NqxdMatcMWtdLWJ7LWt5MGJ7MDcsynIkynwdxn1c
Agenda Wisata Kreatif Jakarta Bulan Desember 2018

Agenda Wisata Kreatif Jakarta Bulan Desember 2018





*Agenda Bulan Desember 2018 : Wisata Kreatif Jakarta & Jakarta Food Traveler*

Rekan Rekan Travelers,

Tibalah kita di bulan terakhir tahun 2019 sebagai penutup tahun.  Agenda Wisata Kreatif Jakarta/ Jakarta Food Traveler di Bulan Desember 2018 ini dengan Tema : CELEBRATION.

Di bulan Desember yang identik dengan menyambut datangnya Hari Raya Natal bagi umat Kristiani, Anda akan diajak mengunjungi beragam Gereja bersejarah di Jakarta yang ada di berbagai rute tur. Selain itu, akan ada juga Spesial Tur Bogor Arab Village Menyambut Perayaan Maulid Nabi (Selasa 4 November 2018)

 Ada pilihan 10 rute Tur yang bisa Anda pilih + 1 Spesial Tur, dengan rincian sbb:

1. Spesial Tur Bogor Arab Village + Perayaan Maulid Nabi (Selasa 4 Des, sesi pag jam 09.00 & sesi sore jam 15.30)







  
Tahukah Anda, di kota Bogor terdapat Kampung Arab yang sangat unik berlokasi di kawasan Kampung Empang. Di kampung Arab ini terdapat pusat oleh oleh khas Arab, deretan toko parfum khas Arab, dan berbagai kedai kuliner khas Arab , Mesjid tertua di Bogor hingga makam Raden Saleh- sang maestro pelukis keturunan Jawa-Arab yang namanya mendunia. Di Food Tour Bogor Arab Village  Spesial Maulid Nabi ini Anda akan diajak jelajahi pernak pernik budaya khas warga etnis Arab di kota hujan, sambil melihat langsung meriahnya Perayaan Maulid Nabi yang dirayakan besar besaran tiap tahun oleh warga di Kampung Arab, Bogor. 
 
Itinary : Jelajah Pusat  Oleh Oleh Khas Arab sepanjang Jl. Raden Saleh - Deretan Toko Parfum khas Arab-  Kedai Giant Kebab - Mesjid Keramat Emapang- Mencicipi Roti Jala & Samosa hommemade di Ka Nung Bakery ( Toko Roti dan produsen kuliner Arab frozen terbesar di Bogor) - Cagar Budaya Makam Raden Saleh - Kafe Jadul 
Meeting Point : Station Bogor

2. Food Tour New Batavia/ Gambir (Sabtu 1 Des & Minggu 16 Des jam 09.00)









Selain kawasan Kota Tua, Kawasan Gambir yang dikenal sebagai "New Batavia" juga kaya akan peninggalan sejarah kolonial Belanda, dari mulai bangunan Stasiun Kereta Gambir, Gereja Immanuel dan Gereja Katedral, hingga Gd Volksraad yang sekarang menjadi bagian dari Deplu. Di Food Tour Gambir, Anda akan diajak menjelajah peninggalan Belanda , hingga jelajah kekayaan kuliner di kawasan ini termasuk mengunjugi Kedai Es Krim Ragussa yang legendaris.  Dalam Tur ini, Anda akan juga diajak untuk melihat cantiknya wujud Lapangan Banteng setelah direvitalisasi yang di inisiasi oleh Gubernur Basuki Tjahaya Purnama,  serta mengunjungi Museum Katedral yang belum lama dibuka kembali.

Itinary : Jajanan Kelas Dunia @stat Gambir-  Gereja Immanuel  yang sudah ada sejak jaman  Belanda & Cicip Kuliner Khas Manado @Gereja Immanuel (tutup hari Minggu) - Gedung Pancasila / Eks Gedung Volksraad - Taman Lapangan Banteng - Mesjid Istiqlal/ Mesjid terbesar no.3 di dunia - Gereja Katedral yang sudah ada sejak jaman Belanda+ Museum Katedral - Berfoto foto di Resto Dapur Baba Elite  yang bernuansa oriental eksotis  - Mampir di Es Krim Italia Ragusa yang sudah berusia hampir 1 abad. 


Meeting Point : Stat Gambir, Jl. Medan Merdeka Timur Jakarta Pusat (depan Alfa Express - Pintu Selatan)


3. Food Tour Korea Town / Senopati (Sabtu 1 Des &Minggu 16 Des jam 15.30)







Tahukah Anda, di  Jakarta ada kawasan Little Korea dimana di kawasan ini begitu banyak dikunjungi para ekspatria Korea? di kawasan ini ada begitu banyak restoran Korea, dari mulai yang sederhana hingga mewah, ada supermarke korea dan pernak pernik khas Korea. Di rute Little Korea ini, Anda akan diajak eksplor kekayaan budaya korea di Selatan Jakarta, sekaligus eskplor Pasar Santa yang ngehits di kalangan anak muda termasuk mampir di kedai Kopi Tuku yang  hits dan pernah dikunjungi Jokowi.  

Itinary : Jelajah Pasar Santa & Kedai Kopi Tuku- Sate Padang Ajo Ramon - Supermarket Korea - Kedai Mie Korea yang paling Hits di Senopati - Toko Kue Korea  - Toko Pernak Pernik Korea- Restoran Korea Hommemade

Meeting Point : Pasar Santa

4. Food Tour Garden City/ Menteng (Minggu 2 Des & Sabtu 15 Des jam 09.00)








Tahukah Anda, kawasan Menteng adalah Kota Taman Pertama di Indonesia yang dibangun di zaman kolonial Belanda? di Kawasan Menteng yang sekarang dikenal sebagai kawasan Ring 1 karena banyak ditinggali para pejabat tinggi negara ini terdapat beberapa taman luas nan asri yang dibangun pemerintah Belanda. Di Food Tour Garden City, Anda akan diajak menyusuri kawasan elit yang asri nan teduh  , mengunjungi Sekolah  Obama hingga mampir ke spot kuliner yang menjadi langganan para pejabat dan sosialita.
 
Itinary : Museum Perumusan Naskah Proklamasi - Gereja Ayam/ GPIB Paulus yang dibangun sejak zaman  Belanda - Taman Patung Diponegoro - Sekolah Obama - Taman Surapati yang sudah ada sejak zaman Belanda - Taman Lembang & Mencicipi Es Doger - Rumah Cendana Keluarga Soeharto (hanya mampir di halaman) - Bakso Cendana -  Martha Cake Shop langganan para sosialitas/ pejabat - Resto Tugu Kunskring, restoran kelas bintang lima yang berdiri di bangunan zaman Belanda. 

Meeting Point : Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Jl. Imam         Bonjol no. 1

5.  Food Tour Old Town Batavia / Kota Tua (Minggu 2 Des & Sabtu 15 Des jam 15.30)










Kawasan Kota Tua/ Fatahillah adalah kawasan yang paling ramai dikunjungi oleh wisatawan asing di Jakarta. Di kawasan ini pula, begitu banyak peninggalan sejarah dari zaman kolonial Belanda. Di Food Tour Old Batavia ini, Anda akan diajak menjelajah kekayaan sejarah peninggalan Belanda, dari mulai mengunjungi Stasiun terbesar di Asia Tenggara (di awal abad 20 ), mengunjungi jembatan yang sudah berusia 400 tahun, hingga mencicipi penganan khas Belanda di kafe paling tersohor di kawasan Kota Tua. 

Itinary : Stasion Kota/ Beos - Stasiun KA tertua di Jakarta, RM Padang Merdeka yang punya interior Nasionalisme - Lapangan Fatahillah / Fatahillah Square - Kantor Pos Fatahillah/ Kantor Pos tertua di Jakarta - Kafe Historia & Mencicipi minuman Jadul - Museum Fatahillah yang punya penjara bawah tanah & Mencicipi Kuliner Betawi di Betawi Corner - Melintasi deretan atraksi seniman dan "manusia manusia terbang" di Fatahillah - Pusat Kuliner Taman Kota Intan -  Jembatan Kota Intan yang sudah berusia 400 tahun - Kedai Kopi Jeera - Kafe Batavia  (mencicipi Poffertjes / Bitterbalen, penganan khas Belanda)


Meeting Point : Stasion Kota / Beos, Jl. Lada - Pinangsia, Jakarta (depan Starbuck)

Sekilas tentang Food Tour Kota Tua (Old Town Batavia ) bisa dilihat di video berikut:


6. Food Tour City Center / Sabang (Sabtu 8 Des & Minggu 23 Des jam 15.30)









 
Kawasan Sabang selama ini dikenal sebagai pusat wisata kuliner malam hari di pusat kota. Dalam Food Tour City Center ini, Anda akan diajak jelajah kuliner Sabang , dari mulai mengunjungi Kafe khusus Coklat (Pipiltin), berkunjung ke Supermarket Khong Guan yg legendaris, menyusuri toko toko klontong jadul berusia lebih 50 tahun yang masih eksis hingga kini , mencicipi aneka penganan khas kuliner Aceh hingga Manado. 
 
Itinary : Mc Donald Sarinah Thamrin - Pipiltin Coklat Kafe - Gereja Santa Theresia - Supermarket Khong Guan - Babeh Hat Shop - Melintasi Deretan Toko Klontong Jadul - Mencicipi kopi dan penganan khas Aceh di Atjeh Connection -  Toko Musik Legendaris Duta Suara - Toko Roti Legendaris Sakura Anpan - Kedai Manado - Nasi Goreng Kebon Sirih  - Susur Jalan Jaksa (optional)
Meeting point : Mc Donalds Sarinah Thamrin

7. Food Tour Bogor Dutch Town (Minggu 9 Des & Sabtu 22 Des jam 09.00)








Bogor (Biutenzorg) adalah Kota yang memiliki begitu banyak peninggalan historis kolonial Belanda yang fenomenal, dari mulai Kebun Raya  Bogor yang merupakan Kebun Raya pertama dan terbesar di Asia Tenggara, Istana Gubernur Jendral yang kini menjadi kediaman Presiden Jokowi, dll . 
Dalam Food Tour Bogor Dutch Town ini, Anda akan diajak jelajahi pernak pernik Dutch Heritage, termasuk jelajahi Kebun Raya dan mengunjungi Kafe di tengah kebun yang pernah dikunjungi Obama, hingga icip icip penganan khas Belanda (poffertjes, bitterbalen, oenbikoek dll). 
 
Itinary : Stasiun Bogor - Gereja Katedral Bogor - Kantor Walikota Bogor + Titik Nol Bogor  - Hotel Salak Heritage + Dutch Cafe - Jelajah Kebun Raya Bogor + Halaman Istana Bogor+ Komplek Makam Kuno Belanda + Kafe Grand Garden (Kafe di tengah tengah kebun raya yang pernah dikunjungi Obama) + - Taman Kencana -  Kafe Makaroni Panggang 
 
Meeting Point  : Station Bogor  * Harga Tur tidak termasuk tiket masuk Kebun Raya Bogor Rp 15.000/ orang

8. Food Tour Depok Dutch Town (Sabtu 22 Des jam 09.00)









Tahukah Anda, bagaimana asal usul istilah “Belanda Depok” ? Depok memang dikenal sebagai kawasan yang memiliki pengaruh kuat Belanda. Di Food Tour Dutch Town Depok ini, Anda akan diajak menjejalahi pengaruh budaya Belanda, dari mulai mengunjungi ex Rumah Presiden Depok, Gereja Belanda tertua di Depok hingga mencicipi aneka kuliner khas orang orang “Belanda Depok”
 
Itinary  : Stasiun KA Depok Lama – Kuliner Khas Stasiun Depok   – Gereja Kristen Pasundan / Ex Seminari Belanda -  Rumah Presiden Depok, Istana Presiden Depok / RS Harapan Depok -  SD Pancoran Mas / Ex Sekolah Belanda -  Gereja Immanuel/ Gereja Belanda tertua di Depok, Resto Khasanti  yang berasitektur bangunan Belanda
Meeting point : Stasiun KA Depok Lama

Mau tahu bagaimana keseruan Jelajah Depok asal usulnya Belanda Depok? cekidot di video ini


9. Park & Cemetery Tour : Ereveld Menteng Pulo (Minggu 2 Des & Sabtu 15 Des jam 09.00)







Sudahkah Anda tahu di Jakarta ada makam tentara Belanda dan juga Inggris yang sangat indah layaknya seperti di Eropa? di komplek pemakaman Ereveld, dimakamkan para tentara Belanda dan Inggris yang gugur sebagai korban perang Perang Dunia 2. Wisata Kreaif Jakarta akan mengajak Anda mengeksplor Ereveld.

Itinary : Ereveld (Makam Penghargaan ) untuk tentara Belanda , Jakarta War Cemetery   + TPU Menteng Pulo (satu dari dua taman pemakaman umum tersisa di Jakarta yang terletak di tengah kota dan dikeliling gedung gedung pencakar langit). 

Lihat videonya saat Tribunnews.com mengikuti Tur Ereveld ini : 



10. Wisata Bhineka Rute Pasar Baru (Sabtu 8 Des & Minggu 23 Des jam 09.00)




 Wisata Bhineka (Wisata Rumah Ibadah Lintas Agama) yang diadakan Wisata Kreatif Jakarta bertujuan untuk membangun Toleransi dan menggali kembali nilai Kebhinekaan Indonesia, sambil megunjungi ragam rumah ibadah lintas agama. 

Itinary Wisata Bhineka Rute Pasar Baru: Kuil Sai Baba - Kuil Hare Kresna - Gereja Ayam Ps Baru yang telah ada sejak zaman kolonial Belanda- Klenteng Sin TEk Bio yang sudah berusia 4 abad - Mesjid Lao Tze yang merupakan pusat studi Islam bagi Mualaf Tionghoa.

Meeting Point :  Gedung Foto Antara Pasar Baru

11. Wisata Bhineka Rute Gambir (Minggu 9 Des & Minggu 23 Des jam 15.30)





Wisata Bhineka (Wisata Rumah Ibadah Lintas Agama) yang diadakan Wisata Kreatif Jakarta bertujuan untuk membangun Toleransi dan menggali kembali nilai Kebhinekaan Indonesia, sambil megunjungi ragam rumah ibadah lintas agama.
 
Itinary Wisata Bhineka rute Gambir : Gereja Protestan Immanuel yang sudah ada sejak zaman Belanda, Mesjid Istiqlal yang merupakan Mesjid terbesar no. 3 di dunia, Gereja Katolik Katedral yang sudah ada sejak zaman Belanda + Museum Katedral yang baru kembali dibuka, Kuil India (Hare Kreshna), dan Kuil Tricakti.

Meeting Point : Gereja Immanuel , Gambir 

12. Rute rute lainnya 

Di luar agenda Tur reguler tiap akhir pekan , masih banyak berbagai rute Wisata Kreatif  berupa Food Tour (30 pilihan rute),  Wisata Bhineka (3 pilihan rute), Wisata Warisan Ahok (3 pilihan rute), Wisata Ceria Keluarga (2 rute) dan Wisata Taman  & Pemakaman (4 rute),  yang bisa dipilih untuk booking grup / private untuk waktu kapan saja, dengan pilihan sebagai berikut : 




Komentar

Contact Us via Whatsapp