NqxdMatcMWtdLWJ7LWt5MGJ7MDcsynIkynwdxn1c
Agenda Wisata Kreatif Jakarta / Jakarta Food Traveler Bulan Februari 2020

Agenda Wisata Kreatif Jakarta / Jakarta Food Traveler Bulan Februari 2020









Selamat datang bulan Februari !

Di bulan yang identik dengan bulan Cinta ini, Wisata Kreatif Jakarta / Jakarta Food Traveler menawarkan ragam wisata tematik menarik. 

Dalam Agenda bulan Februari 2020, ada agenda  Tur Spesial yang berhubungan dengan Cap Go Meh,  Event Spesial menyambut Anniversary ke 3 Jakarta Food Traveler, juga rangkaian Wisata Bhineka yang diadakan dalam rangka Festival Kebhinekaan 3.
 Berikut ini adalah pilihan rute rutenya.
1. Food Tour Free York City -  Tanjung Priok (Sabtu 1 Februari jam 09.00 - 13.00)





Apakah Anda sudah pernah berkunjung ke Pasar Ular yang di tahun 80an dikenal sebagai pusat barang bermerk berasal dari kapal kapal di pelabuhan Tg Priok? atau sudahkah Anda berkunjung ke Cagar Budaya Mbah Priok yang erat dengan asal usul nama Tanjung Priok. Di tur ini Anda akan diajak jelajah kawasan pesisir utara di Jakarta, termasuk mengunjungi pelabuhan internasional Tanjung Priok yang kini terdapat Museum Maritim yang sangat canggih dan modern sambil melihatdari ketinggian suasana pelabuhan Tg Priok yang kini menjadi Pelabuhan no 2 tersibuk di Asia Tenggara.
Itinary:
1. Pasar Ular yang Legendaris melihat deretan Toko fashion, Toko Keramik dan Kristal impor
2. StasiunTg. Priok salah satu stasiun KA peninggalan Kolonial Belanda
3. Jelajah Kampung Warteg Enim
4. Mesjid Al Muqarrabien & Gereja Mahanaim (Mesjid & Gereja bersebelahan/berbagi tembok sejak tahun 60an dan pernah diulas berbagai media asing dari Rusia, hingga Jepang) , Museum Maritim yang sangat modern dan Melihat Pelabuhan Tg Priok dari ketinggian
6. Tugu Cakrawala Pelindo
7. Makam Mbah Priok
Mepo : Pasar Ular Permai

2. Food Tour Baywalk Town - Pantai Indah Kapuk (Sabtu 1 Februari jam 15.30 - 19.30)




Sudah pernah ke kawasan Taman Mangrove di Pantai Indah Kapuk? atau berkunjung ke gedung Tzu Chi Center, yang merupakan pusat Budha Tzu Chi terbesar di dunia ? Di Food Tour Baywalk Town ini, Anda akan diajak jelajah kekayaan budaya dan kuliner di kawasan pesisir utara Jakarta yang baru berkembang sekitar 20 tahun terakhir. Anda juga akan diajak untuk mengunjungi Pantai Reklamasi yang sedang hits dan berkunjung ke Foodcourt Pantai Reklamasi yang sedang kekinian

Itinary :
1. Tzu Chi Center (Pusat Tzu Chi terbesar di Dunia)
2. Kedai Kafe Tzu Chi Taman Mangrove (bagian depan di kawasan Mesjid)
3. Mengunjungi Pantai Reklamasi
4. Jelajah Kuliner di Food Street PIK, pusat kuliner baru di PIK 
5, Pantai Reklamasi PIK
Mepo : Gedung Tzu Chi Center

3. Food Tour Lakeside Town - Sunter (Minggu 2 Februari jam 09.00 - 13.00)


Kawasan Sunter merupakan satu satunya kawasan di Jakarta yang keberadaannya dikelilingi oleh Danau Danau cantik. Dalam rute ini, Anda akan diajak jelajah kawasan kota tepi danau, dari mulai mengunjungi Mesjid Ramlie Mushofa yang berasitektur Tionghoa nan megah dan dijuluki Taj Mahal Indonesia, melihat Kampung Warna Warni Sunter dari tepi danau - menikmati danau Sunter yang cantik sambil naik sampan/perahu bebek-bebekan, hingga menikmati kuliner paling hits di kawasan Danau Sunter  .

📍Itinary : Masjid Ramlee Mushofa / Taj Mahal Indonesia, yang berasitektur Cina nan Megah - Soto dan Sate Maranggi paling hits di Sunter - Menyusuri Tepi Danau Sunter yang cantik dan Melihat Kampung Warna Warni- Mungunjungi Pizzaria Cavales- resto pizza paling hits di Sunter yg terkenal dg kreasi kreasi pizza yang "nyeni" (Art Pizza) -Resto Indian Namaste , salah satu resto indian paling hits di Jakarta-  Naik Sampan / Bebek di Danau- Menikmati Seafood Tepi Danau Sunter.  Bonus Es Krim India di Resto Namaste.

Mepo : Mesjid Ramlie Mushofa
4. Food Tour Little Arab - Cikini (Minggu 2 Februari jam 15.30 - 19.30)





Sudah tahukah Anda, di kawasan Cikini terutama di sepanjang Jalan Raden Saleh kaya akan pengaruh budaya Arab? di kawasan ini pula, sepanjang tahun ramai dikunjungi oleh turis turis dari Jazirah Arab. Di Food Tour Cikini Little Arab ini, Anda akan diajak menjelajahi kekayaan budaya dan kuliner khas Arab yang sangat khas serta spot spot kuliner hits kekinian spt Markobar, Sang Pisang, Upnormal dll. Dan di rute ini pula Anda akan diajak meliha kemegahan Rumah Kastil Raden Saleh, sang Maestro Pelukis dari tanah Jawa yang menjadi sosialita dunia di abad 19. 

Itinary :
1. Planetarium
2. Taman Ismail Marzuki dan Kampus IKJ yang sangat 'nyeni' dan instagrammable
3. Makam Megah Habib Cikini
4. Rumah Kastil Raden Saleh yang sangat megah
5. Kedai Martabak Markobar + Sang Pisang yg dimiliki anak anak Jokowi
6. Mampir di Resto Upnormal yg dibangun di gedung mewah kuno ex Resto Oasis yg pernah tersohor di kalangan para superkaya
7. Toko Kayu Gaharu/ Minyak Wangi langganan Turis Arab
8. Resto Al Basha/ Resto Timur Tengah ala Yordania

Meeting Point : Taman Ismail Marzuki (depan Planetarium)

5. Food Tour Tangerang China Town - Spesial Cap Go Meh (Sabtu 8 Februari jam 09.00 - 13.00)




Kawasan China Town Tangerang dikenal karena komunitas  orang orang Cina Benteng yang sudah ada sejak berabad abad lamanya. Di Food Tour Tangerang China Town ini, Anda akan diajak menjelajahi kekayaan pengaruh budaya Tionghoa di Tangerang sekaligus merasakan suasana saat Cap Go Meh (15 hari setelah Imlek) di Klenteng Boen Tek Bio klenteng tertua di Tangerang, menikmati Lontong Cap Go Meh  hingga jelajah kuliner di Pasar Lama yang dikenal sebagai kawasan Surga Kuliner.

Itinary :   Stasiun KA Tanggerang - Susur Sungai Cisadane / Cisadane Flying Deck  -Rumah Oey KT (penulis cerita Kungfu legendaris) – Toko Kue Kering/ Lapis Legit Berkat  -Resto Bakmi paling terkenal di Pasar Lama-  Vihara Boen Tek Bio/ Klenteng Tertua di Tangerang  – Mencicipi Es Bun Tin yang sangat unik -  Kedai Kopi khas Tionghoa -  Mesjid Kali Pasir (Mesjid tertua di Tangerang) -  Jelajah Kuliner Peranakan Tionghoa di Pasar Lama -  Museum Benteng Heritage  (optional, tambahan tiket Rp 30.000)
Meeting point : Stasiun KA Tanggerang
Catatan : Saat Cap Go Meh, tidak ada perayaan khusus di Pasar Lama Tangerang

6. Food Tour Bogor China Town - Spesial Perayaan Cap Go Meh (Sabtu 8 Februari jam 13.00 - 18.00)






Kawasan Suryakencana Bogor, sudah berabad abad dikenal sebagai kawasan pecinan di kota Bogor. Di kawasan yang juga dikenal sebagai Surga Kuliner ini, bisa dilihat jejak pengaruh kuat budaya Cina, dari mulai terdapatnya Klenteng yang sudah berusia berabad abad, deretan toko toko tua yang dimiliki orang orang Cina dsb. Di Food Tour China Town Bogor Spesial Cap Go Meh ini, Anda akan diajak menjelajahi  kekayaan budaya orang orang “Sunda  Tionghoa”  yang unik,  sambil melihat langsung kemeriahan jelang suasana Imlek dan tentu saja jelalah kuliner jadul khas kawasan Surken (Surya Kencana) serta melihat kemeriahan suasana Perayaan Cap Go Meh yang sangat meriah di Kampung pecinan tertua di kota Hujan.

Itinary : Vihara  Dhanagun yang sudah berusia 4 abad– Jelajah Jajanan Khas Bogor @ Jl. Suryakencana – Mengunjungi Deretan Toko Toko Klontong Jadul yang dimiliki orang Peranakan Tionghoa – Menikmati Toge Goreng resep orisinil di Restoran Kentjana (Restoran Sunda – Tionghoa) yang terkenal dengan masakan peranakan Sunda Tionghoa - Jelajah Kuliner Jadul Gang Aut (Es Bir Kotjok, Dodongkal,  Asinan Jagung dll)  -Melihat Perayaan Cap Go Meh
Mepo : Stat Bogor

7.  Jelajah Spot Kuliner  Instagrammable - GLODOK  (Minggu 9 Februari jam 09.00 - 13.00)






Dalam Tur Spesial ini, Anda akan diajak untuk Jelajah Spot Kuliner paling hits dan instagrammable di Kawasan GLODOK, dan mencicipi kuliner hits dan unik di spot spot kuliner yang dikunjungi dan merasakan kemeriahan suasana Cap Go Meh (15 hari setelah Imlek) di beberapa klenteng kuno di kawasan Glodok. 

Yang termasuk dalam rangkaian Tur ini antara lain  : 
1. Mengunjungi Gedung Candranaya , rumah ex kapitan Cina yang sangat indah
2. Mengunjungi toko toko obat cina yang sudah berusia lebih dari setengah abad 
3. Mengunjungi toko toko manisan dan coklat  khas Petak Sembilan
4. Eksplor kuliner di Shopping Mall kekinian yang bernuansa serba Tiongkok, yang berada di dalamya kita serasa berada di negri Cina dan bersantap di Foodcourtnya.
5. Mencicipi Mie Belitung / Laksa Belitung di Kedai  "rumahan" khas Tionghoa
6. Mengunjungi Gedung Candranaya, bangunan megah peninggalan Kapitan Cina 
7. Makan malam di Pancoran Tea House yang merupakan bangunan kuno berasitektur pecinan yang hits di Glodok
Meeting Point : Gedung Candranaya (Hotel Novotel Gajah Mada)
 Catatan : Saat Cap Go Meh, tidak ada perayaan khusus di Pasar Lama Tangerang
8.  Jelajah Spot Kuliner Instagrammable - PEGANGSAAN (Minggu 9 Februari jam 15.30 - 19.30)









Dalam tur spesial ini, Anda akan diajak untuk eksplor spot spot kuliner instagrammable di kawasan Pegangsaan, Jakarta Pusat. Dari mulai mengunjuki Kafe dengan interior serba Soekarno, berkunjung ke Roemah Koeliner Metropole dimana kita bisa melihat aneka foto foto Bioskop Legendaris Metropole dari waktu ke waktu , melintasi Pasar Antik Surabaya yang terkenal di kalangan wisatawan asing, serta berkunjung ke Resto ala Indochina dengan interior serba eksotis, berkunjung ke Kafe Paradigma + Kedai Es Krim Lokales yang berada di kawasan DPP Golkar yang terkenal dengan desainnya yang serba hijau sangat asri , serta ke Warung Upnormal yang menempati bangunan ex Resto Oasis yang legendaris yang dahulu terkenal sebagai Resto kelas super elit.
 
Itinary : Monumen Proklamasi – Kafe Perdjuangan yang interiornya serba Soekarno – - Bioskop Legendaris Metropole+  Rumah Koeliner Metropole dimana kita bisa melihat aneka dokumentasi foto foto Metropole dari waktu ke waktu – Melintas di Pasar Antik Surabaya - Resto Madame Ching ala Vietnam– Kantor DPP Golkar yang suasana serba hijau (Kafe Paradigma & Kedai Es Krim yang bisa diracik langsung ) – Warung Upnormal Cikini


9.  Food Tour Singapore Town - Kelapa Gading (Sabtu 15 Februari jam 09.00 - 13.00)





Tahukah Anda , kawasan Kelapa Gading yang sangat terkenal sebagai Pusat Kuliner dan Belanja juga dijuluki sebagai Mini Singapore-nya Jakarta? Di rute ini Anda akan diajak kawasan yang juga dikenal sebagai Kepala Naga ini untuk eksplor ragam kuliner yang unik dari mulai Bakmi Jempol legendaris Kelapa Gading , Kedai Kopi Jonie ngetop karena sering jadi tempat tongkorangan Hotman Paris dan teman teman artis nya,  naik kereta LRT  hingga Museum Rekor Indonesia (MURI) yang mendokumentasikan berbagai aksi hebat orang Indonesia- Jelajah kuliner di Go Food Festival. Rute ini cocok untuk yang ingin coba naik kereta LRT

Itinary :  Bakmi Jempol - Bakpau + Kopi Jonie -  Taman Doggie Kelapa Gading -  Naik Kereta LRT PP Gading - Velodrom, Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI)- Jelajah Go Food Festival

Meeting Point : Loby Mal Kelapa Gading 1

*rute ini membutuhkan satu kali naik grab car untuk perpindahan dari MKG ke MOI*

10. Food Tour Benhill Town - Benhill (Sabtu 15 Februari jam 15.30 - 19.30)










Kawasan Benhill (Bendungan Hilir) sudah lama dikenal sebagai pusat wisata kuliner, terutama karena deretan kedai seafood kaki lima . Tapi tahukah Anda , di kawasan Benhill juga ada sebuah "Kampung Hijau" dan seorang Nenek pembuat Jamu Instan & Bir Pletok yg tersohor hingga ke Mancanegara? Di Food Tour Benhill, Anda akan diajak menjelajah keseruan kekayaan kuliner di kawasan ini, dari mulai mengunjungi RM Bopet Mini yang legendaris, berkunjung toko kue eskrim legendaris yang sudah terkenal hingga puluhan tahun, berkunjung ke Pusat Bir Pletok dan oleh oleh kue Betawi, hingga ke Kafe GoedKoop untuk mencicipi kopi dan kuliner khas belanda Poffertjes.
 
Itinary :  RS Mintohardjo - Kampung Hijau Benhill yang pernah mendapat penghargaan internasional -  Kampung Hijau yang tersohor hingga ke mancanegara- Lapak Ngupi/ Kedai Kopi yang seluruh interiornya dari barang barang bekas - Pusat Jamu Instan & Oleh Oleh Betawi Bu Emmy  - Toko Kue Maisson Analita yang sudah berdiri puluan tahun- Bopet Mini  Benhil- Kafe GoedKoop
Meeting Point : RS Mintohardjo, Jl. Bendungan Hililr

11.  Picnic Trip + Special 3rd Anniversary Jakarta Food Traveler (Minggu 16 Februari jam 09.00 - 13.00)* GRATIS



Sudah pernah berkunjung ke Taman Prasasti, yang merupakan Komplek Taman Pemakaman Modern pertama di Dunia? Komplek Makam seluas 1 hektar yang kini dijadikan Museum ini sering dijadikan lokasi syuting film dan video klip musik karena keindahan ragam prasasti prasastinya dari mulai berwujud patung patung Malaikat hingga aneka bentuk prasasti yang sungguh indah dan memukau. Di pemakaman ini dahulu juga bersemayam tokoh tokoh penting dari mulai Olivia Rafles , istri tercinta Rafles Gubernur Jendral Batavia, hingga Soe Hok Gie aktivis pemuda kenamaan yang kisah hidupnya dijadikan film.
Spesial Menyambut Ulang Tahun ke 3 Jakarta Food Traveler dan Ultah ke 2 Wisata Kreatif Jakarta, Anda diundang untuk hadir di acara Picnic Trip dan Gathering bersama tim Guide JFT untuk jelajahi keindahan Taman Prasasti, dan juga Picnic bersama dengan Potluck Party bersama komunitas Jakarta Food Traveler. 
Dipersilahkan untuk membawa makanan masing masing, dan akan hadiah / suvenir untuk yang hadir di acara ini.  Harap RSVP terlebih dahulu ke nomer Admin 0812 9822 9129
Meeting Point : Museum Taman Prasasti, Jl. Tanah Abang 1
*Acara ini gratis, kecuali bayar tiket Museum Rp 5000

 12. Jelajah Pencakar Langit Jakarta (Minggu 16 Februari jam 15.30 - 19.30)






Dalam Tur Spesial ini, Anda akan diajak untuk Jelajah Pencakar Langit Jakarta, anda Akan diajak menelusuri gedung gedung pencakar langit di sepanjang kawasan Thamrin - Sudirman- Senayan, dari mulai gedung pencakar langit tertua di Jakarta , meneluri kawasan SCBD yang di penuhi dengan "hutan beton" hingga berakhir di kawasan "hutan kota" Senayan . Rute ini cocok untuk mereka yang senang hunting fotografi.

Yang termasuk dalam rangkaian Tur ini antara lain  : 
1. Gedung Sarinah yang merupakan gedung tertinggi pertama di Jakarta dan memiliki eskalator pertama di indonesia.
2  Mengunjungi Tamrin 10, Spot Kuliner kekinian baru yang hits 
3. Mengunjungi Hotel Indonesia, hotel bintang 5 pertama di Asia Tenggara, dan melihat beragam spot bersejarah di dalamnya yang erat dengan Asian Games 1962 dan 2018. Serta melihat lift (elevator) pertama di indonesia.
4.  Berfoto di kawasan Bundaran HI dan Patung Selamat Datang
5  Menyusuri kawasan Pencakar Langit di kawasan Pacific Place/ SCBD hingga Senayan
6. Melintasi Jembatan penyebrangan "Instagrammable" yang hits 
7. Menelesuri Kawasan "Hutan Kota" Senayan
Mepo  :  Mc Donald Sarinah

14.  Wisata Bhineka - Rute Gambir / Dalam rangka Festival Kebhinekaan 3 (Sabtu 22 Februari jam 15.30 - 19.30)





Wisata Bhineka (Wisata Rumah Ibadah Lintas Agama) yang diadakan Wisata Kreatif Jakarta bertujuan untuk membangun Toleransi dan menggali kembali nilai Kebhinekaan Indonesia, sambil megunjungi ragam rumah ibadah lintas agama. 


Itinary Wisata Bhineka rute Gambir : Gereja Protestan Immanuel yang sudah ada sejak zaman Belanda, Mesjid Istiqlal yang merupakan Mesjid terbesar no. 3 di dunia, Gereja Katolik Katedral yang sudah ada sejak zaman Belanda + , Kuil India (Hare Kreshna), dan Kuil Tricakti.
Meeting Point : Gereja Immanuel , Gambir
*Catatan : Tur ini biaya dengan Donasi selayaknya


16. Wisata Bhineka - Rute Pasar Baru / dalam rangka Festival Kebhinekaan 3 (Minggu 23 Februari jam 15.30 - 19.30)




Wisata Bhineka (Wisata Rumah Ibadah Lintas Agama) yang diadakan Wisata Kreatif Jakarta bertujuan untuk membangun Toleransi dan menggali kembali nilai Kebhinekaan Indonesia, sambil megunjungi ragam rumah ibadah lintas agama. 
 

Itinary Wisata Bhineka Rute Pasar Baru: Kuil Sai Baba - Kuil Hare Kresna - Gereja Ayam Ps Baru yang telah ada sejak zaman kolonial Belanda- Klenteng Sin TEk Bio yang sudah berusia 4 abad - Mesjid Lao Tze yang merupakan pusat studi Islam bagi Mualaf Tionghoa.

Meeting Point :   J. Co Pasar Baru (lokasi pindah dari sebelumnya di Galeri Foto Antara)
 
*Catatan : Tur ini biaya dengan Donasi selayaknya

17. Jelajah Kuliner Malam Spesial (Jumat 28 Februari jam 18.30 - 22.30)

 

18.  Food Tour New China Town - Pasar Baru (Sabtu 29 Februari jam 09.00 - 13.00)






Sejak jaman kolonial Belanda, sebelum kawasan Pasar Baru dihuni oleh banyak komunitas orang India , kawasan ini lebih dahulu dihuni oleh orang orang Tionghoa. Di rute New China Town Anda akan diajak jelajah peninggalan pecinan (China Town) di kawasan Pasar Baru, dari mulai mengunjungi Klenteng yang berusia 4 abad, toko klontong yang berusia 2,5 abad, mesjid  Lao Tze yang berasitektur Tionghoa hingga jelalah aneka kuliner Legendaris khas Pasar Baru seperti Bakmi Gang Kelinci , Resto Es Krim Tropic  hingga Kue Bantal Koh Atek. 

Itinary : Galeri Foto Antara - Resto Shantung yang legendaris  - Gedung Toko Kompak - Resto Es Krim Tropic Legendaris- Toko Klontong Lie Ie Seng yang sudah berusia 2,5 abad-  Cakwe/ Kue Bantal Legendaris Koh Atek - Bakmi Gang Kelinci - Klenteng Sin Tek Bio yang sudah berusia 4 abad- Toge Goreng Legendaris Pasar Baru - Mesjid Lao Tze yang berasitektur Tionghoa (tutup hari Sabtu, hanya bisa di bagian depan).
Meeting Point : Galeri Foto Antara, Ps Baru


19 . Jelajah Kuliner Hits Jalur MRT (Sabtu 29 Februari jam 15.30  - 19.30)





Dalam Tur Spesial ini, Anda akan diajak untuk Jelajah kuliner hits di sepanjang Sudirman-Blok M serta mengunjungi spot landmark hits kekiniaan di kota kita. Anda juga akan diajak menikmati naik kereta MRT pertama di Indonesia yang super canggih. 
*Rute ini cocok untuk mereka yang belum pernah mencoba naik MRT*
Yang termasuk dalam rangkaian Tur ini antara lain :
1. Mengunjungi Taman dan Terowongan Dukuh Atas yang hits dan instagrammable dengan beragam karya mural dan instalasi seni.
2 Mampir di Kedai Kopi Nogat yg hits banget di BSD dan terkenal dg menu Roti Nogat dan Es Kopi Moka Nogat yang bikin ketagihan.
3. jelahah kuliner Go Food Festival , kawasan kuliner hits baru di kawasan GBK
4.  Jelajah M-Bloc, pusat kuliner kenian yang sedang hits di kalangan milenial.
5.  Melintasi JembatanPenyebrangan Instagramable yang kekinian
6.  Menikmati naik kereta MRT pertama di Indonesia yang cangggih.


Mepo : Stat MRT Dukuh Atas (depan Hotel All Season)

(Rute ini akan menggunakan MRT, dan beberapa kali keluar -masuk stasiun. Mohon dipersiapkan E-Money masing masing utk pembayaran tiket MRT. Harga Tur tdk tmsk makan/minum/tiket MRT)

20 . Rute rute lainnya 
Di luar agenda Tur reguler tiap akhir pekan , masih banyak berbagai rute Wisata Kreatif  berupa Food Tour ( 60 pilihan rute),  Wisata Bhineka (4 pilihan rute), Wisata Ceria Keluarga (2 rute) dan Wisata Taman  & Pemakaman (4 rute),  yang bisa dipilih untuk booking grup / private untuk waktu kapan saja, dengan pilihan sebagai berikut.

Biaya Tur Rp 80.000/org (tidak termasuk makan/minum dan pembayaran on the spot, kecuali Tur tematik khusus. Ini adalah Tur dengan dipandu seorang Tourist Guide profesional. Info/ RSVP 0812 9822 9129 
Cek detail info lengkap di www.wisatakreatifjakarta.com , atau follow IG /fanpage @wisatakreatifjakarta / @jakartafoodtraveler.

Saksikan video profil singkat Wisata Kreatif Jakarta / Jakarta Food Traveler berikut . Yuk kenali lebih dekat kota kita dengan cara MENYENANGKAN dan MENGENYANGKAN 

Komentar

Contact Us via Whatsapp