Rabu, 03 April 2019

Agenda Bulan April 2019

Agenda Bulan April 2019 Wisata Kreatif Jakarta
 /Jakarta Food Traveler 


Rekan Rekan Traveler


Di bulan April ini, Wisata Kreatif Jakarta/ Jakarta Food Traveler punya banyak agenda wisata asyik nan seru. Selain ada 3 rute baru yaitu Food Toor Expat Town/ Kemang, Flores Town/ Manggarai dan Mayor Town/ Kebayoran, juga ada Spesial Tour yaitu  Wisata Bhineka Spesial Paskah : Keliling Gereja Kuno dan Tur Napak Tilas Kartini. Selain itu mulai bulan April ini diadakan juga Tur di hari Kerja (Jumat) untuk mengakomodir para Travelers yang sulit mengikuti tur kami di saat weekend. 

Berikut ini pilihan rute yang bisa Anda pilih

1. Food Tour Mataram Town - Matraman (Jumat 5 April jam 15.30 - 19.30 ) * rute baru






Kawasan Matraman punya sejarah menarik terkait asal usul kota Batavia /Jakarta. Selain kaya akan ikon ikon kota yang legendaris , di kawasan ini juga banyak berkembang gerakan ideologis yang berperan dalam pergerakan nasional, seperti Syarikat Islam, Nahdlatul Ulama, dll.

Dalam Food Tour Mataram Town /Matraman, Anda akan diajak menapaktilasi sejarah dari mulai Mesjid Jami Matraman tempat Soekarno sholat Jumat setelah membaca naskah Proklamasi , lalu menapaktilasi jejak Gus Dur yang dijuluki Guru Bangsa, dari mulai mengunjungi Taman Amir Hamzah yang terdapat Patung Kecil Gus Dur hingga ke Griya Gus Dur yang banyak terdapat spot foto kutipan kutipan Gus Dur yang instagrammable. Dan tentu saja Anda akan diajak eksplor kuliner di kawasan ini dari mulai jajanan Betawi Jadul, berkunjung Toko Roti Tegal yang klasik dan legendaris hingga ke Resto Bakso Boedjangan , yg hits dan kekinian. 

*Itinary* = Mesjid Jamie Matraman (Mesjid tempat Soekarno sholat Jumat setelah membaca Proklamasi)- Taman RPTRA Amir Hamzah + Patung Gusdur Kecil - Griya Gusdur - Melintasi markas Syarekat Islam+ Universitas NU - Eksplor Jajanan Jadul Betawi (Dodongkal + Pancong) - Nasi Kebuli Kaki 5 - Resto Bakso Boedjangan - Melintasi TB Gramedia Matraman- Toko Kue Tegal Legendaris - Sop Ayam Pak Min Klaten legendaris (atau jika habis diganti dengan Sop Janda)


2. Park & Cemetery Tour  - Maoseleum OG Khouw (Spesial Perayaan Cheng Beng) (Sabtu 6 April jam 09.00 - 13.00)





Cheng Beng adalah salah satu etnis Cina yang merupakan perayaan khusus untuk menghormati leluhur. Pada saat Cheng Beng, orang Tionghoa banyak berziarah ke makam orang tua dan leluhur. Salah satu TPU yang memiliki kawasan pekuburan luas untuk orang Cina adalah TPU Petamburan.  

Di Tur ini, Anda akan diajak jelajah Taman Pemakaman Petamburan yang didalamnya terdapat bangunan kubur/ Mousoleum OG Khouw yang merupakan mousoleum terbesar di Asia Tenggara dan memiliki bunker / ruang bawah tanah yang megah.  Selain itu Anda juga akan diajak untuk jelajah komplek pemakaman Yahudi yang masih tersisa dan juga pemakaman Jepang. 

Itinary : Mausoleum OG Khouw  / Mousoleum terbesar di Asia Tenggara dan melihat hingga ke bagian bunker  - Jelajah Pemakaman Jepang - Jelajah Komplek Pemakaman Yahudi

  
Ingin tahu seperti apa Wisata jelajah TPU Petamburan? simak sekilas videonya disini


3. Food Tour Mayor Town / Kemayoran * rute baru (Sabtu 6 April 15.30 - 19.30 & Minggu 21 April jam 15.30 - 19.30)






                                                     (foto @gowessehat)

Tahukah Anda, kawasan Kemayoran adalah dahulu adalah kawasan Bandara Internasional pertama di Indonesia? di Kawasan ini pula, hingga kini masih terdapat kawasan taman hutan kota yang di dalamnya terdapat Menara ATC Kemayoran yang ada di Komik Tintin. Di kawasan Kemayoran ini pula, terdapat kuliner legendaris Ketan Susu hingga kawasan kampung pempek.

Itinary : JIEXPO -  Kawasan Taman Hutan Kemayoran + Menara ATC Kemayoran yang ada di Komik Tintin - Menara Patung Ondel Ondel ikon Kemayoran - Kampung Pempek Garuda - Ketan Susu Kemayoran - Kedai Pancong Lumer

Meeting Point : JIEXPO Gate 1
4. Food Tour Boplo Town / Gondangdia  (Minggu 7 April jam 09.00 - 13.00)





Apakah Anda tahu asal usul kata Boplo? Tahukah Anda di kawasan Gondangdia, juga  banyak peninggalan Belanda, dari mulai bangunan yang sekarang menjadi Resto Tugu Kunskring hingga Mesjid Cut Mutia. Di Food Tour Gondangdia ini, Anda akan diajak menjelajah kawasan Gondangdia yang teduh dan kaya akan kuliner khas jadul  (Kedai Roti Lauw ) hingga kuliner kekinian.

Itinary : Museum Joang 45 - Mesjid Cut Mutia/ Eks Kantor Boplo - Tugu Kunskring Galery / Resto bintang lima dengan konsep Galeri  - Pasar Gondangdia + Kedai Jamu Jadul yang pernah dikunjungi Jokowi (tutup hari Minggu) - Toko Roti Legendaris Lauw – Warung Kopi Phoenam yang legendaris yang telah berdiri sejak tahun 1946 - Rujak Cingur Pak Hadi  yang sudah ada sejak tahun 70an- Sup Buntut Gondangdia / cikal bakal dari Sup Buntut Borobodur dengan daging merah khas yang khas.

Meeting Point : Museum Joang 45, Menteng. Jl. Menteng Raya no. 31, Jakpus

5. Food Tour Litle Korea / Senopati  (Minggu 7 April jam 15.30 - 19.30 & Sabtu 13 April jam 15.30 - 19.30)







Tahukah Anda, di  Jakarta ada kawasan Little Korea dimana di kawasan ini begitu banyak dikunjungi para ekspatria Korea? di kawasan ini ada begitu banyak restoran Korea, dari mulai yang sederhana hingga mewah, ada supermarke korea dan pernak pernik khas Korea. Di rute Little Korea ini, Anda akan diajak eksplor kekayaan budaya korea di Selatan Jakarta, sekaligus eskplor Pasar Santa yang ngehits di kalangan anak muda termasuk mampir di kedai Kopi Tuku yang  hits dan pernah dikunjungi Jokowi.  

Itinary : Jelajah Pasar Santa & Kedai Kopi Tuku- Sate Padang Ajo Ramon - Supermarket Korea - Kedai Mie Korea yang paling Hits di Senopati - Toko Kue Korea (tutup hari Sabtu) - Toko Pernak Pernik Korea- Restoran Korea Hommemade
 

Meeting Point : Pasar Santa

6.  Food Tour Flores Town / Manggarai (Jumat 12 April jam 15.30 - 19.30 & Sabtu 20 April jam 09.00  - 13.00)






Tahukah Anda kawasan Manggarai dahulunya banyak dihuni oleh pendatang dari Flores ? Dan tahukah Anda di kawasan ini juga ada pusat penjualan furniture kantor terbesar di Jakarta? Di tur ini, Anda akan diajak jelajah kawasan Manggarai hingga dari kekayaan budaya hingga aneka ragam kuliner legendaris

Itinary : Stat Manggarai - Pisang Goreng Tanduk Legendaris - Jembatan Manggarai yang instagrammable - Wihara Budha Niciren (aliran Jepang) - Pusat Penjualan Furniture Kantor - Tongseng Pak To Lengendaris - Soto Jakarta Pak Yus yang legendaris

Meeting Point : Stat Manggarai

7. Food Tour New Batavia / Gambir (Sabtu 13 April jam 08.00- 13.00)




Selain kawasan Kota Tua, Kawasan Gambir yang dikenal sebagai "New Batavia" juga kaya akan peninggalan sejarah kolonial Belanda, dari mulai bangunan Stasiun Kereta Gambir, Gereja Immanuel dan Gereja Katedral, hingga Gd Volksraad yang sekarang menjadi bagian dari Deplu. Di Food Tour Gambir, Anda akan diajak menjelajah peninggalan Belanda , hingga jelajah kekayaan kuliner di kawasan ini termasuk mengunjugi Kedai Es Krim Ragussa yang legendaris.  Dalam Tur ini, Anda akan juga diajak untuk melihat cantiknya wujud Lapangan Banteng setelah direvitalisasi yang di inisiasi oleh Gubernur Basuki Tjahaya Purnama,  serta mengunjungi Museum Katedral yang belum lama dibuka kembali.

Itinary : Jajanan Kelas Dunia @stat Gambir-  Gereja Immanuel  yang sudah ada sejak jaman  Belanda & Cicip Kuliner Khas Manado @Gereja Immanuel (tutup hari Minggu) - Gedung Pancasila / Eks Gedung Volksraad - Taman Lapangan Banteng yang indah - Gereja Katedral yang sudah ada sejak jaman Belanda+ Museum Katedral - Berfoto foto di Resto Dapur Baba Elite  yang bernuansa oriental eksotis  - Mampir di Es Krim Italia Ragusa yang sudah berusia hampir 1 abad - Kedai Es Krim Gelato kekinian. 
Meeting Point : Stat Gambir @AlfaMart

8. Food Tour Expat Town / Kemang (Minggu 14 April jam 09.00 - 13.00 & Sabtu 20 April jam 09.00 - 15.30) * rute baru




                                     foto : IG @museumditengahkebun




Selama ini kawasan Kemang dikenal sebagai pusat bermukimnya warga Ekspatriat dari berbagai bangsa. Di tur ini, Anda akan diajak jelalahi kawasan Kemang, dari mulai museum yang cantik sekali seperti harta karun kebun di tengah kota. Lalu jelajah toko toko antik di Kemang , berkunjung ke Alenia Papua Coffee & Kicthen kepunyaan artis Ari Sihahasale dan Nia Zulkarnain yg terkenal dengan menu menu khas Papua, hingga Kedai Locarasa Gelatto yang menjual aneka menu Gelatto rasa lokal seperti rasa Martabak,  Klepon, Buah Naga dll
 
Itinary : MMuseum Tengah Kebun -  Jelajah Toko Toko Antik di Kemang & Sophie Authentique - Locarasa Gelatto - Alenia Papua Coffee & Kitchen

Meeting Point : Museum Tengah Kebun Jl. Kemang Timur Raya no. 66

(rute ini membutuhkan sambung transportasi dengan Grab Car ke beberapa tempat)

9. Food Tour New Garden City / Kebayoran (Minggu 14 April jam 15.30 - 19.30) * rute baru






Tahukah Anda di kawasan Kebayoran Baru terdapat taman hutan kota yang sangat indah dan menyerupai Kebun Raya Bogor versi mini? Di kawasan ini juga terdapat Pasar Burung yang legendaris. Di tur ini Anda akan diajak jelajahi taman dan hutan kota yang cantik sambil jelalah kuliner kekinian di kawasan ini.
 

Itinary : Taman Ayodya -  Kedai Onde Onde Hits - Taman Langsat / Kebun Raya mini - Warung Kebunku yang menjual bahan dan menu serba organik - Jelajah Pasar Burung  + Eksplor Kuliner khas Pasar Burung - Kedai Kopi Kalyan yang sedang hits di kalangan anak milienial.


10.  Food Tour China Town / Glodok (Sabtu 27 April dan Minggu 28 April jam 09.00 - 13.00 ) 





Glodok adalah salah satu kawasan pecinan (China Town) tertua di Indonesia yang sudah berusia lebih dari 4 abad. Di kawasan ini pula, setiap jelang Tahun Baru Imlek dipadati orang orang Tionghoa yang berbelanja kebutuhan Imlek. Di Food Tour China Town ini, Anda akan diajak blusukan kawasan Petak Sembilan untuk melihat berbagai pengaruh budaya Cina, dari mulai mengunuungi Kedai Kopi tertua di Jakarta , supermarket bahan baku masakan Tionghoa yang sudah berusia satu abad, hingga mencicipi aneka jajanan khas di kawasan yang juga dikenal sebagai Surga Kuliner ini.


    Itinary :  Pantjoran Tea House – Deretan Toko Obat Tradisional Cina – Kedai Es Kopi Tak Kie – Pasar Traditional Petak Sembilan – Supermarket Bahan bahan baku Masakan Cina –Vihara Dharma Bakti  / Klenteng yang sudah berusia 400 tahun– Gereja St Maria de Fatima/ Gereja berasitektur Cina – Kulliner Gang Kali Mati – Warung Vegetarian Koh Handi - Kedai Mie Belitung 
  *CATATAN : Semua spot kuliner yang dimampiri untuk makan dalam Itinary adalah HALAL.*


Meeting Point : Pantjoran Tea House

11. Food Tour  Batavia Town / Kota Tua (Sabtu 27 April dan Minggu 28 April jam 15.30 - 19. 30) 





Kawasan Kota Tua/ Fatahillah adalah kawasan yang paling ramai dikunjungi oleh wisatawan asing di Jakarta. Di kawasan ini pula, begitu banyak peninggalan sejarah dari zaman kolonial Belanda. Di Food Tour Old Batavia ini, Anda akan diajak menjelajah kekayaan sejarah peninggalan Belanda, dari mulai mengunjungi Stasiun terbesar di Asia Tenggara (di awal abad 20 ), mengunjungi jembatan yang sudah berusia 400 tahun, hingga mencicipi penganan khas Belanda di kafe paling tersohor di kawasan Kota Tua. 

Itinary : Stasion Kota/ Beos - Stasiun KA tertua di Jakarta, RM Padang Merdeka yang punya interior Nasionalisme (photo stop) & Krisna Pusat Oleh Oleh Kota Tua - Lapangan Fatahillah / Fatahillah Square -  Museum Fatahillah yang punya penjara bawah tanah & Mencicipi Kuliner Betawi di Betawi Corner - Melintasi deretan atraksi seniman dan "manusia manusia terbang" di Fatahillah - Kantor Pos Kota  (Kantor Pos tertua di Jakarta)  - Kedai Kopi Jeera - Jembatan Kota Intan yang sudah berusia 400 tahun - Kanal Kali Besar Kota Tua - Kedai Jamu Acaraki / Kedai jamu kekinian- Locarasa Gelatto - Historia Kafe (photo stop) - Kafe Batavia  (mencicipi Poffertjes / Bitterbalen, penganan khas Belanda)


Meeting Point : Stasion Kota / Beos, Jl. Lada - Pinangsia, Jakarta (depan Starbuck)

12. Wisata Bhineka Spesial Paskah : Keliling 6 Gereja Bersejarah (Jumat 19 April jam 10.00 - 16.00)







Dalam rangka menyambut Hari Paskah, Wisata Kreatif Jakarta mengajak Anda dalam Wisata Bhinneka Spesial Natal. Tur spesial Keliling 6 Gereja yang punya sejarah menarik di Jakarta, dari mulai Gereja-gereja yang sudah dibangun di zaman kolonial Belanda, Gereja-gereja yang punya pengaruh budaya Portugis hingga Gereja yang punya pengaruh kental budaya Tionghoa. Ke 6 Gereja yang akan dikunjungi adlah : Gereja Immanuel, Gereja Katedral, Gereja St. Maria de Fatima, Gereja Sion dan Gereja Tugu dan Gereja Katolik Salib Suci. 

Bonus : Berkunjung ke Kampung Tugu
.
Melalui Wisata ini Anda juga akan diajak menggali kembali nilai nilai Toleransi dan Kebhinekaan sambil mempelajari Sejarah dan Dinamika perkembangan kota kita. Wisata ini akan dipandu langsung oleh Ira Lathief, pendiri Wisata Kreatif Jakarta dan juga penggagas Festival Kebhinekaan.
Harga Rp 175.000/orang, pembayaran via Transfer maksimal H-2 ke rek BCA 0072669914 an Ira Yuniarti (TIDAK boleh bayar on the spot). Untuk pembayaran sebelum tanggal 18 April  2019. Harga Tur sudah termasuk transportasi selama Tur dari/ke meeting point' di Gereja Immanuel, tidak termasuk makan.

13. Tur Napak Tilas Kartini (Minggu 21 April jam 09.00 - 13.00)




Menyambut Hari Kartini, Anda akan diajak melongok sisi lain dari R.A Kartini, yang dikenal sebagai Tokoh Emansipasi Wanita. Kartini pula satu satunya figur Wanita yang terpampang di bagian depan Museum Kebangkitan Nasional.

Dalam Tur ini, Anda akan diajak masuk ke Lorong Waktu di Museum Kebangkitan Nasional untuk menapaktilasi jejak dan Kiprah Kartini yang multidimensi dan tak banyak diulas seperti :

Kartini yg berjiwa seni tinggi : jago membatik, jago melukis dan mendesain Furniture hingga membangkitkan usaha mebel di Jepara hingga mendunia seperti sekarang.
Kartini yg humanis, jago bernegosiasi dan berdiplomasi dengan orang orang Belanda, yang dulu derajatnya lebih tinggi dari orang pribumi.

Kartini lah  yang pertama kali mendorong diterjemahkannya Alquran ke dalam bahasa lokal.
Kartini  lah yang banyak "mempengaruhi" pemikiran para pelajar di Stovia ttg wawasan kebangsaan melalui surat suratnya.
...dan berbagai sisi lain Kartini dengan kiprah dan pemikirannya yang menginspirasi hingga membuatnya tetap hidup mesti ratusan tahun tahun berlalu setelah ia pergi.

Tur Napak Tilas Kartini, Anda dapat pula mencoba (sewa) pakaian Jawa  seperti yang dikenakan Kartini dan berfoto di berbagai sudut Museum Kebangkitan Nasional.

Meeting Point : Museum Kebangkitan Nasional

14. Rute Rute lainnya 

Di luar agenda Tur reguler tiap akhir pekan , masih banyak berbagai rute Wisata Kreatif  berupa Food Tour (35pilihan rute),  Wisata Bhineka (4 pilihan rute), Wisata Warisan Ahok (3 pilihan rute), Wisata Ceria Keluarga (2 rute) dan Wisata Taman  & Pemakaman (4 rute),  yang bisa dipilih untuk booking grup / private untuk waktu kapan saja, dengan pilihan sebagai berikut.



Video Profil tentang Wisata Kreatif Jakarta/ Jakarta Food Traveler bisa disimak di video berikut
                                

  
Ikuti juga Instagram / Fanpage @wisatakreatifjakarta dan @jakartafoodtraveler untuk dapatkan update Tur tur kami.
Mau ikutan berwisata kreatif dan seru untuk mengenal lebih dekat Jakarta ? Segera daftar/ RSVP di 0812 9822 9129  (call / whatsap) atau email  : jakartafoodtraveler@gmail.com 

Yuk kenali lebih dekat kota kita dengan cara yang MENYENANGKAN dan MENGENYANGKAN :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Agenda Wisata Kreatif Jakarta / Jakarta Food Traveler September 2019

Agenda Wisata Kreatif Jakarta /  Jakarta Food Traveler September 2019 Selamat datang bulan September ! Bulan September identi...