NqxdMatcMWtdLWJ7LWt5MGJ7MDcsynIkynwdxn1c
Jadwal Bulan JUNI 2019

Jadwal Bulan JUNI 2019


Jadwal Bulan JUNI 2019 Wisata Kreatif Jakarta 
/Jakarta Food Traveler


Hi Travelers 

Bagaimana libur lebaran Anda kemarin ? Tim Wisata Kreatif Jakarta/ Jakarta Food Traveler mengucapkan Mohon Maaf Lahir Batin, dan semoga kita semua dipertemukan kembali dengan Ramadhan tahun depan.

Di bulan Juni ini masih dalam rangka Halal bi Halal dan dalam rangka Menyambut Ulang Tahun Jakarta, Wisata Kreatif Jakarta mengadakan beragam Tur ke berbagai kawasan yang kental dengan sejarah dan cikal bakal kota Jakarta, juga budaya Betawi, dan mengajak Anda utk mengenal lebih dekat pernak pernik kota kita dengan cara yang menyenangkan. 

Selain itu di bulan Juni juga ada banyak sekali Tur spesial termasuk Tur Jelajah Spot Ikonik Jakarta (dalam rangka Ultah Kota Jakarta) ,  Jelajah Spot Kuliner Paling Instagrammable di Kota Tua (dalam rangka event Peluncuran Buku Karya Ira Lathief) , juga Cycling Tour Jelajah Kota Tua.

Berikut ini adalah pilihan tur turnya. 

1. Food Tour China Town Tangerang  (Spesial Event Lomba Perahu Naga )   : Sabtu 15 Juni jam 09.00  - 13.00  . 

 








Kawasan Pasar Lama Tangerang dikenal karena komunitas  orang orang Cina Benteng yang sudah ada sejak berabad abad lamanya. Di Food Tour Tangerang China Town ini, Anda akan diajak menjelajahi kekayaan pengaruh budaya Cina di Tangerang, jelajah kuliner di kawasan Pasar Lama yang dikenal sebagai surga kuliner, sekaligus melihat langsung kemeriahan Lomba Perahu Naga yang diadakan setahun sekali di Sungai Cisadane, 

Itinary :   Stasiun KA Tanggerang - Nasi Uduk Encim Sukaria yang sudah ada sejak tahun 60an – Penggilingan Kopi Jadul - Susur Sungai Cisadane / Cisadane Flying Deck  -Melihat Lomba Perahu Naga - Rumah Oey KT (penulis cerita Kungfu legendaris) – Toko Kue Kering/ Lapis Legit Berkat  -  Vihara Boen Tek Bio/ Klenteng Tertua di Tangerang  – Mencicipi Es Bun Tin yang sangat unik - Mesjid Kali Pasir (Mesjid tertua di Tangerang) - Jelajah Kuliner Peranakan Tionghoa di Pasar Lama -  Museum Benteng Heritage  (optional, tambahan tiket Rp 30.000)
Meeting point : Stasiun KA Tanggerang

2. Food Tour Betawi Arab Village - Condet  Sabtu 15 Juni 15.30 - 19.30 (Spesial Halal Bihalal)








Sudah pernah berkunjung ke Kebun Salak Condet yang merupakan salah satu ikon Jakarta ? Dan tahukah Anda, Salak Condet adalah buah langka yang hanya bisa didapati di kawasan Condet? Di Food Tour Condet, Anda akan diajak menjelajah kebun salak Condet yang maha luas, mencicipi buah Salak Condet yang langka, hingga menjelalahi Kampung Wangi yang dikenal sebagai pusat parfum hingga jelajahi kekayaan budaya Betawi dan pengaruh Arab di kawasan ini. 




Itinary :  Pusat Parfum Condet/ Kampung Wangi - Pusat Oleh Oleh & Kuliner Arab - Kebun Salak Condet (ikon kota Jakarta, satu satunya Kebon Salak Condet tersisa di Jakarta) -  Mencicipi Kuliner Khas Betawi Condet termasuk Asinan Salak - Mengunjungi Kampung Betawi Condet - Susur Sungai Ciliwung - Melihat Rumah Jadul Betawi - Restoran Arab Raya (Restoran Betawi Arab paling hits di Condet)



Meeting Point : PCG Mall Cilitan, Jl. Mayjen Sutoyo (depan J.Co Donut)


Mau tahu bagaimana Keseruan Food Tour Condet ? bisa dilihat di video berikut 
                             (Video Courtesy : Lisa Moningka)

 3. Food Tour Arab Village- Pondok Gede  (Spesial Halal BiHalal)  : Minggu 16 Juni 09.00- 13.00 




                                          

Masih dalam suasana Halal Bihalal Lebaran, Anda akan diajak mengunjungi kawasan Pondok Gede yang dikenal sebagai kawasan Asrama Haji dan melihat Replika Ka'bah dan Makam Nabi Ibrahim, juga diajak mencicipi kuliner khas hits kekinian di kawasan Pondok Gede, dari mulai Tongseng hingga Bakso Roket dengan level pedas . Di tur ini, Anda juga akan diajak untuk berkunjung ke Museum Lubang Buaya  (Museum Kesaktian Pancasila) yang sangat kaya sejarah. 


Itinary : Monumen Pancasila Lubang Buaya - Jelajah Toko Oleh Oleh Khas Umroh & Haji - Asrama Haji Pondok Gede- Kedai Tongseng terenak di Pondok Gede- Bakso Roket Level Pedas 


Meeting Point : Halte Busway Pinang Ranti



4. Food Tour Betawi Village - Situ Babakan  : Minggu 16 Juni 13.00 - 17.00  (Spesial Lebaran Betawi) dan Minggu 23 Juni jam 09.00 - 13.00 (Spesial Ulang Tahun Jakarta) 






Sudah pernah berkunjung ke kawasan Cagar Budaya Betawi Situ Babakan? Di tempat ini kita bisa berkunjung ke Museum Betawi yang sangat megah, melihat berbagai pernak pernik budaya Betawi, dari mulai rumah rumah khas Betawi, pertunjukan seni khas Betawi , melihat langsung pembuatan Dodol Betawi, melihat pembuatan Batik Betawi juga berbagai kuliner khas Betawi  jadul dari mulai Kerak Telor , Gabus Pucung, hingga Bir Pletok. Tur ke Situ Babakan ini diadakan dua kali yaitu dalam rangka Lebaran Betawi (Minggu 16 Juni) dan dalam rangka Ultah Kota Jakarta (Minggu 23 Juni)

Itinary : Jelajah Museum Betawi yang megah- Jelajah Kuliner Betawi Jadul - Melihat Pembuatan Dodol Betawi - Berfoto di rumah rumah Betawi - Melihat Pembuatan Batik Betawi - Makan siang Mencicipi Gabus Pucung dan Kuliner Jadul Betawi - Melihat pertunjukan seni betawi

Meeting Point : Pintu Gerbang Kp Betawi Situ Babakan

5.  Food Tour Batavia Old Town - Kota Tua (Spesial Ulang Tahun Jakarta) : Sabtu 22 Juni jam 09.00 - 13.00






Kawasan Kota Tua/ Fatahillah adalah kawasan yang paling ramai dikunjungi oleh wisatawan asing di Jakarta. Di kawasan ini pula, begitu banyak peninggalan sejarah dari zaman kolonial Belanda. Di Food Tour Old Batavia ini, Anda akan diajak menjelajah kekayaan sejarah peninggalan Belanda, dari mulai mengunjungi Stasiun terbesar di Asia Tenggara (di awal abad 20 ), mengunjungi jembatan yang sudah berusia 400 tahun,  mencicipi penganan khas Belanda di kafe paling tersohor di kawasan Kota Tua, hingga mengunjungi spot spot kuliner hits di Kota Tua. 

Itinary : Stasion Kota/ Beos - Stasiun KA tertua di Jakarta, RM Padang Merdeka yang punya interior Nasionalisme - Lapangan Fatahillah / Fatahillah Square -   Museum Fatahillah yang punya penjara bawah tanah - Melintasi deretan atraksi seniman dan "manusia manusia terbang" di Fatahillah -  Kedai Kopi Jeera yang berinterior seperti penjara-  Jembatan Kota Intan yang sudah berusia 400 tahun - Kafe Historia - Kafe Jamu Acaraki / Locarasa Gelato  - Kafe Batavia  (mencicipi Poffertjes / Bitterbalen, penganan khas Belanda)


Meeting Point : Stasion Kota / Beos, Jl. Lada - Pinangsia, Jakarta (depan Starbuck)

Sekilas tentang Food Tour Kota Tua (Old Town Batavia ) bisa dilihat di video berikut:

6. Food Tour Little Tokyo - Melawai (Spesial Ennichisai Festival) : Sabtu 22 Juni jam 15.30 - 19.30 

 
 






Tahukah Anda, kawasan Melawai Blok M dikenal sebagai “Little Tokyo" nya Jakarta?  Di Food Tour Little Tokyo , Anda akan diajak mengeksplor budaya dan kuliner di kawasan ini termasuk yang berbau kejepangan. Kita akan berkunjung ke Supermarket yg menjual bahan bahan masakan Jepang dan menjual aneka sushi yg di diskon 50% setelah malam hari, mengunjungi kedai kopi yg terkenal karena film Filosofi Kopi dan dimiliki oleh beberapa artis kenamaan Indonesia, mengunjungi toko bakery/ pastry yg langsung dibuat oleh Chef Jepang, mengunjungi kedai penjual kopi bubuk di pasar Melawai yg digandrungi orang orang Jepang, hingga melihat langsung kemeriahan  Ennichisai Festival khas Jepang yang hanya ada setahun sekali,dimana kita bisa melihat pawai dan arak arakan budaya Jepang, aksi Cosplay di setiap sudut, dan pameran kuliner dan pernak pernik khas Jepang. 

Itinary :  Supermarket Papaya & Daisho yang menjual bahan2 baku dan pernak pernik khas Jepang  - Filosofi Kopi – Kedai Kopi Bubuk Tradisional – La Mouette Bakery yang diracik oleh Chef Jepang – Pusat Kuliner Lesehan Blok M Square – Resto Kashiwa  (resto jepang autentik dengan satu harga) - Menyaksikan Ennichisai Festival

Meeting Point : Taman Sepeda Melawai

 Mau tahu bagaimana Keseruan Food Tour Little Tokyo ? bisa dilihat di video berikut 
                             (Video Courtesy : Lisa Moningka)

7. Jelajah  Spot Ikonik Jakarta  (Spesial Ulang Tahun Jakarta) : Minggu 23 Juni jam 08.30 - 15.30 











Dalam Tur Spesial menyambut Ulang Tahun Jakarta ini, Anda akan diajak menjelajahi ikon ikon hits kota Jakarta dan Budaya Betawi, sambil mengenal lebih dekat sejarah dan kekayaan kota kita tercinta. Dalam tur sehari menggunakan mobil ini,  Anda akan diajak mengunjungi  Monas hingga naik ke Puncak Monas,  dan berfoto di depan Istana Presiden, melihat kemegahan Lapangan Banteng yang telah direvitalisasi, melihat Kali Besar yang dirancang menyerupai kanal kanal di Eropa, jelajah kawasan Kemayoran yang merupakan cikal bakal bandara internasional pertama di Indonesia dan juga merupakan kawasan kota Modern di Jakarta,  berfoto di Patung Ondel Ondel raksasa dan melintasi kawasan Danau Sunter yang cantik dan Komplek Atlit Asian Games , hingga jelajah kawasan Marunda di pesisir Utara Jakarta melihat Rumah Si Pitung , sang Jawara Legendaris Betawi yang dijuluki "Robinhood van Betawi" 

Itinary : Taman Monas  + Rumah Betawi + Berfoto di depan Istana Presiden, Lapangan Banteng, Kali Besar Kota Tua dan Jembatan Kota Intan yang berusia 4 abad,  Patung Ondel Ondel Kemayoran + Eks Menara  BandaraKemayoran (yang pernah ada di Komik Tintin), Rumah si Pitung Marunda dan Pantai Marunda

Meeting Point : Lenggang Jakarta , Monas 
Harga Tur : Rp 175.000 / orang



8. Food Tour Port of Kalapa - Sunda Kelapa (Spesial Ulang Tahun Jakarta ) : Sabtu 22 Juni jam 15.30  - `19.30






Tahukah Anda, Pelabuhan Sunda Kelapa punya peran penting dalam perdagangan dunia di abad 16 ? Dan tahukah Anda, pelabuhan Sunda Kelapa adalah spot yang paling instagrammable bagi para turis turis asing yang berkunjung ke Jakarta? Di Food Tour Sunda Kelapa , Anda akan diajak menjelajahi sisa kejayaan VOC yang pernah memajukan kota Batavia hingga dijuluki "The Queen of The East"  hingga menikmati suasana sekitar Pelabuhan Sunda Kelapa yang sangat indah di senja hari.

Itinary :  Menara Syahbandar / Menara tertinggi di zaman kolonial Belanda - Museum Bahari / Eks Gudang Rempah VOC - Kampung Bahari   & Mencoba Naik Getek - VOC Galangan / VOC Kafe & Ngeteh/ Ngopi Cantik  - Pelabuhan Sunda Kelapa yang sudah berusia 400 th - Resto Marina Batavia yang terletak di pinggir laut & Mencicipi Es Gelatto Hommemande -  Resto Raja Kuring / Resto VOC yang terletak di bangunan VOC Galangan yang sudah berusia 400 tahun


Meeting Point : Menara Syahbandar, Pinangsia, Jakarta Utara


9. Food Tour Spesial : Jelajah 10 Spot Paling Instagrammable di Kota Tua   (Spesial Dalam Rangka Peluncuran Buku Karya Ira Lathief) : Kamis 27 Juni jam 15.30 - 19.30 dan juga Minggu 30 Juni jam 09.00 - 13.0015.30 - 19.30







Dalam Tur Spesial ini, Anda akan diajak untuk Jelajah Spot Kuliner paling hits dan instagrammable di Kawasan Kota Tua, dan mencicipi kuliner hits dan unik di spot spot kuliner yang dikunjungi. 

Yang teramasauk dalam rangkaian Tur ini antara lain  : Mencicipi Teh Telur Talua di RM Padang yang semua interiornya bernuansakan nasionalisme,  Mencicipi "Kopi cita rasa surgawi" di kedai kafe dengan interior ala penjara,  Mencicipi Poffertjes -penganan khas Belanda di kafe paling hits di kawasan kota tua yang didirikan di bangunan berusia lebih dari 2 abad,  Mencicipi Jamu cita rasa modern di Kedai Kkafe jamu kekinian, Mencicipi Es Air Tajin di kafe yang berinterior mural mural kolonial Belanda, hingga mencicipi Es Krim Gelato rasa lokal (rasa Martabak , rasa Klepon, rasa Buah Naga, dsb) , dan Pusat Oleh Oleh Khas Jakarta terbesar dan terlengkap di Kota Tua. 

Tur ini akan dipandu langsung oleh Ira Lathief pendiri Jakarta Food Traveler / Wisata Kreatif Jakarta, dan didahului oleh Talkshow tentang Jakarta di Auditorium Museum Sejarah Jakarta jam 13.00 - 15.00 sekaligus acara peluncuran buku karya Ira Lathief (khusus untuk jadwal tanggal 27 Juni)

Bagi peserta yang mendaftar Tur untuk tanggal 27 Juni dipersilahkan ikut Talkhshow terlebih dahulu jika mau. Harap RSVP terlebih dahulu 0812 9822 9129. 

Meeting Point : Museum Sejarah Jakarta / Museum Fatahillah

Harga Tur : Rp 100.000 (Suda termasuk buku karya Ira Latief, belum termasuk makan)


10. Food Tour Expat Town - Kemang : (Sabtu 29 Juni jam 09.00 - 13.00)





Selama ini kawasan Kemang dikenal sebagai pusat bermukimnya warga Ekspatriat dari berbagai bangsa. Di tur ini, Anda akan diajak jelalahi kawasan Kemang, dari mulai museum yang cantik sekali seperti harta karun kebun di tengah kota. Lalu jelajah toko toko antik di Kemang , berkunjung ke Alenia Papua Coffee & Kicthen kepunyaan artis Ari Sihahasale dan Nia Zulkarnain yg terkenal dengan menu menu khas Papua, Kafe Sophie Authentique yang ngehits dengan bakery khas Prancis, hingga Kedai Locarasa Gelatto yang menjual aneka menu Gelatto rasa lokal seperti rasa Martabak,  Klepon, Buah Naga dll

Itinary : Museum Tengah Kebun -  Jelajah Toko Toko Antik di Kemang & Sophie Authentique - Locarasa Gelatto - Alenia Papua Coffee & Kitchen
 (rute ini membutuhkan sambung transportasi dengan Grab Car untuk perpindaan)

Meeting Point : Museum Tengah Kebun Jl. Kemang Timur Raya no. 66

11. Ahok Legacy Tour (Sabtu 29 Juni jam 15.30 - 19.30)









Dalam Ahok Legacy Tour , Anda akan diajak melihat berbagai perubahan positif Jakarta terkini, dari mulai berfoto di bawah Simpang Susun Semanggi, Naik Bis TransJakarta & Bis Tingkat Wisata yang mewah, berkunjung ke Pusat Kuliner Lenggang Jakara + Rumah Betawi di kawasan Monas, dan melihat cantiknya Kanal Kali Besar Kota Tua yang di desain menyerupai sungai ChenggyeCheon di Korea Selatan, dan dilanjutkan dengan menonton  pertunjukan Air Mancur Joget di Monas yang biaya renovasinya dibiayai Pak Ahok saat sudah dipenjara (optional).

Itinary : Simpang Susun Semanggi - Naik Bis TransJakarta - Kawasan Lenggang Jakarta @ Monas + Rumah Betawi - Naik Bis Tingkat Wisata - Kali Besar Kota Tua

Meeting Point :  Plaza Semanggi (Maxx Coffee)

12. Park & Cemetery Tour : Taman Prasasti - Monas (Minggu 30 Juni jam 09.00 - 13.00)




Sudah pernah berkunjung ke Taman Prasasti, yang merupakan Komplek Taman Pemakaman Modern pertama di Dunia? Komplek Makam yang kini dijadikan Museum ini sering dijadikan lokasi syuting film dan video klip musik karena keindahan ragam prasasti prasastinya. Dalam Wisata Taman dan Makam (Park & Cemetery Tour) ini Anda akan diajak jelajahi keindahan Taman Prasasti, dan dilanjutkan ke Taman Monas dan Taman Rusa untuk berinteraksi dengan Rusa rusa dari dekat. 

Itinary :  Museum Taman Prasasti - Jalan Jalandi Taman Monas - Taman Rusa Monas dan berinteraksi dengan Rusa dari dekat


Meeting Point : Museum Taman Prasasti, Jl. Tanah Abang 1

Mau tau bagaimana cantiknya Musem Taman Prasasti ? Saksiksan video singkat ini 


                                      (Video Courtesy : Indonesia Kaya)

13. Cycling Tour Jelajah Kota Tua (Minggu Sabtu 30 Juni 2019 jam 15.30 - 17.30 )




Sudah pernah jelajah kawasan Kota Tua dengan bersepeda? Dalam Spesial Tur kali ini, Anda akan diajak jelajahi Kawasan kota Tua dengan cara bersepeda, dari mulai jelajah Taman Fatahillah, berkunjung ke Jembatan Kota Intan yg sudah berusia 4 abad, hingga berkunjung ke Pelabuhan Sunda Kelapa yang merupakan spot wisata paling instagrammable di Jakarta. 
Itinary : Jelajah Taman Fatahillah - Jembatan Kota Intan - Menara Syahbandar - Kampung Aquarium-  Pelabuhan Sunda Kelapa  

Meeting Point : Taman Fatahillah - Kota Tua (depan Museum Wayang)

Harga Tur : 125.000 (sudah termasuk sewa sepeda untuk dua jam). Dipersilahkan untuk bawa sepeda sendiri, atau bisa juga naik ojek ontel. 




13. Rute Rute lainnya 


Di luar agenda Tur reguler tiap akhir pekan , masih banyak berbagai rute Wisata Kreatif  berupa Food Tour ( 40 pilihan rute),  Wisata Bhineka (4 pilihan rute), Wisata Ceria Keluarga (2 rute) dan Wisata Taman  & Pemakaman (4 rute),  yang bisa dipilih untuk booking grup / private untuk waktu kapan saja, dengan pilihan sebagai berikut.
  
Harga Tur : Rp 70.000/org (tidak termasuk makan/minum dan pembayaran on the spot, kecuali Jelajah Spot Ikonik Jakarta harga Rp 175.000) dan Cycling Tour (Rp 125.000) .Ikuti juga Instagram / Fanpage @wisatakreatifjakarta dan @jakartafoodtraveler untuk dapatkan update Tur tur kami: 
Sekilas tentang Wisata Kreatif Jakarta / Jakarta Food Traveler bisa disaksikan di video berikut


.

2 komentar

  1. Unknown
    Unknown 12 Juni 2019 pukul 00.07

    Bagaimana cara registrasi en bayar nya

  2. Unknown
    Unknown 12 Juni 2019 pukul 00.09

    Bagaimana cara registrasi en bayar nya

Contact Us via Whatsapp