / Ex Seminari Belanda -  Rumah Presiden Depok, Istana Presiden Depok / RS Harapan Depok -  SD Pancoran Mas / Ex Sekolah Belanda -  Gereja Immanuel/ Gereja Belanda tertua di Depok, Resto Khasanti  yang berasitektur bangunan Belanda

Meeting point : Stasiun KA Depok Lama

Mau tahu bagaimana keseruan Jelajah Depok asal usulnya Belanda Depok? cekidot di video ini




12.  BANDUNG DUTCH TOWN (Minggu 22 Juli & Sabtu 28 Juli jam 09.30pagi)






Kawasan Braga di kota Bandung dikenal sebagai kawasan yang memiliki pengaruh kuat budaya Belanda. Jejak jejak pengaruh Belanda disini bisa dilihat dari berbagai bangunan bangunan tua yang dibangun di zaman colonial yang masih berdiri kokoh hingga kini. Di Food Tour Dutch Town Bandung ini, Anda akan diajak menjelajahi  spot spot bersejarah dan juga jelajah kuliner di berbagai spot kuliner legendaris yang sudah ada sejak zaman colonial Belanda, juga melihat spot spot kekinian di pusat kota Bandung. 

Itinary  : Stasiun KA Bandung / St Hall – Rumah “ Indonesia Menggugat” – Taman Balaikota Bandung – Toko Buku Jadul Nusa Cendana  – Resto Braga Permai  (Mencicipi Bitterbalen & Poffertjes) –  Kafe Warung Asik / Ex Toko Populair  yg pernah dikunjungi tokoh komik Tintin  - Toko Roti Jadul Sumber Hidangan – Canary Kafe /  Mencicipi Kue Eskrim Jadul-   Melintasi Gedung Merdeka / Asia Afrika  & Alun Alun Bandung-  Penjara Banjeuy Soekarno - Pabrik Kopi Aroma yang Legendaris – Kedai Kopi Purnama yang sudah ada sejak jaman Belanda

Meeting Point : Stasiun KA Bandung


 13. MC DONALD KITCHEN TOUR (Sabtu 7 Juli & 14 Juli, jam 8.30 pagi)







Tur Ini adalah kerjasama Jakarta Food Traveler dengan Mc Donald's Indonesia, terbuka  untuk anak anak dan dewasa yang ingin melihat bagaimana dapurnya McDonalds, restoran fast food favorite keluarga.

Dalam Tur ini, kita akan melihat seperti apa canggihnya "dapur" Mc Donalds, dan juga ikut meracik Burger / Es Krim Sundae

Harga Tur adalah Rp 120.000 untuk 2 orang sudah termasuk: 

 -Meracik Burger / Es Krim Sundae
 -Melongok dapur Mc Donald
- Dapat Burger & Es Krim Sundae untuk 2 orang.

Khusus untuk Mc Donalds Kitchen Tour akan dilaksanakan jika peserta yang mendaftar mencapai  12 orang.


Meeting Point : Mc Donalds Sarinah Thamrin


14. Rute Rute lainnya. 

Di luar agenda Tur reguler tiap akhir pekan , masih banyak berbagai rute Wisata Kreatif  berupa Food Tour (20 rute),  Wisata Kebhinekaan (2 rute), Wisata Warisan Ahok (5 rute), Wisata Ceria Keluarga (2 rute) dan Wisata Taman  & Pemakaman (4 rute),  yang bisa dipilih untuk booking grup / private untuk waktu kapan saja, dengan pilihan sebagai berikut : 




Video Profil tentang Wisata Kreatif Jakarta/ Jakarta Food Traveler bisa disimak di video berikut 






Mau ikutan berwisata kreatif dan seru untuk mengenal lebih dekat Jakarta ? Segera daftar/ RSVP di 0812 9822 9129  (call / whatsap) atau email  : jakartafoodtraveler@gmail.com 

Yuk kenali lebih dekat kota kita dengan cara yang MENYENANGKAN dan MENGENYANGKAN :) 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Agenda Wisata Kreatif Jakarta / Jakarta Food Traveler September 2019

Agenda Wisata Kreatif Jakarta /  Jakarta Food Traveler September 2019 Selamat datang bulan September ! Bulan September identi...