NqxdMatcMWtdLWJ7LWt5MGJ7MDcsynIkynwdxn1c
Agenda bulan JULI Wisata Kreatif Jakarta/ Jakarta Food Traveler

Agenda bulan JULI Wisata Kreatif Jakarta/ Jakarta Food Traveler

*Agenda Tur Wisata Kreatif Jakarta /Jakarta Food Traveler bulan JULI 2019* 


 

Hi Travelers 


Ga kerasa kita kini sudah memasuki paruh kedua tahun 2019. Liburan panjang sekolah pun sudah usai. 
Di bulan Juli ini, Wisata Kreatif Jakarta/ Jakarta Food Traveler menawarkan ragam wisata tematik menarik untuk Anda pilih dari mulai Food Tour, Wisata Makam, Wisata Bhineka (wisata rumah ibadah lintas agama), juga Cycling Tour Jelajah Kota Tua. Selain itu ada rute baru Jelajah Spot Kuliner Paling Instagramable di Glodok.  
Berikut ini adalah pilihan tur turnya. 
1. Wisata Makam : Ereveld Menteng Pulo ( Sabtu 6 Juli jam 09.00 - 13.00)






Sudahkah Anda tahu di Jakarta ada makam tentara Belanda dan juga Inggris yang sangat indah layaknya seperti di Eropa? di komplek pemakaman Ereveld, dimakamkan para tentara Belanda dan Inggris yang gugur sebagai korban perang Perang Dunia 2. Wisata Kreatif Jakarta akan mengajak Anda mengeksplor Ereveld.

Itinary : Ereveld (Makam Penghargaan ) untuk tentara Belanda , Jakarta War Cemetery   + TPU Menteng Pulo (satu dari dua taman pemakaman umum tersisa di Jakarta yang terletak di tengah kota dan dikeliling gedung gedung pencakar langit). 

Meeting Point : Ereveld Menteng Pulo 

Lihat videonya saat Program TravelNotes BeritaSatu mengikuti Tur Ereveld ini :

Mepo : Ereveld Menteng Pulo 


2. Food Tour Superhero Town - Kalibata (Sabtu 6 Juli jam 15.30 - 19.30)




Kawasan Kalibata identik dengan "Pahlawan" karena disini ada Taman Makam Pahlawan Kalibata tempat bersemayamnya para pahlawan nasional, hingga para ibu negara seperti ibu Ainun dan Ibu Ani Yudhoyono. 

Di Food Tour Superhero Town, Anda akan diajak mengunjungi pusara para pahlawan untuk mengenang kembali jasa jasa mereka , hingga diajak untuk berkunjung ke markas  Slank di Gang Potlot. Bagi para penggemarnya, grup musik SLANK juga adalah seperti superhero. 

Itinary : Taman Makam Pahlawan Kalibata - Taman Rusa TMP - - Pusat Mainan Kayu Legendaris - Markas SLANK & Warung Slank  - Kue Pancong Lumer Kalibata - Pusat Kuliner Kalibata/ Pecel Pincuk Alex - Pusat Duren Kalibata
 
Mepo : TMP Kalibata 

3. Food Tour Garden City - Menteng (Minggu 7 Juli jam 09.00 - 13.00 ) 






Tahukah Anda, kawasan Menteng adalah Kota Taman Pertama di Indonesia yang dibangun di zaman kolonial Belanda? di Kawasan Menteng yang sekarang dikenal sebagai kawasan Ring 1 karena banyak ditinggali para pejabat tinggi negara ini terdapat beberapa taman luas nan asri yang dibangun pemerintah Belanda. Di Food Tour Garden City, Anda akan diajak menyusuri kawasan elit yang asri nan teduh  , mengunjungi Sekolah  Obama hingga mampir ke spot kuliner yang menjadi langganan para pejabat dan sosialita.

Itinary : Museum Perumusan Naskah Proklamasi - Gereja Ayam/ GPIB Paulus yang dibangun sejak zaman  Belanda - Taman Patung Diponegoro - Sekolah Obama - Taman Surapati yang sudah ada sejak zaman Belanda - Taman Lembang & Mencicipi Es Doger - Rumah Cendana Keluarga Soeharto (hanya mampir di halaman) - Bakso Cendana -  Martha Cake Shop langganan para sosialitas/ pejabat - Resto Tugu Kunskring, restoran kelas bintang lima yang berdiri di bangunan zaman Belanda. 

 Meeting Point : Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Jl. Imam  Bonjol no. 1

Mepo : Museum Naskah Proklamasi

4. Food Tour Tangkiwood Town - Mangga Besar (Minggu 7 Juli jam 15.30 - 19.30)





Kawasan Mangga Besar dikenal sebagai surga hiburan malam dan juga Surga Kuliner  Di Food Tour Tangkiwood Town , Anda akan diajak bernostalgia untuk mengunjungi kawasan Tangkiwood  (plesetan dari Hollywood) yang dari kawasan inilah muncul banyak bintang hiburan nasional seperti Bing Slamet hingga Laela Sari. Selain itu Anda juga akan diajak jelajah kuliner dari mulai kuliner Ekstrim hingga ke Pusat Duren Mangga Besar. 

Itinary : Kedai Kong Djie Kopi  - Bubur Kacang Ijo Legendaris -  Vihara / Klenteng Avalokitesvara – Tangkiwood / Lokasari  Mall– Kampung Tangki – Rumah Alm. H. Laela Sari- Toko Roti Henis yang Legendaris  - Deretan Kuliner Ekstrim Mangga Besar (Ular Kobra  dll) – Pusat Duren Mangga Besar – Resto Vietnam  yang dikenal karena menu Kwetiaw Sapi (Pho) terenak di Jakarta. 

Meeting point : Kedai Kong Djie Kopi, Jl. Raya Mangga Besar


5.  Food Tour De Nabang Town - Tanah Abang ( Sabtu 13 Juli jam 09.00 - 19.30 )
 





Pasar Tanah Abang adalah pasar modern pertama di Asia Tenggara yang hingga kini menjadi  salah satu destinasi utama wisatawan asing dan nusantara saat ke Jakarta? Tahukah Anda di kawasan Tanah Abang juga banyak terdapat toko toko oleh oleh/ makanan khas Arab juga toko toko yang menjual permadani asal Eropa dan Timur Tengah? Di Food Tour De Nabang ini akan diajak jelajah sejarah, budaya, hingga kuliner dari mulai eksplor kuliner Betawi Jadul yang sudah langka seperti Gabus Jelajah hingga berkunjung ke Sate Domba khas Afrika yang berawal dari kawasan Tanah Abang.  Anda juga akna diajak jelajah Museum Tekstil yang juga memiliki Rumah Galeri Batik yang sangat indah

Itinary : Pasar Tanah Abang (Pasar modern tertua di Asia Tenggara) - Klenteng Hong 
Tek Tengsin, klenteng tertua di kawasan Tanah Abang yang "tersembunyi" di antara belantara pertokoan Tanah Abang - Pusat Permadani Tanah Abang - Pusat Oleh Oleh Khas Arab- Jelajah kuliner jalanan khas Tanah Abang-  Icip Kuliner Betawi Jadul (Gabus Pucung)-  Museum Tekstil + Galeri Batik - Sate Domba Afrika

Mepo : Tanah Abang blok A

6.  Wisata Bhineka - Sunter ( Sabtu 13 Juli jam 15.30 - 19.30) 




 
Wisata Bhineka adalah Wisata Rumah Ibadah Lintas Agama dengan tujuan untuk  membangun Toleransi dan Empati.

Di wisata Bhineka rute Sunter (rute baru) ini Anda akan diajak mengunjungi Mesjid Ramlie Mushofa yang megah berasitektur tionghoa dan dijuluki Taj Mahal Indonesia, ke Vihara Jakarta Dhammacaka- wihara bergaya Thailand terbesar di Jakarta , Kuil India Shri Anandpur Darbar dan yang sangat megah dan "tersembunyi" di dalam komplek perumahan mewah  dan juga   Sadhu Vaswani Center / Pusat Studi aliran Sadhu Vaswani. .   

Itinary : Mesjid Ramlie Mushofa (Taj Mahal Indonesia)- Wihara Jakarta Dhammacaka (Wihara bergaya Thailand terbesar di Jakarta yang terdapat Pohon Bodhi dan juga replika Candi kuno nusantara)- Kuil India Shri Anandpur Darbar yang megah- dan Sadhu Vaswani Center  (Pusat Studi aliran Sadhu)
 
Mepo : Mesjid Ramlie Mushofa

8.  Food Tour BOGOR Dutch Old Town (Minggu 14 Juli jam 09.00 - 13.00) 





Bogor (Biutenzorg) adalah Kota yang memiliki begitu banyak peninggalan historis kolonial Belanda yang fenomenal, dari mulai Kebun Raya  Bogor yang merupakan Kebun Raya pertama dan terbesar di Asia Tenggara, Istana Gubernur Jendral yang kini menjadi kediaman Presiden Jokowi, dll . 
 
Dalam Food Tour Bogor Dutch Town ini, Anda akan diajak jelajahi pernak pernik Dutch Heritage, dari mulai mengunjungi Hotel Salak Heritage peninggalan zaman kolonial Belanda dan mencicipi Es Pala khas Bogor dan berfoto di kafe dengan interior ala Belanda, jelajahi Kebun Raya dan mengunjungi Kafe di tengah kebun yang pernah dikunjungi Obama, hingga icip icip penganan khas Belanda (poffertjes, bitterbalen, oenbikoek dll). 
 
Itinary : Stasiun Bogor - Gereja Katedral Bogor - Kantor Walikota Bogor + Titik Nol Bogor  - Hotel Salak Heritage + Dutch Cafe - Jelajah Kebun Raya Bogor + Halaman Istana Bogor+ Komplek Makam Kuno Belanda + Kafe Grand Garden (Kafe di tengah tengah kebun raya yang pernah dikunjungi Obama) 
  
Meeting Point  : Station Bogor  * Harga Tur tidak termasuk tiket masuk Kebun Raya Bogor Rp 15.000/ orang

 Mepo : Stat Bogor

9. Food Tour Little Korea - Senopati (Minggu 14 Juli jam 15.30 - 19.30)




Tahukah Anda, di  Jakarta ada kawasan Little Korea dimana di kawasan ini begitu banyak dikunjungi para ekspatria Korea? di kawasan ini ada begitu banyak restoran Korea, dari mulai yang sederhana hingga mewah, ada supermarke korea dan pernak pernik khas Korea. Di rute Little Korea ini, Anda akan diajak eksplor kekayaan budaya korea di Selatan Jakarta, sekaligus eskplor Pasar Santa yang ngehits di kalangan anak muda termasuk mampir di kedai Kopi Tuku yang  hits dan pernah dikunjungi Jokowi.  

Itinary : Jelajah Pasar Santa & Kedai Kopi Tuku - Sate Padang Ajo Ramon - Toko Pernak Pernik Korea yang dimiliki orang Korea-  Mu Gung Hwa Supermarket Korea pertama di Jakarta + Puaat Kuliner Mu Gung Hwa- Legend Of Noodle / Resto Mie Korea paling hits di Jakarta

Meeting Point : Pasar Santa


10.  Food Tour  Mester Town - Jatinegara (Sabtu 20 Juli jam 09.00 - 13.00 )



 

Tahukah Anda kawasan Jatinegara adalah salah satu kawasan Bhineka dimana begitu banyak pengaruh budaya nusantara dan asing disini? Tahukah Anda kalau Pasar Rawa Bening adalah pusat batu akik terbesar di Asia Tenggara? Dan sudahkah Anda mengujungi Museum Benyamin S sang seniman legendaris Betawi yang belum lama diresmikan? 

Di Food Tour Mester Town ini Anda akan diajak jelajahi kawasan pecinan tertua kedua di jakarta setelah Glodok , yang begitu kaya akan keberagaman sejarah, budaya dan kuliner yang legendaris.

Itinary: Stat KA Jatinegara- Museum Benyamin S- Klenteng Shia Djin Kong - Kedai Kopi Aceh -Pasar Rawa Bening/Pusat Batu Akik terbesar di AsiaTenggara - Ayam Goreng Legendaris Ibu Haji -Pabrik Kopi Legendaris Bis Kota- Pasar Hewan Jatinegara/ Pasar hewan terbesar di Jakarta - Pusat Pasar Loak Jatinegara - Gado Gado Jatinegara Legendaris

Mepo : Stat Jatinegara

Mau tau bagaimana keseruan Food Tour Mester Town - Jatinegara? saksikan vide0 liputan dari CNN ini 



11. Food Tour Port of Kalapa - Sunda Kelapa (Sabtu 20 Juli jam 15.30 - 19.30)







Tahukah Anda, Pelabuhan Sunda Kelapa punya peran penting dalam perdagangan dunia di abad 16 ? Dan tahukah Anda, pelabuhan Sunda Kelapa adalah spot yang paling instagrammable bagi para turis turis asing yang berkunjung ke Jakarta? Di Food Tour Sunda Kelapa , Anda akan diajak menjelajahi sisa kejayaan VOC yang pernah memajukan kota Batavia hingga dijuluki "The Queen of The East"  hingga menikmati suasana sekitar Pelabuhan Sunda Kelapa yang sangat indah di senja hari.

Itinary :  Menara Syahbandar / Menara tertinggi di zaman kolonial Belanda - Museum Bahari / Eks Gudang Rempah VOC - Kampung Bahari   & Mencoba Naik Getek - VOC Galangan / VOC Kafe & Ngeteh/ Ngopi Cantik  - Pelabuhan Sunda Kelapa yang sudah berusia 400 th - Resto Marina Batavia yang terletak di pinggir laut & Mencicipi Es Gelatto Hommemande -  Resto Raja Kuring / Resto VOC yang terletak di bangunan VOC Galangan yang sudah berusia 400 tahun


Meeting Point : Menara Syahbandar, Pinangsia, Jakarta Utara

 
12. Food Tour DEPOK Dutch Town  (Minggu 21 Juli jam 09.00 - 13.00)


Tahukah Anda, bagaimana asal usul istilah “Belanda Depok” ? Depok memang dikenal sebagai kawasan yang memiliki pengaruh kuat Belanda. Di Food Tour Dutch Town Depok ini, Anda akan diajak menjejalahi pengaruh budaya Belanda, dari mulai mengunjungi ex Rumah Presiden Depok, Gereja Belanda tertua di Depok hingga mencicipi aneka kuliner khas orang orang “Belanda Depok”
Itinary  : Stasiun KA Depok Lama – Kuliner Khas Stasiun Depok   – Gereja Kristen Pasundan / Ex Seminari Belanda -  Rumah Presiden Depok, Istana Presiden Depok / RS Harapan Depok -  SD Pancoran Mas / Ex Sekolah Belanda -  Gereja Immanuel/ Gereja Belanda tertua di Depok, Resto Khasanti  yang berasitektur bangunan Belanda
Meeting point : Stasiun KA Depok Lama


13. Wisata Bhineka - Gambir  (Minggu 21 Juli jam 15.30 - 19.30)









Wisata Bhineka (Wisata Rumah Ibadah Lintas Agama) yang diadakan Wisata Kreatif Jakarta bertujuan untuk membangun Toleransi dan menggali kembali nilai Kebhinekaan Indonesia, sambil megunjungi ragam rumah ibadah lintas agama. 


Itinary Wisata Bhineka rute Gambir : Gereja Protestan Immanuel yang sudah ada sejak zaman Belanda, Mesjid Istiqlal yang merupakan Mesjid terbesar no. 3 di dunia, Gereja Katolik Katedral yang sudah ada sejak zaman Belanda + , Kuil India (Hare Kreshna), dan Kuil Tricakti.

Mepo : Gereja Immanuel 

14. Food Tour Baywalk Town - PIK (Sabtu 27 Juli jam 09.00 - 13.00 ) 



 


Sudah pernah ke kawasan Taman Mangrove di Pantai Indah Kapuk? atau berkunjung ke  gedung Tzu Chi Center, yang merupakan pusat Budha Tzu Chi terbesar di dunia ? Di Food Tour Baywalk Town ini, Anda akan diajak jelajah kekayaan budaya dan kuliner di kawasan pesisir utara Jakarta yang baru berkembang sekitar 20 tahun terakhir.  Anda juga akan diajak jelajah kuliner di Fresh Market yang sangat dikenal sebagai Pasar Tradisional yang buka sepanjang hari dan malam dan banyak menjual kuliner khas Vegetarian dan aneka kuliner khas Medan dan Pontianak. 

Itinary : Tzu Chi Center (Pusat Tzu Chi terbesar di Dunia) - Kedai Kafe Tzu Chi mencoba Teh Rosella -  Taman Mangrove (bagian depan di kawasan Mesjid) - Jelajah Kuliner Khas Fresh Market icip icip kuliner khas Medan dan Pontianak - Kedai Kopi paling Hits di PIK


Mepo : Tzu Chi Center

15.  Food Tour Merdeka Town-Pegangsaan (Sabtu 27 Juli jam 15.30 - 19.30 ) 







Apakah Anda sudah pernah berkunjung ke Tugu Proklamasi yang punya sejarah penting dalam peristiwa kemerdekaan Indonesia? Dalam tur ini, Anda akan diajak untuk mengunjungi Taman Tugu Proklamasi, serta spot spot bersejarah yang punya kisah menarik seperti Bioskop Megaria yang dahulu sering dikunjungi Presiden Soekarno, berkunjung ke Pasar Antik Surabaya yang terkenal di kalangan wisatawan asing, hingga melongok Rumah Ahmad Subardjo (Menteri Luar Negri Pertama RI) yang dahulu rumahnya dipakai sebagai kantor Deplu pertama kali. Anda juga akan diajak jejalahi spot kuliner legendaris di kawasan ini dari mulai Pempek Megaria, Bubur Ayam Cikini, hingga Warung Ampera 2 tak.

Itinary : Monumen Proklamasi – Kafe Perdjuangan yang interiornya serba Soekarno – Melintas di Kafe de Proklamasi - Bioskop Legendaris Megaria – Pempek Legendaris Megaria – Pasar Antik Surabaya – Kantor DPP Golkar yang suasana serba hijau (Kafe Paradigma & Toko Mudah yang menjual aneka kuliner jadul ) – Bubur Cikini – Rumah Ahmad Subarjo (Kantor Deplu RI pertama kali) – Warung Ampera

Mepo : Monumen Proklamasi . 



16. Food Tour Spesial : Jelajah Spot Kulliner Paling Instagramable di GLODOK (Minggu 28 Juli jam 09.00- 14.00)







Dalam Tur Spesial ini, Anda akan diajak untuk Jelajah Spot Kuliner paling hits dan instagrammable di Kawasan GLODOK, dan mencicipi kuliner hits dan unik di spot spot kuliner yang dikunjungi. 

Yang teramasauk dalam rangkaian Tur ini antara lain  : 
1. Mencicipi Chinese Tea di bangunan restoran yang berusia satu abad dengan interior yang sangat indah 
2. Mengunjungi toko toko obat cina yang sudah berusia lebih dari setengah abad 
3. Mengunjungi toko toko manisan dan coklat  khas Petak Sembilan
4. Eksplor kuliner di Shopping Mall kekinian yang bernuansa serba Tiongkok, yang berada di dalamya kita serasa berada di negri Cina
5. Mencicipi Mie Belitung / Laksa Belitung di Kedai  "rumahan" khas Tionghoa
6. Mengunjungi Gedung Candranaya, bangunan megah peninggalan Kapitan Cina 
7. Makan siang di Resto ala Cina di komplek Candranaya.
 
Tur ini akan dipandu langsung oleh Ira Lathief pendiri Jakarta Food Traveler / Wisata Kreatif Jakarta.
 
Meeting Point : Museum Sejarah Jakarta / Museum Fatahillah

Harga Tur : Rp 100.000 (Suda termasuk buku karya Ira Latief, belum termasuk makan)
Mepo : Pancoran Tea House

17. Cycling Tour - Jelajah Kota Tua (Minggu 28 Juli jam 15.30 - 19.30)

 
Sudah pernah jelajah kawasan Kota Tua dengan bersepeda? Dalam Spesial Tur kali ini, Anda akan diajak jelajahi Kawasan kota Tua dengan cara bersepeda, dari mulai jelajah Taman Fatahillah, berkunjung ke Jembatan Kota Intan yg sudah berusia 4 abad, hingga berkunjung ke Pelabuhan Sunda Kelapa yang merupakan spot wisata paling instagrammable di Jakarta. 
Itinary : Jelajah Taman Fatahillah - Jembatan Kota Intan - Menara Syahbandar - Kampung Aquarium-  Pelabuhan Sunda Kelapa  

Meeting Point : Taman Fatahillah - Kota Tua (depan Museum Wayang)

Harga Tur : 125.000 (sudah termasuk sewa sepeda untuk dua jam). Dipersilahkan untuk bawa sepeda sendiri, atau bisa juga naik ojek ontel. 

Mepo :Lapangan Fatahillah Koa Tua


18. Rute Rute lainnya 


Di luar agenda Tur reguler tiap akhir pekan , masih banyak berbagai rute Wisata Kreatif  berupa Food Tour ( 50 pilihan rute),  Wisata Bhineka (4 pilihan rute), Wisata Ceria Keluarga (2 rute) dan Wisata Taman  & Pemakaman (4 rute),  yang bisa dipilih untuk booking grup / private untuk waktu kapan saja, dengan pilihan sebagai berikut.
  
Ikuti juga Instagram / Fanpage @wisatakreatifjakarta dan @jakartafoodtraveler untuk dapatkan update Tur tur kami:

Biaya Tur Rp 70.000/org (tidak termasuk makan/minum dan pembayaran on the spot, kecuali Cycling Tour (Rp 125.000 sdh termasuk sewa sepeda 3jam)
Ini adalah Tur dengan dipandu seorang Tourist Guide profesional. Info/ RSVP 0812 9822 9129 

Cek detail info lengkap di www.wisatakreatifjakarta.com , atau follow IG /fanpage @wisatakreatifjakarta / @jakartafoodtraveler

Komentar

Contact Us via Whatsapp