NqxdMatcMWtdLWJ7LWt5MGJ7MDcsynIkynwdxn1c
Agenda Wisata Kreatif Jakarta/ Jakarta Food Traveler bulan Agustus 2019

Agenda Wisata Kreatif Jakarta/ Jakarta Food Traveler bulan Agustus 2019

*Agenda Tur Wisata Kreatif Jakarta /Jakarta Food Traveler bulan AGUSTUS 2019*   
   (Tema : Pahlawan dan Kemerdekaan)          

                                                                
Selamat datang bulan Agustus !

Di bulan yang identik dengan perayaan Kemerdekaan ini, Wisata Kreatif Jakarta / Jakarta Food Traveler menawarkan ragam wisata tematik menarik yang berhubungan dengan tema Kemerdekaan dan juga Pahlawan.

Di sebagian besar rute rute Tur di bulan ini juga dipilihkan yang ada kunjungan ke Museum museum dan spot spot bersejarah yang berhubungan dengan peristiwa Kemerdekaan atau berhubungan dengan kiprah para pahlawan yang berjasa bagi Indonesia. Berikut ini pilihan rute rute turnya. 




📍 1.  Food Tour China Town Tangerang (Special Cisadane Festival)  - Sabtu 3 Agustus jam 09.00 - 13.00






       
Selamat datang bulan Agustus ! 

Di bulan yang identik dengan perayaan Kemerdekaan ini, Wisata Kreatif Jakarta/ Jakarta Food Traveler menawarkan ragam wisata tematik menarik yang berhubungan dengan tema Kemerdekaan dan juga Pahlawan. 

Di sebagian besar rute di bulan ini juga dipilihkan yang ada kunjungan ke Museum Museum dan spot bersejarah yang berhubungan dengan peristiwa kemerdekaan atau para pahlawan yang berjasa bagi Indonesia.



Berikut ini adalah pilihan tur turnya.
                                            Kawasan China Town Tangerang dikenal karena komunitas  orang orang Cina Benteng yang sudah ada sejak berabad abad lamanya. Di Food Tour Tangerang China Town ini, Anda akan diajak menjelajahi kekayaan pengaruh budaya Tionghoa di Tangerang sekaligus melihat langsung kemeriahan jelang Imlek, mengunjungi klenteng tertua di Tangerang,   hingga jelajah kuliner di Pasar Lama yang dikenal sebagai kawasan Surga Kuliner. Khusus untuk rute kali ini kita juga akan menyaksikan pesta rakyat tahunan warga Tangerang yaitu Festival Cisadane yang diadakan di sepanjang sungai Cisadane.


Itinary :   Stasiun KA Tanggerang - Susur Sungai Cisadane / Cisadane Flying Deck dan Melihat kemeriahan Festival Cisadane yang diadakan setahun sekali  -Rumah Oey KT (penulis cerita Kungfu legendaris) – Toko Kue Kering/ Lapis Legit Berkat  -  Kedai Mie paling hits di Pasar Lama - Vihara Boen Tek Bio/ Klenteng Tertua di Tangerang  – Mencicipi Es Bun Tin yang sangat unik - Mesjid Kali Pasir (Mesjid tertua di Tangerang) -  Jelajah Kuliner Peranakan Tionghoa di Pasar Lama -  Museum Benteng Heritage  (optional, tambahan tiket Rp 30.000)
Meeting point : Stasiun KA Tanggerang
                                                                                     
📍2. Wisata Bhineka Cilincing -Spesial Perayaan Kuningan 
- Sabtu 3 Agustus jam 15.30 - 19.30




                                                            (foto Pura Dalam , courtesy Detik.com_
Sudah pernah menyaksikan Upacara Kuningan salah satu perayaan umat Hindu paling meriah?
Tahukah Anda, di Utara Jakarta kita juga bisa menyaksikan Upacara Kuningan yang hanya diadakan dua kali dalam setahun dan dipusatkan di kawasan Cilincing. Setiap Perayaan Kuningan, seluruh umat Hindu se-Jakarta berkumpul di Pura Dalam Cilincing, dimana jika kita menyaksikan event ini seakan sedang berada di Bali.
  
Wisata Kreatif Jakarta / Jakarta Food Traveler kali ini mengajak para Travelers untuk jelajah keberagaman budaya, sejarah, serta dan agama di pesisir utara Jakarta yang harmonis, berkunjung ke beberapa rumah ibadah lintas Agama yang sudah berusia 4 abad di kawasan Cilincing dan menyaksikan langsung upacara Kuningan yang dihadiri umat Hindu se-Jabodetabek dan dipusatkan di Pura Dalam Cilincing
Itinary:
Rumah Abu Cilincing / Menara Pagoda Cilincing – Pasar Ikan – Krematorium Cilincing - Pura Segara – Kampung Nelayan – Kampung Deret – Pasar Lelang Ikan – Pelabuhan Cilincing dengan kapal kapal kayu – Mesjid Al-Alam yang sudah berusia 400 tahun – Menyaksikan upacara/ perayaan  Kuningan di Pura Dalam.
Meeting point : Vihara Lalitavistara, Jl. Cilincing Lama.
                                                                                            
 
📍3. Food Tour Boplo Town- Gondangdia (Jelang Persiapan Kemerdekaan RI) - Minggu 4 Agustus  jam 09.00 - 13.00








Apakah Anda tahu asal usul kata Boplo? Tahukah Anda di kawasan Gondangdia, juga  banyak peninggalan Belanda, dari mulai bangunan yang sekarang menjadi Resto Tugu Kunskring hingga Mesjid Cut Mutia. Di Food Tour Gondangdia ini, Anda akan diajak menjelajah kawasan Gondangdia yang teduh dan kaya akan kuliner khas jadul  (Kedai Roti Lauw ) hingga kuliner kekinian.  Dalam Tur ini Anda akan diajak eksplor Museum Juang 45 yang punya kaitan erat dengan sejarah kemerdekaan RI. Beberapa koleksi terkenal museum ini diantaranya mobil pertama Presiden RI, baju yang pernah dipakai Jendral Sudirman, dll.

Itinary : Museum Joang 45 - Mesjid Cut Mutia/ Eks Kantor Boplo - Tugu Kunskring Galery / Resto bintang lima dengan konsep Galeri  - Pasar Gondangdia + Kedai Jamu Jadul yang pernah dikunjungi Jokowi (tutup hari Minggu) - Toko Roti Legendaris Lauw – Warung Kopi Phoenam yang legendaris yang telah berdiri sejak tahun 1946 - Rujak Cingur Pak Hadi  yang sudah ada sejak tahun 70an- Sup Buntut Gondangdia / cikal bakal dari Sup Buntut Borobodur dengan daging merah khas yang khas.

Meeting Point : Museum Joang 45, Menteng. Jl. Menteng Raya no. 31, Jakpus

📍4. Food Tour New Batavia -Gambir (Jelang Persiapan Kemerdekaan) - Minggu 4 Agustus jam 15.30 - 19.30








Kawasan Gambir yang dikenal sebagai "New Batavia" juga kaya akan peninggalan sejarah, dari mulai bangunan Stasiun Kereta Gambir, Gereja Immanuel dan Gereja Katedral, hingga Gd Volksraad / Gedung Pancasila yang sekarang menjadi bagian dari Deplu. Di Food Tour Gambir, Anda akan diajak eksplor sejarah , hingga jelajah kekayaan kuliner di kawasan ini termasuk mengunjugi Kedai Es Krim Ragussa yang legendaris.  Dalam Tur ini, Anda akan juga diajak untuk melihat cantiknya wujud Lapangan Banteng setelah direvitalisasi kembali. Dalam Tur ini Anda juga akan diajak berfoto foto di depan Gedung Pancasila yang erat kaitannya dengan peristiwa kemerdekaan RI>

Itinary : Jajanan Kelas Dunia @stat Gambir-  Galeri Nasional yang dibangun di bangunan kolonial Belanda - Gedung Pancasila / Eks Gedung Volksraad - Taman Lapangan Banteng -Gereja Katedral yang sudah ada sejak jaman Belanda-  Resto Dapur Baba Elite  yang bernuansa oriental eksotis dan merupakan Resto kelas bintan lima  - Mampir di Es Krim Italia Ragusa yang sudah berusia hampir 1 abad. 


Meeting Point : Stat Gambir, Jl. Medan Merdeka Timur Jakarta Pusat (depan Starbuck Coffee)
                          
                                                             
*Sabtu 10 Agustus - 11 Agustus (LIBUR IDUL ADHA) 
   
📍5. Wisata Makam: Ereveld (Special Peringatan  Korban Perang Dunia 2) - Kamis 15 Agustus 15.00 - 18.00


 




 



Sudahkah Anda tahu di Jakarta ada makam tentara Belanda dan juga Inggris yang sangat indah layaknya seperti di Eropa? di komplek pemakaman Ereveld, dimakamkan para tentara Belanda dan Inggris yang gugur sebagai korban perang Perang Dunia 2. Wisata Kreatif Jakarta akan mengajak Anda mengeksplor Ereveld. Dalam Tur spesial ini kita sekaligus akan mengikuti prosesi upacara peringatan Korban Perang Dunia 2 yang diadakan setahun sekali.

Itinary : Ereveld (Makam Penghargaan ) untuk tentara Belanda , Jakarta War Cemetery   + TPU Menteng Pulo (satu dari dua taman pemakaman umum tersisa di Jakarta yang terletak di tengah kota dan dikeliling gedung gedung pencakar langit). 

Meeting Point : Gerbang Ereveld Menteng Pulo 

Lihat videonya saat Program TravelNotes BeritaSatu mengikuti Tur Ereveld ini :

Mepo : Ereveld Menteng Pulo
  

📍6. Food Tour Garden City -Menteng (Special Peringatan Kemerdekaan RI) - Sabtu 17 Agustus  10.00 - 14.00









Tahukah Anda, kawasan Menteng adalah Kota Taman Pertama di Indonesia yang dibangun di zaman kolonial Belanda? di Kawasan Menteng yang sekarang dikenal sebagai kawasan Ring 1 karena banyak ditinggali para pejabat tinggi negara ini terdapat beberapa taman luas nan asri yang dibangun pemerintah Belanda. Di Food Tour Garden City, Anda akan diajak menyusuri kawasan elit yang asri nan teduh  termasuk mengunjungi taman taman asri yang sudah ada sejak zaman Belanda, mengunjungi Sekolah  Obama hingga mampir ke spot kuliner yang menjadi langganan para pejabat dan sosialita.   Anda akan diajak jelajah Museum Naskah Proklamasi tempat perumusan naskah Proklamasi dan juga melihat wujud naskah proklamasi dan napak tilas peristiwa jelang Kemerdekaan. 
 
Itinary : Museum Perumusan Naskah Proklamasi - Melintasi Gereja Ayam/ GPIB Paulus yang dibangun sejak zaman  Belanda - Taman Patung Diponegoro - Sekolah Obama - Taman Surapati yang sudah ada sejak zaman Belanda - Taman Lembang & Mencicipi Es Doger - Rumah Cendana Keluarga Soeharto (hanya mampir di halaman) - Bakso Cendana -  Martha Cake Shop langganan para sosialitas/ pejabat - Resto Tugu Kunskring, restoran kelas bintang lima yang berdiri di bangunan zaman Belanda. 
Meeting Point : Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Jl. Imam Bonjol no. 1, Jakpus

📍7. Food Tour Superhero Town - Kalibata (Special Peringatan Kemerdekaan RI)  - Sabtu `17 Agustus jam 15.30 - 19.30







Kawasan Kalibata identik dengan "Pahlawan" karena disini ada Taman Makam Pahlawan Kalibata tempat bersemayamnya para pahlawan nasional, para pahlawan revolusi hingga para ibu negara seperti ibu Ainun dan Ibu Ani Yudhoyono. 

Di Food Tour Superhero Town Spesial dalam rangka Kemerdekaan RI, Anda akan diajak mengunjungi pusara para pahlawan untuk berziarah dan mengenang kembali jasa jasa para pahlawan yang berjasa dalam memperjuangkan kemerdekaan. Anda juga akan diajak untuk berkunjung ke markas  Slank di Gang Potlot. Bagi para penggemarnya, grup musik SLANK juga adalah seperti superhero. Anda akan diajak juga menjelajahi ragam kuliner khas Kalibata, dari mulai Pencel Pincuk Alex yang Legendaris hingga Pusat Duren yang buka 24 jam.

Itinary : Taman Makam Pahlawan Kalibata - Taman Rusa TMP - - Pusat Mainan Kayu Legendaris - Markas SLANK & Warung Slank  - Kue Pancong Lumer Kalibata - Pusat Kuliner Kalibata/ Pecel Pincuk Alex - Pusat Duren Kalibata
 

Mepo : TMP Kalibata


📍8. Jelajah Napak Tilas KEMERDEKAAN Indonesia - (Jumat 16 Agustus jam 09.00 - 15.00 dan Minggu 18 Agustus jam 09.00 - 15.00)






Apakah Anda sudah pernah mendengarkan suara pembacaan naskah proklamasi kemerdekaan ? Atau mengunjungi lokasi asli dibacakannya pembacaan naskah proklamasi? Dalam Tur spesial Jelajah Napak Tilas Kemerdekaan ini, Anda akan diajak jelajahi spot spot bersejarah yang berhubungan dengan peristiwa kemerdekaan RI.

Anda akan diajak mendengarkan audio suara pembacaan naskah proklamasi oleh Bapak Proklamator di Monumen Nasional yang tersimpan dalam ruangan dengan pintu berlapis emas, berkunjung ke Gedung Pancasila tempat Soekarno pertama kali berpidato tentang Pancasil,  Jelajah Museum Juang 45 dan Museum Naskah Proklamasi  yang punya sejarah penting dalam peristiwa kemerdekaan RI, hingga mengunjungi  Tugu Monumen Proklamasi tempat dibacakannya naskah proklamasi oleh Bapak Proklamator. Tur spesial ini akan dipandu langsung oleh Ira Lathief, pendiri Wisata Kreatif Jakarta.

Itinary :  Ruang Kemerdekaan Monumen Nasional (Monas) mendengarkan suara pembacaan Proklamasi - Gedung Pancasila - Museum Juang 45 - Museum Naskah Proklamasi - Makan Siang di Kafe Perdjuangan yang suasana interior serba Proklamasi - Tugu Monumen Proklamasi

Mepo : Lap Parkir Monas (Lapangan Parkir IRTI ) 
Harga Tur  : Rp 175.000 (termasuk transportasi dan tiket tiket, tidak termasuk makan)
Biaya Tur harus ditransfer maksimal H- 1 untuk konfirmasi ke Rek BCA 0070258021 an Ira Yuniarty Khairiyah. Tur ini akan berjalan jika peserta mencapai minimal peserta 5 orang. 
                                              
     
📍9. 15.30 - 19.30 Food Tour  Merdeka Town - Pegangsaan (Special Kemerdekaan RI ) - Minggu 18 Agustus jam 15.30 - 19.00   









Apakah Anda sudah pernah berkunjung ke Tugu Proklamasi yang punya sejarah penting dalam peristiwa kemerdekaan Indonesia? Dalam tur spesial suasana Kemerdekaan ini, Anda akan diajak untuk mengunjungi Taman Tugu Proklamasi tempat dibacakannya naskah Proklamasi oleh Soekarno Hatta. 

Dalam rute ini Anda juga akan diajak jelajahi spot spot bersejarah yang berhubungan dengan peristiwa kemerdekaan atau punya kisah menarik seperti Kafe Perjuangan yang seluruh interiornya dipenuhi kiprah foto foto Bapak Proklamator, mengunjungi Bioskop Megaria yang dahulu sering dikunjungi Presiden Soekarno, dan kini merupakan bioskop tertua di Jakarta. Lalu kita akan jelajah Pasar Antik Surabaya yang terkenal di kalangan wisatawan asing, hingga melongok Rumah Ahmad Subardjo (Menteri Luar Negri Pertama RI) yang dahulu rumahnya dipakai sebagai kantor Deplu pertama kali. Anda juga akan diajak jejalahi spot kuliner legendaris di kawasan ini dari mulai Pempek Megaria, Bubur Ayam Cikini, hingga Warung Ampera 2 tak.

Itinary : Monumen Proklamasi – Kafe Perdjuangan yang interiornya serba Soekarno – Melintas di Kafe de Proklamasi - Bioskop Legendaris Megaria – Pempek Legendaris Megaria – Pasar Antik Surabaya – Kantor DPP Golkar yang suasana serba hijau (Kafe Paradigma & Toko Mudah yang menjual aneka kuliner jadul ) – Bubur Cikini – Rumah Ahmad Subarjo (Kantor Deplu RI pertama kali) – Warung Ampera 2 Tak


Mepo : Taman Monumen Proklamasi
                                                     
    
 
📍10. Jelajah Pencakar Langit Jakarta (rute baru)  - Kamis 22  Agustus jam 15.30 - 19.30 dan Sabtu 31 Agustus jam 09.00 - 13.00


 





Dalam Tur Spesial ini, Anda akan diajak untuk Jelajah Pencakar Langit Jakarta, anda Akan diajak menelusuri gedung gedung pencakar langit di sepanjang kawasan Thamrin - Sudirman- Senayan, dari mulai gedung pencakar langit tertua di Jakarta , meneluri kawasan SCBD yang di penuhi dengan "hutan beton" hingga berakhir di kawasan "hutan kota" Senayan . Rute ini cocok untuk mereka yang senang hunting fotografi.

Yang termauk dalam rangkaian Tur ini antara lain  : 
1. Gedung Sarinah yang merupakan gedung tertinggi pertama di Jakarta dan memiliki eskalator pertama di indonesia.
2  Mengunjungi Hotel Indonesia, hotel bintang 5 pertama di Asia Tenggara, dan melihat beragam spot bersejarah di dalamnya yang erat dengan Asian Games 1962 dan 2018. Serta melihat lift (elevator) pertama di indonesia.
3.  Berfoto di kawasan Bundaran HI dan Patung Selamat Datang
4  Menyusuri kawasan Pencakar Langit di kawasan Pacific Place/ SCBD hingga Senayan
5.Berfoto di Jembatan penyebrangan "Instagraamble" yang hits 
6. Menelesuri Kawasan "Hutan Kota" Senayan

Mepo  :  Mc Donald Sarinah

(Rute ini akan menggunakan satu  kali naik bis TransJakarta untuk perpindahan)
 
11. Jelajah Spot Kuliner Paling Instagrammable di PEGANGSAAN - Sabtu 24 Agust jam 09.00 - 13.00 







Dalam Tur Spesial ini, Anda akan diajak untuk Jelajah Spot Kuliner paling hits dan instagrammable di Kawasan PEGANGSAAN, dan mencicipi kuliner hits dan unik di spot spot kuliner yang dikunjungi. 

Yang teramasauk dalam rangkaian Tur ini antara lain  : 
1. Berfoto di Monumen Proklamasi lokasi tempat dibacakannnya Proklmasi kemerdekaan RI
2  Mencicipi kopi di Kafe Perdjuangan yang interiornya serba Soekarno , Sang Proklamator
3. Mencicipi snack di Kafe Proklamasi yang interiornya mewah dan bernuansa Perjuangan
4 Mengunjungi Foodcourt Roemah Kuliner Megaria yang dibangun di atas bioskop Megaria (bioskop tertua di Jakarta) dan mencicipi pempek legendaris Megaria
5. Mengunjungi  Toko Mudah yang menjual aneka kuliner dan jajanan serba jadul
6.Mencicipi Es Krim Putar di Kafe Paradigma di kawasan Kantor DPP Golkar yang bersuasana serba hijau (eco friendly) dan pernah mendapatkan berbagai penghargaan arsitektur bergengsi
7. Makan siang di kafe Upnormal cabang terbaru, yang berada di bekas bangunan resto Oasis yang legendaris dan memiliki interior sangat indah di berbagai sudutnya
 
Mepo  :  Monumen Proklamasi

📍12. Food Tour Kwee Tang AADC  - Sabtu 24 Agustus jam 15.30 - 19.30



 






Kawasan Kwitang adalah salah satu surga kuliner legendaris di Jakarta.  Di Food Tour Kwitang ini , Anda akan diajak jelajah Pasar Kue Subuh Senen yang merupakan pasar khusus kue terbesar di Jakarta, kawasan Pusat Nasi Kapau terbesar di Jakarta, hingga bernostalgia di Pasar Buku Kwitang yang di era kejayaannya merupakan pusat buku bekas terbesar di Asia Tenggara. Di tempat ini pula menjadi lokasi syuting film Ada Apa Dengan Cinta yang fenomenal. Anda juga akan diajakan Jelajah Museum Sumpah Pemuda yang mempunyai beragam koleksi penting bersejarah, termasuk suara asli lagu Indonesia Raya dan biola yang digunakan WR Supratman pencipta lagu kebangsaan.

Itinary : Museum Sumpah Pemuda - Toko Roti Jadul Maison Weiner/ Toko Roti modern pertama di Batavia  -  Pusat Buku Kwitang / Pusat Buku Bekas terbesar di Asia Tenggara di tahun 70an yang juga pernah jadi lokasi Syuting film AADC/ Ada Apa Dengan Cinta- Pasar Kue Subuh  Senen yang merupakan Pasar Kue terbesar di Jakarta- Pusat Nasi Kapau Kwitang - Coto Makasar Samsul Daeng yang sudah pernah diundang ke Istana Presiden. 

Meeting Point : Museum Sumpah Pemuda, Jl. Kramat Raya 106, Kwitang. 


Mepo : Museum Sumpah Pemuda
                                                    

📍 13. Wisata Makam OG Khouw Petamburan  - Minggu 25 Agustus jam 09.00 - 13.00 
 




Tahukah Anda, di Jakarta ada sebuah bangunan kubur/ Mousoleum yang konon termegah di Asia Tenggara? Bangunan Mousoleum ini dibangun dengan marmer itali yang sangat mahal juga memiliki bunker yang menakjubkan. Dan tahukah Anda di Jakarta juga ada sebuah komplek pemakaman orang Yahudi?


Di Tur ini, Anda akan diajak jelajah Taman Pemakaman Petamburan yang didalamnya terdapat bangunan kubur/ Mousoleum OG Khouw yang merupakan mousoleum terbesar di Asia Tenggara dan memiliki bunker / ruang bawah tanah yang megah.  Selain itu Anda juga akan diajak untuk jelajah komplek pemakaman Yahudi yang masih tersisa dan juga pemakaman Jepang. 

Itinary : Mausoleum OG Khouw  / Mousoleum terbesar di Asia Tenggara dan melihat hingga ke bagian bunker  - Jelajah Pemakaman Jepang - Jelajah Komplek Pemakaman Yahudi


Mepo : Gerbang TPU Petamburan
                                                   
📍14.  Wisata Bhineka Pluit -  Minggu 25 Agustus jam 15.30 - 19.30 




Wisata Bhineka (Wisata Rumah Ibadah Lintas Agama) yang diadakan Wisata Kreatif Jakarta bertujuan untuk membangun Toleransi dan menggali kembali nilai Kebhinekaan Indonesia, sambil megunjungi ragam rumah ibadah lintas agama.  Kali ini Anda akan diajaka untuk jelajah kebhinekaan dan keberagaman Agama di kawasan Pluit
 

Itinary Wisata Bhineka rute Pluit :Wihara Satrya Dharma, Kuil Shiva Mandir (kuil india terbesar di Jakarta yang menaungi berbagai aliran), Mesjid
 
Meeting Point : Wihara Satya Dharma, Pluit


Mepo :                                                    

*Sabtu 31 Agustus*
📍09.00 - 13.00 Jelajah Spot Kuliner Hits di Jalur MRT
Mepo :
                                                     

Komentar

Contact Us via Whatsapp