Rabu, 02 Mei 2018

Agenda Wisata Kreatif Jakarta / Jakarta Food Traveler Bulan Mei 2018




Hi Travelers 

Selama bulan Mei ada pilihan Food Tour dengan tema "Dutch Heritage" dan juga "Arab - Betawi Village" . Selama bulan puasa, Tur dilaksanakan hanya untuk sesi sore. 

Selain itu ada juga agenda Mc Donald's Kitchen Tour dan Wisata Bhineka / Wisata Rumah Ibadah Lintas Agama. 

Harga Tur Rp 60.000/ orang untuk semua rute (TIDAK termasuk makan/ minum), kecuali untuk Mc Donalds Kitchen Tour (Rp 100.000 , untuk anak+ pendamping), dan Wisata Bhineka (Wisata Rumah Ibadah Lintas Agama) *pay as you please*

RSVP 0812 9822 9129, info detail di www.wisatakreatifjakarta.com , IG / fanpage @wisatakreatifjakarta / @jakartafoodtraveler . Jadwal Reguler setiap hari Sabtu dan Minggu.

A. DUTCH HERITAGE (Food Tour)

1.  GONDANGDIA - BOPLO TOWN   (Sabtu  5 Mei, Jam 9 pagi) 
   

Apakah Anda tahu asal usul kata Boplo? Tahukah Anda di kawasan Gondangdia, juga banyak peninggalan Belanda, dari mulai bangunan yang sekarang menjadi Resto Tugu Kunskring hingga Mesjid Cut Mutia. Di Food Tour Gondangdia ini, Anda akan diajak menjelajah kawasan Gondangdia yang teduh dan kaya akan kuliner khas jadul  (Kedai Roti Lauw ) hingga kuliner kekinia (Nora Gelatto). 

Itinary : Museum Joang 45 - Mesjid Cut Mutia/ Eks Kantor Boplo - Tugu Kunskring Galery / Resto bintang lima dengan konsep Galeri  - Pasar Gondangdia + Kedai Jamu Jadul yang pernah dikunjungi Jokowi - Toko Roti Legendaris Lauw - Nora Gelato / Kedai Gelatto pinggir jalan yang sedang hits - Rujak Cingur Pak Hadi  yang sudah ada sejak tahun 70an- Kedai Kopi Legendaris Phoenam - Sup Buntut Gondangdia / cikal bakal dari Sup Buntut Borobodur dengan daging merah khas yang khas. 

     Meeting Point : Museum Joang 45, Menteng. Jl. Menteng Raya no. 31, Jakpus


2. SUNDA KELAPA - PORT OF KALAPA (Sabtu 5 Mei & 12 Mei , Jam 3.30 sore)





Tahukah Anda, Pelabuhan Sunda Kelapa punya peran penting dalam perdagangan dunia di abad 16 ?Dan tahukah Anda, pelabuhan Sunda Kelapa adalah spot yang paling instagrammable bagi para turis turis asing yang berkunjung ke Jakarta? Di Food Tour Sunda Kelapa , Anda akan diajak menjelajahi kejayaan VOC yang memajukan kota Batavia hingga dijuluki "The Queen of The East"  , hingga menikmati suasana sekitar pelabuhan Sunda Kelapa yang sangat indah di senja hari. 

Itinary :  Menara Syahbandar / Menara tertinggi di zaman kolonial Belanda - Museum Bahari / Eks Gudang Rempah VOC - Kampung Bahari   & Mencoba Naik Getek - VOC Galangan / VOC Kafe & Ngeteh/ Ngopi Cantik  - Pelabuhan Sunda Kelapa yang sudah berusia 400 th - Resto Marina Batavia yang terletak di pinggir laut & Mencicipi Es Gelatto Hommemande -  Resto Raja Kuring / Resto VOC yang terletak di bangunan VOC Galangan yang sudah berusia 400 tahun

Meeting Point : Menara Syahbandar, Pinangsia, Jakarta Utara

3. MENTENG - Garden City (Minggu 6 Mei & 13 Mei , Jam 9 pagi)







Tahukah Anda, kawasan Menteng adalah Kota Taman Pertama di Indonesia yang dibangun di zaman kolonial Belanda? di Kawasan Menteng yang sekarang dikenal sebagai kawasan Ring 1 karena banyak ditinggali para pejabat tinggi negara ini terdapat beberapa taman luas nan asri yang dibangun pemerintah Belanda. Di Food Tour Garden City, Anda akan diajak menyusuri kawasan elit yang asri nan teduh  , mengunjungi Sekolah  Obama hingga mampir ke spot kuliner yang menjadi langganan para pejaba dan sosialita. 
Itinary : Museum Perumusan Naskah Proklamasi - Gereja Ayam/ GPIB Paulus yang dibangun sejak zaman  Belanda - Taman Patung Diponegoro - Sekolah Obama - Taman Surapati yang sudah ada sejak zaman Belanda - Taman Lembang & Mencicipi Es Doger - Rumah Cendana Keluarga Soeharto (hanya mampir di halaman) - Bakso Cendana -  Martha Cake Shop langganan para sosialitas/ pejabat - Resto Tugu Kunskring, restoran kelas bintang lima yang berdiri di bangunan zaman Belanda. 

Meeting Point : Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Jl. Imam Bonjol no. 1, Jakpus

4. KOTA TUA  - Old Batavia (Minggu 6 Mei & 13 Mei, jam 3.30 sore)








Kawasan Kota Tua/ Fatahillah adalah kawasan yang paling ramai dikunjungi oleh wisatawan asing di Jakarta. Di kawasan ini pula, begitu banyak peninggalan sejarah dari zaman kolonial Belanda. Di Food Tour Old Batavia ini, Anda akan diajak menjelajah kekayaan sejarah peninggalan Belanda, dari mulai mengunjungi Stasiun terbesar di Asia Tenggara (di awal abad 20 ), mengunjungi jembatan yang sudah berusia 400 tahun, hingga mencicipi penganan khas Belanda di kafe paling tersohor di kawasan Kota Tua. 

Itinary : Stasion Kota/ Beos - Stasiun KA tertua di Jakarta, RM Padang Merdeka yang punya interior Nasionalisme - Lapangan Fatahillah / Fatahillah Square - Kantor Pos Fatahillah/ Kantor Pos tertua di Jakarta - Kafe Historia & Mencicipi minuman Jadul - Museum Fatahillah yang punya penjara bawah tanah & Mencicipi Kuliner Betawi di Betawi Corner - Melintasi deretan atraksi seniman dan "manusia manusia terbang" di Fatahillah - Pusat Kuliner Taman Kota Intan -  Jembatan Kota Intan yang sudah berusia 400 tahun - Kedai Kopi Compagnie - Kafe Batavia  (mencicipi Poffertjes / Bitterbalen, penganan khas Belanda)
Meeting Point : Stasion Kota / Beos, Jl. Lada - Pinangsia, Jakarta (depan Starbuck)
5. GAMBIR - NEW BATAVIA   (Sabtu  12 Mei, jam 9 pagi)






Selain Kota Tua, Kawasan Gambir yang dikenal sebagai "New Batavia" juga kaya akan peninggalan sejarah kolonial Belanda, dari mulai bangunan Stasiun Kereta Gambir, Gereja Immanuel dan Gereja Katedral, hingga Gd Volksraad yang sekarang menjadi bagian dari Deplu. Di Food Tour Gambir, Anda akan diajak menjelajah peninggalan Belanda , hingga jelajah kekayaan kuliner di kawasan ini termasuk mengunjugi Kedai Es Krim Ragussa yang legendaris. 

tinary : Jajanan Kelas Dunia @stat Gambir-  Gereja Immanuel  yang sudah ada sejak jaman  Belanda & Cicip Kuliner Khas Manado @Gereja Immanuel  - Gedung Pancasila / Eks Gedung Volksraad - Taman Lap Banteng - Mesjid Istiqlal/ Mesjid terbesar no.3 di dunia - Gereja Katedral yang sudah ada sejak jaman Belanda - Berfoto foto di Resto Dapur Baba Elite  yang bernuansa oriental eksotis  - Mampir di Es Krim Italia Ragusa yang sudah berusia hampir 1 abad. 

Meeting Point : Stat Gambir, Jl. Medan Merdeka Timur Jakarta Pusat (depan Alfa Express - Pintu Selatan)
           


B . ARAB - BETAWI HERITAGE (Selama bulan Ramadhan)


1. CIKINI-  Little Arab (Sabtu 19 Mei & Minggu 27 Mei , jam 3 sore)







Sudah tahukah Anda, di kawasan Cikini terutama di sepanjang Jalan Raden Saleh kaya akan pengaruh budaya Arab? di kawasan ini pula, sepanjang tahun ramai dikunjungi oleh turis turis dari Jazirah Arab. Di Food Tour Cikini Little Arab ini, Anda akan diajak menjelajahi kekayaan budaya dan kuliner Arab yang sangat khas. 

Itinary :  Planetarium - Taman Ismail Marzuki - Makam Megah Habib Cikini - Rumah Kastil Raden Saleh - Martabak Markobar - Deretan Penjual Kayu Gaharu Kaki Lima - Toko Kayu Gaharu/ Minyak Wangi langganan Turis Arab - Resto Al Basha/ Resto Timur Tengah ala Yordania

Meeting Point : Taman Ismail Marzuki, Jl. Cikini Raya  no. 73 (depan Planetarium)


2. BENHILL - BENHILL TOWN (Minggu 20 Mei, jam 3 Sore)







Kawasan Benhill (Bendungan Hilir) sudah lama dikenal sebagai pusat wisata kuliner, terutama karena deretan kedai seafood kaki lima , dan juga Bazar Ramadhan yang legendaris. Tapi tahukah Anda , di kawasan Benhill juga ada sebuah "Kampung Hijau" dan seorang Nenek pembuat Jamu Instan & Bir Pletok yg tersohor hingga ke Mancanegara? Di Food Tour Benhill, Anda akan diajak menjelajah keseruan kekayaan kuliner di kawasan ini, termasuk melihat demo membuat Bir Pletok

Itinary :  RS Mintohardjo - Kampung Hijau Benhill yang pernah mendapat penghargaan internasional -  Kampung Hijau yang tersohor hingga ke mancangera- Lapak Ngupi/ Kedai Kopi yang seluruh interiornya dari barang barang bekas - Pusat Jamu Instan & Oleh Oleh Betawi Bu Emmy dan Melihat demo pembuatan minuman Bir Pletok - Toko Kue Maisson Analita yang sudah berdiri puluan tahun-Bazar Ramadhan Benhill - RM Seafood Benhill 

Meeting Point : RS Mintohardjo, Jl. Bendungan Hililr


3. CONDET - Betawi Arab Village (Sabtu 19 Mei , jam 3 sore)







Sudah pernah berkunjung ke Kebun Salak Condet yang merupakan salah satu ikon Jakarta ? Dan tahukah Anda, Salak Condet adalah buah langka yang hanya bisa didapati di kawasan Condet? Di Food Tour Condet, Anda akan diajak menjelajah kebun salak Condet yang maha luas, mencicipi buah Salak Condet yang langka, hingga menjelalahi kekayaan budaya Betawi dan Arab di kawasan ini. 

Itinary :  Pusat Parfum Condet/ Kampung Wangi - Pusat Oleh Oleh & Kuliner Arab - Kebun Salak Condet (ikon kota Jakarta, satu satunya Kebon Salak Condet tersisa di Jakarta) -  Mencicipi Kuliner Khas Betawi Condet termasuk Asinan Salak - Mengunjungi Kampung Betawi Condet - Susur Sungai Ciliwung - Melihat Rumah Jadul Betawi - Restoran Arab Raya 

Meeting Point : PCG Mall Cilitan, Jl. Mayjen Sutoyo (depan J.Co Donut)



C.  Wisata Bhineka Rute Gambir (Jumat 11 Mei , jam 9.00)






Wisata Bhineka adalah Wisata Rumah Ibadah Lintas Agama, yang bertujuan untuk mempelajari kekayaan sejarah dan budaya di Jakarta dan Indonesia, termasuk kekayaan religinya, sekaligus untuk menumbuhkan rasa empati kepada saudara saudara yang berbeda keyakinan. 

Wisata Bhineka dengan Rute Gambir sbb : Gereja Protestan Immanuel yang sudah ada sejak zaman Belanda, Mesjid Istiqlal yang merupakan Mesjid terbesar no. 3 di dunia, Gereja Katolik Katedral yang sudah ada sejak zaman Belanda, Kuil India (Hare Kreshna), dan Klenteng Sin Tek Bio yang sudah ada sejak abad 17. 


Wisata Bhineka ini ditujukan khususnya kepada para pelajar/ mahasiswa dan para guru/ pendidik, dengan biaya Tur boleh seiklahasnya (pay as you please) yang langsung diberikan kepada Pemandu/ Touris Guide selesai Tur.  Khusus untuk Wisata Bhineka akan dilaksanakan jika peserta yang mendaftar mencapai 15 orang.

Meeting Point : Gereja Immanuel, Jl. Medan Merdeka Timur  no. 10

D. Mc Donald Kitchen Tour (Sabtu 12 Mei 2018, jam 9 pagi)






Tur Ini adalah kerjasama Jakarta Food Traveler dengan Mc Donald's Indonesia, dan dikhususkan untuk anak anak yang didampingi oleh orang tua /pendamping.  Dalam Tur ini, kita akan melihat seperti apa canggihnya "dapur" Mc Donalds, dan juga ikut meracik Burger / Es Krim Sundae

Harga Tur adalah Rp 100.000 untuk 2 orang (1 anak + 1 pendamping) sudah termasuk: 
 - Meracik Burger / Es Krim Sundae
 - Melongok dapur Mc Donald
  - Burger & Es Krim Sundae untuk 2 orang.

Khusus untuk Mc Donalds Kitchen Tour akan dilaksanakan jika peserta yang mendaftar mencapai  15 orang.

Meeting Point : Mc Donalds Sarinah Thamrin

E. Agenda Food Tour Reguler dalam Bahasa Inggris  
 (Setiap Weekend,  Sabtu / Rute Old Town dan Minggu / Rute China Town)

Untuk info lebih detail , sekilas foto foto dan video semua rute rute di atas bisa dilihat di www.wisatakreatifjakarta.com

Mau ikutan berwisata kreatif dan seru untuk mengenal lebih dekat Jakarta ? Segera daftar/ RSVP di 0812 9822 9129  (call / whatsap) atau email  : jakartafoodtraveler@gmail.com .
Semua rute di atas bisa untuk booking private/ grup dengan waktu yang disesuaikan dan peserta minimal 10 orang

Yuk berwisata kreatif untuk mengenal lebih dekat Jakarta  dengan cara menyenangkan.

*silahkan bagikan informasi jika perlu*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Agenda Wisata Kreatif Jakarta/ Wisata Kreatif Jakarta Bulan November2019

Agenda Wisata Kreatif Jakarta/ Wisata Kreatif Jakarta                                Bulan November 2019 Selamat datang bulan N...